Berita Mobil Sumber informasi

Auto2000 Tutup 2016 Dengan Penjualan 176 Ribu Lebih Unit Toyota

Penjualan Auto2000 2016

Auto2000 sukses mencetak penjualan tinggi di 3 tahun terakhir. Mencapai 176 ribu unit

Jakarta – Founder dealer Toyota, Auto2000 berhasil membukukan penjualan signifikan sepanjang 2016. Selama 12 bulan Auto2000 jadi penyumbang penjualan terbesar Toyota Indonesia dengan angka 176.000 unit.

Jumlah ini naik 23% bila dibandingkan dengan penjualan tahun sebelumnya, 2015. Catatan ini menjadi berkah tersendiri bagi dealer utama Toyota dengan cabang terbanyak mengingat persaingan pasar otomotif roda empat tahun lalu begitu ketat.

“Penjualan tahun ini kami tutup dengan sangat positif. Kami bersyukur penjualan tahun 2016 menembus angka tertinggi selama tiga tahun terakhir, dan semua ini dapat kami capai berkat kepercayaan pelanggan dan kerja keras seluruh karyawan kami,” ujar Chief Executive Auto2000 Agus Prajitno.

Pencapaian ini juga menurut Agus juga dibantu dengan banyaknya model baru Toyota yang diluncurkan di 2016.

“Kami pun terbantu dengan hadirnya beberapa produk baru dan improvement yang diluncurkan oleh PT Toyota Astra Motor, seperti Fortuner, Rush, Sienta, dan Calya,” lanjutnya.

Produk MPV Toyota Masih Yang Terlaris

Auto2000

Grafik penjualan Auto2000 2016

Penjualan Auto2000 mengalami pergerakan yang cukup menarik sepanjang 2016. Di tiga bulan pertama (Januari-Maret), Auto2000 mengalami kenaikan penjualan sebesar 23,5% dibanding periode sama di 2015. Saat itu penjualan Auto2000 mencapai 31.867 unit.

Tiga bulan berikutnya (April-Juni) naik 14,4% dibanding 2015, kemudian penjualan tertinggi dicatat pada periode Juli-September) 2016 dengan kenaikan sebesar 38,3%. Dan menjelang penutupan (Oktober-Desember) naik 19,6% dibanding penjualan periode yang sama di 2015.

Toyota Avanza masih menjadi mobil paling banyak terjual sepanjang 2016. Lewat Auto2000 hampir 60 ribu unit berasal dari Auto2000. Angka ini menyumbang persentase penjualan sebesar 33,9% dari total penjualan.

Berturut-turut model paling laris di Auto2000 adalah Kijang Innova sebagai model laris kedua dengan angka penjualan hampir 29 ribu unit (16,3%) dari total penjualan. Dan urutan model terlaris ketiga ditempati Toyota Agya dengan penjualan lebih dari 20 ribu unit atau 11,6% dari total penjualan.

Toyota All New Calya bikin kejutan dengan penjualan yang sangat signifikan. Meski start penjualan di bulan Agustus lalu, LCGC baru berbentuk MPV ini meraih penjualan sebanyak 17 ribu unit (kontribusi 9,7%).

Promo Auto2000

Promo Toyota Calya di Auto2000

Perkuat Layanan dan Strategi 2017

Sukses Auto2000 sebagai founder dealer Toyota mencatat penjualan besar di 2016 masih didominasi wilayah Jakarta dengan kontribusi hampir setengah dari total penjualan. Tepatnya 46,7%. Disusul wilayah Jawa Timur sebesar 17%, Sumatera 15,8%, Jawa Barat 13,8%, dan Kalimantan + Bali 6,7%.

Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, angka penjualan Auto2000 di wilayah Jakarta naik 31,4% di periode yang sama.

“Kami bersyukur berkat kepercayaan pelangganlah kami berada diposisi ini, terlebih dengan pencapaian penjualan kami di tahun 2016. Hal ini menjadikan kami harus terus berinovasi dan melakukan improvement sebagai bentuk kewajiban kami untuk memfasilitasi pelanggan,” ungkap Chief Marketing Auto2000 Martogi Siahaan.

Service Auto2000

Peningkatan pelayanan service after sales di Auto2000

Meningkatnya penjualan di tahun 2016 membuat Auto2000 terus perkuat layanan tidak hanya dari sisi sales, tetapi juga after sales.

“Bertumbuhnya penjualan tentunya akan berdampak pada jumlah pelanggan setia yang akan servis di bengkel kami, sehingga kami perlu perkuat layanan baik dari sisi sales juga after sales” ujar Martogi.

Tercatat lebih dari 1,9 juta unit Toyota yang servis di Auto2000 pada tahun 2016, naik hampir 9 ribu unit jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Untuk permudah pelanggan mendapatkan fasilitas, Auto2000 kini sudah mempersiapkan 7 cabang yang sudah ter-otorisasi dan siap dibuka di tahun 2017. Wilayah yang menjadi target pembukaan cabang diantaranya Jakarta, Jawa Barat, dan Sumatera.

Program Servis Toyota (PESTA)

Untuk memperkuat layanan di 2017, Auto2000 hadirkan layanan Paket Servis Toyota, disingkat Pesta. Kini pelanggan Toyota tidak perlu lagi khawatir soal biaya perawatan berkala dari 0 hingga 80.000 km atau selama 3 – 5 tahun ke depan.

Harga paket yang ditawarkan bervariasi, sesuai dengan jenis kendaraan yang pelanggan beli.

Tinggal beli Toyota lewat Auto2000, pelanggan dapat langsung menanyakan detil paket PESTA kepada frontliner.

Mobil sampai di tangan pelanggan lengkap dengan satu buah sertifikat PESTA untuk dibawa pada saat servis berkala.

Paket servis ini bisa diangsur apabila pembelian kendaraan dilakukan secara kredit. Metode pembayarannya menyesuaikan dengan periode cicilan angsuran kendaraan. Pelanggan Toyota akan semakin merasa nyaman memiliki kendaraannya. (Zie)

Program Auto2000

Service di Auto2000 menyenangkan dengan hadirnya program PESTA

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: tutus.subronto@icarasia.com

Related Posts