Berita

Banyak Kasus Terbakar, Hyundai Pastikan Baterai Aman

Semarang – Hyundai memastikan jika baterai yang digunakan pada line up mobil listrik mereka cukup aman untuk digunakan.

Pasalnya, dalam setahun ke belakang sudah banyak kasus mobil listrik yang terbakar akibat baterai meledak secara tiba-tiba.

Hal ini tentu menimbulkan keresahan bagi sebagian orang yang hendak membeli mobil listrik, termasuk di Indonesia.

baterai hyundai

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) mengaku jika baterai yang digunakan pada mobil listrik di Indonesia cukup aman.

Baterai tersebut disuplai oleh PT HLI Green Power berkat kolaborasi antara Hyundai dengan LG sebagai pembuat baterai kendaraan listrik.

Joseph Ananta, Professional of Cell Electrode Production PT HLI Green Power mengaku mobil listrik dengan baterai LG ini belum pernah mengalami kejadian terbakar.

Baca juga: Gandeng CATL, GM Kembangkan Baterai LFP 6C Pertama di China

“LG Energy Solutions punya track record yang sangat baik. Artinya, kondisi thermal runway (peningkatan suhu yang cepat) itu sudah diantisipasi sebelumnya dari proses pembuatan sel baterai,” ujarnya di Semarang, Jawa Tengah, pekan lalu.

Ia juga mengatakan baterai LG yang digunakan pada mobil listrik sudah melewati berbagai uji coba keamanan, sehingga bisa dipastikan baterai tersebut aman untuk digunakan dan dipasang pada mobil.

baterai hyundai

(Foto: Carmudi)

“Jadi ada proses charging and discharging (CDC) itu kita monitoring mulai dari sel saat charging, packing untuk dikirim. Kita cek selama 10 hari apakah ada kebocoran dan voltasenya,” sambungnya.

Bahkan baterai tersebut juga ditest cycle (pengecasan berulang dari 0 sampai 100 persen) dalam kondisi yang ekstrem.

Baca juga: Digaransi 8 Tahun, Harga Baterai Hyundai Ioniq 5 Sekitar 40 Persen Banderol Mobilnya

“Polanya sudah kami uji sesuai kondisi lapangan di Indonesia. Artinya, di HLO itu sudah menunjukkan bahwa baterai kita itu Grade A. Tidak ada masalah thermal runway,” jelas Joseph.

Menurut presentasinya dijelaskan jika baterai buatan HLI Green Power sudah digaransi mulai dari pengujian, pengiriman, hingga baterai tersebut dipakai oleh konsumen.

Penulis: Rizen Panji
Editor: Santo Sirait

Rizen Panji

Pikirannya selalu dipenuhi oleh mobil buatan Jerman, Swedia, dan Prancis dengan tahun produksi di bawah 2000. Jangan lupa, mesin yang bersemayam di dalam kap mesin tentunya harus 6 silinder guna memompa adrenalin ketika dikendarai. It's not about the miles per gallon, but it's about the smiles per gallon

Related Posts