Home » Berita » Bangkit dari Kematian, Peugeot Hadirkan 3008 Pesaing VW Tiguan di Indonesia

Bangkit dari Kematian, Peugeot Hadirkan 3008 Pesaing VW Tiguan di Indonesia

Penulis: Fransiscus Rosano

Jakarta – Setelah sangat lama tak terdengar kabar, seakan bangkit dari kematian RUPANYA Peugeot Indonesia hadirkan SUV Peugeot 3008 (28/3). Mobil ini merupakan pesaing VW Tiguan, Hyundai Tucson dan Kia Sportage.

PT Astra International – Peugeot Sales Operation (PSO) kembali mengobarkan api dari brand berlogo Singa Mencakar ini dengan merilis mobil baru pertamanya di 2018. Ini setelah absen dari 2015 tanpa meluncurkan mobil apapun.

“Meskipun kami sempat vakum di Indonesia selama tiga tahun, setelah meluncurkan 3008 facelift di 2015. Namun kami dengan bangga bisa menghadirkan Peugeot 3008 ini di Indonesia,” ujar Andyka Susanto, Operation Manager PT Astra International – Peugeot Tbk.

Tak sekadar facelift, Peugeot 3008 yang diluncurkan ini adalah generasi kedua yang baru diperkenalkan di Paris Motor Show 2016 September lalu.

Luar Dalam Agresif

Eksterior yang baru total benar-benar menunjukkan bahasa desain Peugeot yang baru. Dengan lekukan super agresif di tiap sisi.

Ciri khasnya termasuk ujung depan vertikal, kap mesin memanjang, waist line tinggi, ground clearance tinggi dan roof bar. Sedangkan profilnya dikuatkan oleh velg berdiameter 18 inci.

Nama SUV yang diusungnya tak bukan hanya gaya, karena jaraknya dari tanah terbilang cukup tinggi di angka 219 mm. Yes, bahkan lebih jangkung dari beberapa SUV ladder frame.

Peugeot 3008

Peugeot 3008

Fascia depan telah disematkan DRL LED dengan Full-LED Headlights. Sedangkan lampu belakang juga telah menggunakan teknologi LED.

Menguatkan aksen dari luar, adalah exterior courtesy lighting dan spion lipat elektrik. Dengan Spotlight berupa puddle light yang membentuk siluet singa ke tanah.

Peugeot 3008

Interior

Namun paling mencolok adalah interiornya. Diberi nama i-Cockpit Amplify, desain dasbornya boleh dikatakan salah satu yang paling agresif yang pernah kami temukan. Empat indra yang dimanjakan jadi konsep di dalam, termasuk Sight, Hearing, Touch dan Smell.

Di tengah dasbor eksentriknya terdapat head unit layar sentuh 8 inci dengan fitur input AUX, Bi-Tuner, Bluetooth, USB dan Mirrorlink.

Selain touch screen, HU juga dapat dikontrol dengan enam tombol “piano key” di bawahnya. Ini untuk akses cepat radio, climate control, setting kendaraan, teleponi Bluetooth dan aplikasi mobile.

Sistem hiburan kabin juga telah dilengkapi kamera mundur 180 derajat dan Sistem Audio Hi-Fi Premium FOCAL. Oh iya seperti mobil modern kekinian juga, instrument cluster sudah full menggunakan layar LCD TFT.

Jok pengemudi mendapat pengaturan elektrik 8 arah dengan 2 memori dan tambahan lumbar. Juga khas mobil Eropa, terutama yang diimpor langsung dari Perancis, adalah kehadiran fitur penghangat jok.

Peugeot 3008

Sementara fitur yang dibanggakan di dalam adalah Automatic Rain Sensor, Bi-Zone Diffusion AC, Cruise Control & Speed Limiter, setir berlapis kulit, 4 speaker dan 2 tweeter, 3 power outlet dan tombol pengatur audio di setir.

Peugeot 3008

Dari sisi storage, terdapat total 13 tempat penyimpanan di dalam. Bagasi sudah dilengkapi Smart Electric Tailgate yang bisa dibuka via gestur kaki secara elektrik.

Safety Tercanggih

Namun terkuat Peugeot 3008 ini jika dibanding setiap pesaingnya adalah dari segi fitur keselamatan. Selain fitur basic seperti ABS (Anti-lock Braking System), EBD (Electronic Brake Distribution), EBA (Electronic Brake Assist) dan ESP (Electronic Stability Program), Peugeot 3008 juga dilengkapi dengan fitur safety class leading.

Peugeot 3008

Mulai dari total 6 airbag, Electronic Parking Brake dengan Auto Hold, HADC (Hill Assist Descent Control). Yang paling canggih adalah satu set fitur ADAS (Advanced Driver Assistance Systems) yang tidak dimiliki para pesaing.

Mulai dari Driver Attention Warning, Automatic Adaptive Headlamp Main-Beam. Dan dua yang paling canggih yaitu Speed Limit Sign Recognition & Recommendation. Yup, fitur yang bahkan Mazda CX-5 pun belum punya.

Mesin Masih Sama

Satu-satunya yang masih sama dengan Peugeot 3008 generasi pertama adalah jantung yang ada di bawah kap mesin.

Masih menggunakan unit EP6FDTM Turbo seperti sebelumnya. Adalah unit mesin bensin 1.598 cc yang menghasilkan tenaga sebesar 161 hp dan torsi gambot khas turbo 240 Nm. Mesin ini disambungkan ke kedua roda depan via transmisi otomatis 6-percepatan.

Peugeot 3008

Menangani output mesin dan membantu pengendalian off road, ada fitur Advanced Grip Control. Yang memiliki lima pengaturan sensitivitas traction control yaitu Normal, Snow, Mud, Sand dan ESP OFF.

Harga dan Spesifikasi

Harga yang ditawarkan untuk Peugeot 3008 adalah Rp 695 juta on the road Jabodetabek. Lebih mahal sekitar Rp 40-50 jutaan dibanding pesaing seperti VW Tiguan. Atau hingga Rp 200 jutaan dibanding Hyundai Tucson dan Kia Sportage.

Namun output mesin lebih besar dan fitur lebih banyak jadi senjata yang disiapkan Singa Perancis ini. Tertarik?(dol)

Data Spesifkasi
Mesin EP6FDTM Turbo
Jumlah Silinder 4, Segaris
Teknologi Mesin DOHC, VVT, VVL, Turbocharger
Kapasitas Mesin 1.598 cc
Tenaga Maksimum 161 hp @ 6.000 rpm
Torsi Maksimum 240 Nm @ 1.400 rpm
Transmisi Otomatis 6 percepatan (Torque Converter)
Layout Mesin Mesin Depan Penggerak Roda Depan
Panjang 4.447 mm
Lebar 1.841 mm
Tinggi 1.624 mm
Wheelbase 2.675 mm
Berat Kosong 1.300 kg
Ground Clearance 219 mm
Suspensi Depan Independent – Pseudo-Mac Pherson Axle, Coil Spring
Suspensi Belakang Semi Independent – Twist Beam Axle
Rem Depan Ventilated Disc with Diagonal Circuit System
Rem Belakang Disc with Diagonal Circuit System
Sistem Rem ABS, EBD, BA, ESP, ASR+, HADC
Ukuran Ban 18 Inci
Previous post
Perawatan Yamaha RX-King, Nggak Ribet dan Bisa Dilakukan Sendiri (Bagian 2)
Safety Driving
Next post
Tips Ringan Safety Driving ala Suzuki: Jangan Tarik Rem Tangan di Traffic Light!