Modifikasi

Ayo Ingat Lagi, Garansi Motor Honda BeAT Hilang karena Modifikasi Ini

Modifikasi motor beat

Jakarta – Melakukan modifikasi motor Honda BeAT ini banyak sekali dilakukan masyarakat. Maklum, Honda BeAT dianggap sebagai salah satu motor murah di Indonesia dan memang asik dimodifikasi.

Modifikasi ini biasanya dilakukan dengan tujuan biar membuat tampilan Honda BeAT jadi lebih keren. Tapi, banyak masyarakat kalau modifikasi maka garansi Honda BeAT bisa gugur.  

Garansi motor yang diberikan pabrik bisa hilang begitu aja. Akibatnya, kerugian bakal ditanggung si pemilik motor itu sendiri akibat apa yang sudah dilakukannya.

Para pembeli Honda BeAT ini mayoritas digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Bahkan, banyak juga orang yang membeli Honda BeAT untuk dijadikan kendaraan ojek online.

Sayang, modifikasi motor Honda BeAT yang bisa menghilangkan garansi ini jarang diketahui para pemiliknya. Supaya lebih tahu, kami akan coba memberikan informasi terkait hal itu, nih.

Hal yang Menghilangkan Garansi Motor Honda BeAT

Modifikasi di Sektor Kelistrikan

Bagi para pengguna ojek online, banyak yang melakukan modifikasi motor Honda BeAT mereka. Biasanya komponen yang ditambahkan adalah soket pengisian gawai (gadget).

Penambahan soket pengisian gadget ini tentu akan mengubah atau menambah sedikit jalur kelistrikan. Tujuannya agar pengendara bisa melakukan pengisian gadget saat sedang di jalan.

Harus diingat, hal ini jelas menjadi hal yang sangat menghilangkan garansi kendaraan itu sendiri. Sayangnya, banyak orang belum tahu soal ini.

modifikasi motor beat

Modifikasi lampu motor yang tidak sesuai bisa gugurkan garansi. Foto: (Otosia)

Melakukan modifikasi pada bagian kelistrikan menjadi hal yang sangat menghilangkan garansi sepeda motor. Karena produsen sepeda motor tidak mengetahui proses instalasi pengambilan arus kelistrikan tersebut.

Selain pengisian gadget, biasanya pengguna Honda BeAT ini juga memasang lampu rem tambahan, volt meter atau bahkan papan iklan sepeda motor.

Nah, bahaya kan kalau asal modifikasi motor Honda BeAT.

Servis di Luar Bengkel Resmi

Selain modifikasi, ada juga hal yang menggugurkan garansi Honda BeAT. Salah satunya tidak pernah servis di bengkel resmi.

Ayo diingat lagi, kamu kalau servis Honda BeAT di bengkel umum atau bengkel resmi, nih?

Kalau servis di luar bengkel resmi terus, garansinya dipastikan hilang selama masa garansi.

modifikasi motor beat

Sepeda motor Honda melakukan servis di AHASS

Karena dalam buku panduan servis rutin dijelaskan juga soal ini. Tapi sekali lagi, banyak banget pemilik Honda BeAT yang tidak tahu.

Nah, kamu tim servis di bengkel resmi apa bengkel umum?

Kerusakan Penggunaan

Kerusakan penggunaan motor ini bisa berarti dipakai balapan, modifikasi, sampai bawa motornya ‘seruntulan’. Kalau cara pakainya ‘seruntulan’, otomatis motor juga bakal dijamin cepat rusak.

Hal ini dikarenakan konsumen tidak memakai sepeda motornya tidak sesuai anjuran. Kerusakan yang diakibatkan oleh penggunaan tidak akan bisa mengklaim garansi.

Hayoooo, coba diingat lagi.

Buku Servis Hilang

Setiap sepeda motor baru pasti diberikan buku servis pada saat motor diterima konsumen dari diler. Nah, kalau buku servis ini sampai hilang atau rusak maka garansi juga bisa hilang.

Wah, kok gitu?

Iya, karena pihak diler mengatakan kalau mereka tidak bisa melihat sejarah pemakaian dan perawatan dari motor tersebut.

modifikasi motor beat

Bengkel sepeda motor AHASS (Foto: AHM)

Kalau buku servisnya hilang, maka secara otomatis data perawatan di buku servis tersebut juga tidak terdeteksi. Sudah sewajarnya kalau pemilik harus menyimpan baik-baik buku servis.

Karena itu bisa menjadi data perawatan yang berguna. Apalagi kalau dijual, kalau segala buku panduan lengkap maka harga jual bisa lebih baik lagi, lho.

Rusak Saat Servis di Luar Bengkel Resmi

Pihak bengkel resmi juga tidak menerima klaim kalau motor tersebut rusak akibat servis di luar bengkel resmi karena standarisasi bengkel resmi dan umum berbeda.

modifikasi motor beat

Servis motor matic penggantian belt. (Foto: Carmudi Indonesia).

Makanya, pihak bengkel resmi tidak menanggung risiko dan tidak menjamin kerusakan kalau servis di luar bengkel resmi. Sebaliknya, kalau rusak saat servis di bengkel resmi kamu bisa mengklaim garansi.

Bagian yang Boleh Dilakukan Modifikasi pada Motor Honda BeAT

Biasanya klaim yang diberikan oleh pabrikan adalah selama 5 tahun. Tapi, ada beberapa bagian yang bisa dimodifikasi dari sepeda motor tanpa menghilangkan garansi.

Jika ingin modifikasi motor Honda BeAT kesayangan, kamu bisa mengganti joknya. Penggantian jok tidak berpengaruh kepada kelistrikan, mesin, rangka hingga bagian pembakaran.

Penggantian jok jadi salah satu modifikasi yang bisa dilakukan tanpa menghilangkan garansi karena jok cuma terdiri dari busa dan sarung busa itu sendiri.

Jok Motor Yamaha N-Max

Jok Motor Yamaha N-Max (Foto: Ben)

Bagian lain yang boleh dilakukan untuk modifikasi motor Honda BeAT adalah penggantian spion. Penggantian spion ini juga bersifat sama seperti penggantian jok.

Mengganti spion tidak berpengaruh kepada mesin, rangka, kelistrikan maupun pembakaran. Tapi, penggantian spion ini berpengaruh kepada keamanan pengendara.

Visibilitas ke arah belakang menjadi sempit kalau memakai spion model kecil. Makanya, untuk mengganti spion sebaiknya sesuaikan dengan ukuran spion itu sendiri. Jangan kekecilan juga kalau mau ganti, ya!

Pasang Papan Iklan di Motor Garansi Juga Bisa Hilang

Sering lihat kan banyak sepeda motor pakai papan iklan di belakang? Modifikasi motor seperti ini juga banyak dilakukan bagi pemilik Honda BeAT.

Padahal, itu bisa menghilangkan garansi akibat rangka belakang terkena modifikasi adanya braket besi dan papan iklan.

pasang papan iklan di motor

Duduk menjadi lebih sempit dan sulit. (Foto: MotorPlus Online)

Papan iklan yang menyala ini juga mengambil arus kelistrikan dari motor. Enggak heran kalau pemasangan papan iklan ini langsung menghilangkan garansi.

Malah bisa dibilang kalau pasang papan iklan ini bisa menghilangkan garansi secara combo.

Nah, buat kalian yang modifikasi motor Honda BeAT, ada baiknya perhatikan hal di atas. Jangan sampai menyesal kemudian hanya ingin terlihat keren.

Waspadalah, waspadalah…

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Baca Juga:

Ketahui Kode Kerusakan di Honda PCX, Mirip dengan di ADV150

Rizen Panji

Hobinya menghabiskan bahan bakar di akhir pekan. Dan pastinya tergila-gila dengan mobil tua apalagi mobilnya model pintu dua. Oiya, dirinya juga senang melihat interior mobil yang sangat rapih dan bersih, lho!

Related Posts

/