Berita

Ban Gampang Retak, Bugatti Recall Puluhan Chiron Pur Sport

Paris – Pabrikan mobil asal Perancis, Bugatti dikabarkan melakukan penarikan kembali (recall). Sebanyak 60 unit Bugatti Chiron Pur Sport yang sudah dimiliki konsumen di recall untuk melakukan perbaikan di bengkel yang ditunjuk.

Dilansir dari laman Autoevolution, Bugatti mengatakan recall dilakukan karena ban yang digunakan Chiron Pur Sport terindikasi mudah rusak atau retak di bagian samping (sidewall).

“Pada prototipe kami telah ditemukan beberapa retakan yang sudah dipantau. Walaupun ban Pur Sport ini tidak rusak, tetapi ini tidak sesuai dengan standar,” jelas Bugatti dalam keterangan resminya.

recall bugatti chiron

Merek mobil yang bermarkas di Molsheim, Perancis ini bekerja sama dengan Michelin sebagai pembuat ban. Ban yang digunakan merupakan Michelin Pilot Sport Cup 2R TR dengan profil 285/30 R20 di depan dan 355/25 R21 di bagian belakang.

Harga untuk satu set ban (4 buah) tersebut bisa dibilang sangat mahal. Bugatti mengatakan jika harga ban tersebut senilai 45 ribu dolar Amerika Serikat atau setara dengan Rp640 jutaan.

Pihak Michelin pun segera melakukan penyelidikan terhadap temuan oleh Bugatti tersebut.

“Kami segera membatasi jarak tempuh maksimum ban dan usia pemakaian, agar ban tersebut tidak semakin retak seperti yang terlihat pada mobil prototipe,” ungkap pihak Michelin.

recall bugatti chiron

Recall Bugatti Chiron Pur Sport

Pihak Michelin mengatakan jika ban mobil performa tinggi tersebut direkomendasikan untuk diganti setiap pemakaian 3.000 km atau 1,5 tahun.

Atas kejadian ini, seluruh Bugatti Chiron Pur Sport yang terkena recall akan dibebaskan dari biaya penggantian.

Pemilik diimbau tidak menggunakan mobil hingga dikirimkan satu set ban baru dari Michelin. Setelah ban diterima, konsumen bisa segera membawa mobil tersebut ke bengkel untuk melakukan penggantian ban.

Sekadar informasi, Bugatti Chiron Pur Sport merupakan hypercar yang hanya dibuat dalam jumlah terbatas, yakni 60 unit di seluruh dunia.

Mobil tersebut dibekali dengan mesin berkapasitas 8.000 cc, konfigurasi W16, serta turbocharged bertenaga 1.500 hp dan torsi 1.600 Nm,

Bugatti Chiron Super Sport 300+

Recall Bugatti Chiron Pur Sport

Tenaga tersebut disalurkan ke seluruh roda menggunakan transmisi otomatis 7 percepatan.

Penulis: Rizen Panji

Editor: Santo Sirait

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *