Home » Berita » Awal Mula Toyota Kijang Buaya Hingga Jadi Innova (Bagian Kedua)

Awal Mula Toyota Kijang Buaya Hingga Jadi Innova (Bagian Kedua)

Jakarta – Di artikel sebelumnya dikatakan kalau Toyota Kijang telah mengalami perubahan yang signifikan baik dari segi desain dan teknologi. Hingga kini Toyota Kijang sudah mengalami regenerasi dan kini masuk generasi ke-6 yang bedanya sangat jauh dengan generasi pertama.

Bahkan diluar produk Kijang banyak komunitas atau klub mobil Kijang yang bisa dibilang senior dalam hal usia. Komunitas Kijang sudah memulai kopdar dari dekade 1990an. Indonesia Kijang Club (IKC) lahir tahun 1998 dan Toyota Kijang Club Indonesia (TKCI) lahir tahun 2000 adalah yang pertama dan paling senior diantara komunitas Kijang, dan masih eksis hingga saat ini.

Bahkan capther dan anggota mereka hampir tersebar merata di pelosok negeri kita tercinta ini. Diluar dua dedengkot tersebut terdapat komunitas Kijang lainnya. Diantaranya Innova Community (IC), Toyota Innova Owners Club Indonesia (TIOCI), Toyota Kijang Kaskus Community (TKKC), Kaskus Innova Owners Community (KIOC), dan masih banyak lagi.

Kembali melanjutkan tentang generasi Toyota Kijang, setelah generasi pertama yang dikenal dengan Kijang Buaya dan generasi kedua Kijang Doyok masih ada 4 lagi. Penasaran? Berikut ini lanjutan generasi Toyota Kijang.

Baca Juga: Awal Mula Toyota Kijang Buaya Hingga Jadi Innova (Bagian Pertama)

Super Kijang Tahun 1986-1997

Ini merupakan generasi ketiga Toyota Kijang dengan penyempurnaan dari Kijang generasi kedua untuk model MPV maupun pick up. Di generasi ketiga ini Toyota menggunakan teknologi Pressed Body sehingga dapat mengurangi bobot kendaraan hingga 5 kg.

Di mobil ini Toyota mulai bergeser dari kendaraan niaga ke kendaraan penumpang. Bahkan Toyota juga mulai menggunakan logo khas yang digunakan hingga hari ini. Perubahan yang dilakukan sangat signifikan mulai dari sisi interior, eksterior dan juga mesin.

Toyota Kijang
Toyota KIjang Super yang benar-benar tampil sebagai mobil MPV. Foto/Istimewa.

Untuk interior dasboard mengalami perubahan dan juga mendapat tambahan tachometer, penambahan fender, Power Window, Alloy Wheel bermerek Enkei, dan AC double blower. Sedangkan untuk dapurpacu Kijang generasi ketiga menggunakan mesin baru yaitu 5 percepatan.

Sehingga Kijang hadir dalam dua pilihan mesin yaitu 4 percepatan dan 5 percepatan. Dalam hal penjualan, Kijang generasi ketiga ini berhasil mencatat angka penjualan sebanyak 492.123 unit.

Kijang Kapsul Tahun 1997-2004

Generasi keempat terjadi perubahan besar-besaran dimana pada sisi eksterior bentuk kotak bertransforamsi menjadi bentuk kapsul (banyak lengkungan) dan lebih aerodimanis. Bentuk ini lah yang menjadi alasan Kijang generasi ke empat lebih dikenal dengan julukan Kijang Kapsul.

Pada generasi ini Toyota mulai menggunakan mesin diesel 2.4 L (2,446 cc) I4 2L diesel yang mulai diperkenalkan pada tahun 2000. Toyota juga mengubah Kijang dari sisi eksterior dan interior, meliputi perubahan lampu, bumper dan dashboard.

Toyota Kijang
Toyota Kijang kapsul tampil mulai modern. Foto/Istimewa.

Kijang EFI berkapasitas 2.000 cc diluncurkan pada September 2000, dengan mesin bertipe baru, 1RZ-E untuk variant Grand dan Krista. Kijang genrasi keempat mulai diekspor ke berbagai negara dengan berbagai nama, kecuali untuk Brunei Darussalam yang tetap menggunakan nama Kijang.

Sedangkan Malaysia dan Singapura bernama Toyota Unser, Filipina bernama Toyota Revo, Taiwan bernama Toyota Zace surf,Vietnam Toyota Zace dan Afrika Selatan Toyota Condor 4×4.

Kijang Innova Tahun 2004-2013

Mobil generasi kelima Toyota mulai memperkenalkan nama Innova dan masih tetap menggunakan DNA Kijang. Pada sisi interior, eksterior dan juga mesin mengalami perubahan. Bahkan Kijang makin mengukuhkan sebagai kendaraan keluarga dengan fitur yang mewah di produk Innova.

Toyota Kijang
Toyota Kijang Innova generasi pertama. Foto/Istimewa.

Pada Kijang Innova mulai mengunakan mesin dengan teknologi VVT-i 2000 cc dengan jenis 1TR-FE berkatup 16 DOHC. Yang mampu mengeluarkan tenaga yang jauh lebih besar dibanding Kijang generasi sebelumnya yaitu sebesar 136 hp.

Sedangkan pada mesin diesel menggunakan jenis D4D atau disebut Direct Four Stroke Turbo Commonrail Injection. Bahkan selama sembilan tahun Kijang Innova mengalami 3 kali penyegaran.

All New Kijang Innova Tahun 2015

Generasi keenam Kijang Innova di luncurkan pada 23 November 2015 dengan mengusung nama Kijang All New Innova dengan slogan “The Legend Reborn”. Pada generasi Kijang Innova kedua ini Toyota mengubah line up dari sebelumnya menjadi tiga varian yaitu G, V dan Q.

Toyota Kijang
Kijang Innova generasi dua tampil lebih mewah. Foto/Istimewa.

Dan menghilangkan line up J, E sebagai varian terendah pada Kijang Innova generasi pertama. Alasan Toyota menyederhakan line up dan menambah line up baru yaitu tipe Q sebagai tipe tertinggi berdasarkan survey pelanggan. (Berbagai Sumber)

Isuzu mu-X
Previous post
New Isuzu MU-X Ada Pilihan 4x4, Bisakah Bersaing dengan Pajero Sport dan Fortuner?
solar b20
Next post
New Isuzu MU-X Hadir Dua Tipe, Ini Beda Varian Royale dan Premiere