Bandit Diantara Tiga Model Motor Terlaris Suzuki

Penulis: Santo Evren
Jakarta – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku agen pemegang merek (APM) sepeda motor Suzuki menutup 2018 dengan capaian penjualan yang positif. Merujuk data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Suzuki berhasil membukukan penjualan dari pabrik ke dealer (wholesales) sebesar 89.508 unit pada 2018. Angka tersebut naik sekira 24 persen dibanding raihan 2017 sebesar 72.191 unit.
Kenaikan angka wholesales sepeda motor Suzuki tak lepas dari adanya produk baru yang diluncurkan pada tahun lalu seperti NEX II dan GSX 150 Bandit. Dari beberapa sepeda motor yang dipasarkan oleh SIS di Tanah Air, tiga di antaranya menjadi model terlaris sepanjang 2018, yaitu NEX II, Satria, dan GSX Series.
“Di 2018 kami meluncurkan NEX II, skutik ini memberikan kontribusi yang cukup besar buat Suzuki sekira 35 persen. Kedua masih tetap favorit yaitu Satria. Mekipun sudah lama tapi tetep legend dan memberikan kontribusi besar. Dan terakhir yang juga memberikan kontribusi adalah GSX series,” ujar Yohan Yahya, 2w Sales & Marketing Department Head PT SIS, di Jakarta Senin (4/3).
Bila diperinci , penjualan Suzuki NEX II sebanyak 31.015 unit. Eksistensi All New Satria F150 pun tetap terjaga. Model yang diperkenalkan sejak 2016 itu, penjualannya mencapai 27.298 unit selama 2018. Atau berkontribusi sebesar 31 peren terhadap total penjualan sepeda motor Suzuki. Sedangkan GSX-R150, GSX-S150, dan GSX 150 Bandit mencatat penjualan sebesar 19.465 unit sepanjang 2018.
Penjualan Skutik Melonjak
Secara segmentasi, penjualan skutik mengalami lonjakan signifikan dari 14.334 unit menjadi 38.541 unit. Hal ini naik sebesar 168 peren dibanding 2017.
Menyusul di posisi kedua, underbone menjadi segmen yang mengalami kenaikan sebesar 61.7 persen menjadi 29.399 unit. Kinerja segmen skutik dan underbane tersebut memberikan kontribusi terhadap total penjualan sepeda motor Suzuki. Dengan masing-masing sebesar 43 persen dan 33 persen.
Tidak hanya berhasil mencatat pertumbuhan yang positif dari segi penjualan, Suzuki juga terus berkomitmen. Yaitu dari segi layanan terbaik, ini guna meningkatkan kepuasan pelanggan.
Sepanjang 2018, total jaringan penjualan resmi Suzuki telah mencapai 486 outlet tersebar hingga 247 kota di seluruh Indonesia. Tahun ini Suzuki berencana menambah jaringan menjadi 500 dealer.(dol)