Home » Berita » Banyak Suku Cadang Imitasi, ROKI Japan Mulai Serius Sasar Indonesia

Banyak Suku Cadang Imitasi, ROKI Japan Mulai Serius Sasar Indonesia

Jakarta-Setelah mempunyai pabrik dan meriset pasar suku cadang Indonesia selama setahun, ROKI Japan akhirnya resmi memperkenalkan produk andalannya.

Pemasok suku cadang filter udara dan saringan oli kendaraan ini, pada Rabu (25/4) lalu resmi memperkenalkan diri di Indonesia. Lalu sebagai produk suku cadang yang genuine bawaan pabrik kendaraan, mengapa ROKI yakin masuk ke Indonesia?

Setelah riset pasar lebih dari setahun, produsen asal Jepang itu melihat banyaknya produk imitasi beredar. Meskipun banyak pemasok suku cadang genuine (asli), tapi konsumen Indonesia banyak beli imitasi dan Global After Market Products (GAP).

“Produk suku cadang tiruan ini biasanya banyak dipakai oleh pemilik kendaraan yang usia kendaraannya di atas 5 tahun. Jadi setelah garansi servis kendaraan habis, mereka memilih suku cadang yang terjangkau,” jelas Johan Yunus Djuardi, selaku Manager PT Roki Asia Trading Indonesia.

Pemilihan pengantian suku cadang dengan harga terjangkau, memang jadi hak atau pilihan pengguna kendaraan. Tapi ada masalah lain yang timbul dalam pemilihan suku cadang imitasi tersebut.

Masalah yang utama adalah tingkat keamanan bagi mesin kendaraan menjadi ancaman. Tudak jarang suku cadang imitasi bisa merusak atau menjalar ke bagian kendaraan lainnya.

Untuk atasi itu, ROKI Japan hadir di Indonesia untuk menawarkan suku cadang berkualitas dengan harga ekonomis.

Ini memang seperti bumbu atau kecap dagangan setiap produsen suku cadang Indonesia. Namun apa hal yang perlu diyakini jika produk ROKI Japan ini adalah produk yang berkualitas dan memiliki harga terjangkau?

Johan pun mengakui, jika urusan harga memang produk ROKI Japan bisa dikatakan tidak murah dan juga tidak mahal. “Harga kami menilai kompetitif, tapi kualitas kami lebih baik dibanding produk lokal lain,” tegasnya.

Mengapa lebih baik? Ternyata sudah lama ROKI Japan menjadi pemasok saringan udara (air filter) dan saringan oli (oil filter) untuk mobil merek Jepang. Sebut saja Toyota, Honda, Nissan dan lain-lain.

Hal itu tentu bisa terjadi karena kesamaan asal kendaraan itu. Intinya hampir semua mobil Jepang air filter dan oil filter dipasok dari ROKI Japan.

Kini tuntutan untuk mengembangkan sayap usaha dari distributor ke konsumen langsung (B2C) harus dilakukan ROKI Japan di Indonesia.

Produk saringan udara motor dan saringan oli untuk kendaraan dari Roki Jepang siap bersaing.

Salah satu produk ROKI Japan adalah R-Max Series

Sebagai langkah awal masuk ke bisnis ini, ROKI Japan tawarkan produk R-Max Series. Jajaran produk ini termasuk air filter dan oli mesin kendaraan roda dua maupun roda empat.

Strategi jualan agar tetap bisa bersaing dengan produk asli (genuine part) pemegang merek kendaraan di Indonesia, adalah dengan membanderol harga lebih murah.

R-Max series dijual lebih murah 30% dari suku cadang air filter dan oli yang ditawarkan pemegang merek kendaraan.

Berikut kisaran harga eceran tertinggi (HET)yang dirilis untuk R-Max Series:

 

NoProdukJenis KendaraanHarga
1Filter UdaraSepeda Motor29.400-36.400
2Oli MesinSepeda Motor36000
3Oli MesinMobil333519

“Indonesia merupakan Negara yang memiliki jumlah penduduk terfbesar keempat dunia. Populasi kendaraan tiap tahun juga tumbuh sekitar 1 juta unit per tahun untuk roda empat. Karena itu kami yakin Indonesia menjadi pasar yang potensial bagi kami,” cetus Masaaki Suzuki, Head of Global Aftet Market Product Departemen Roki Japan.

Manajemen Roki Jepang saat memperkenalkan produk suku cadang mereka di Indonesia.
Previous post
Harga Toyota C-HR yang Kemahalan, Ini Alasannya
draf kendaraan listrik
Next post
Ini Alasan Pemerintah Belum Juga Uji Mobil Listrik Gratis dari Mitsubishi