BeritaSepeda motorTips dan Trik

AWAS! Menyimpan Royal Enfield di Garasi Malah Bikin Rusak

Jakarta – Biasanya para pemilik motor gede (moge) kerap menyimpan kendaraannya. Bagi sebagian orang, kebiasaan ini biasanya disebabkan takut jarak tempuh kendaraan akan bertambah. Kebiasaan menyimpan motor ini justru dapat merusak motor, salah satunya merek Royal Enfield.

Royal Enfield yang masuk ke dalam moge di Indonesia ini juga rawan rusak jika didiamkan terlalu lama. Kebiasaan ini sangat tidak dianjurkan oleh bengkel resmi Royal Enfield. Ini di ungkapkan Yudhistira, selaku Technical Workshop Royal Enfield diler Pejaten mengatakan hal tersebut.

Biaya Perawatan Royal Enfield

“Motor ini kalau jarang dipakai justru malah akan banyak kerusakan. Mulai dari aki tekor, fuel pump berkerak dan ada beberapa masalah lain bagi Royal Enfield yang sering disimpan terlalu lama,” kata Yudhistira kepada Carmudi beberapa waktu lalu di diler Pejaten, Jakarta Selatan.

Agar motor tidak mengalami kerusakan, Yudhis menyarankan untuk menyalakan motor minimal satu minggu sekali. “Minimal sekali itu satu minggu sekali dipanaskan. Kalau bisa malahan seminggu 3 kali dipanasin buat yang jarang dipakai. Tapi kalau motor itu dipakai setiap hari justru malah semakin bagus,” sambung Yudhis.

Sering Dipakai Justru Semakin Baik

Ia menyarankan kepada seluruh pemilik Royal Enfield agar menggunakan motor tersebut setiap hari. Sebisa mungkin memanaskan Royal Enfield untuk dikendarai berkeliling komplek.

“Minimal banget dipakai keliling komplek lah, jangan dipanasin aja. Karena aki motor juga akan melakukan pengisian di rpm tertentu. Kalau dipanasin aja, belum tentu akinya juga akan ngisi dengan baik. Malah nggak bakalan bisa ngisi akinya, nggak maksimal lah,” tuturnya sembari menjelaskan.

Royal Enfield Himalayan. Foto/doc RE.

Bagi para pemilik motor gede khususnya Royal Enfield, ada baiknya Anda lebih rajin lagi menggunakan motor tersebut. Memang, ada konsekuensi yang harus diterima oleh para pengendara motor.

Mulai dari kehujanan, paha kepanasan akibat panas dari ruang mesin, hingga terpapar panasnya terik matahari. Nah, masih mau menyimpan motor gede di garasi saja atau menggunakannya untuk keperluan sehari-hari?(dol)

Rizen Panji

Hobinya menghabiskan bahan bakar di akhir pekan. Dan pastinya tergila-gila dengan mobil tua apalagi mobilnya model pintu dua. Oiya, dirinya juga senang melihat interior mobil yang sangat rapih dan bersih, lho!

Related Posts