HomeSumber informasiBanyak yang Belum Tahu, Ini Fungsi Nomor Rangka Mobil

Banyak yang Belum Tahu, Ini Fungsi Nomor Rangka Mobil

nomor rangka mobil
Mesin Nissan Grand Livina XV 2008 (Foto: Istimewa)

Jakarta – Nomor rangka sejatinya terpasang di setiap mobil. Akan tetapi, masih banyak orang yang belum tahu fungsi dari nomor tersebut.

Tidak sedikit yang bertanya-tanya, sebenarnya apa fungsi nomor rangka ini? Kenapa nomornya banyak dan tidak beraturan?

Usut punya usut, ternyata nomor rangka pada mobil punya arti.

Nah, kira-kira fakta unik apa saja yang ada dibalik nomor rangka mobil yang panjang ini?

Nomor Rangka Mobil Berjumlah 17 Digit

Biasanya nomor rangka yang ada di mobil berjumlah 17, terdiri dari gabungan huruf dan angka. Sebenarnya, ini merupakan kode internasional yang dibuat untuk memudahkan identifikasi mobil.

Biasanya, kode ini dikenal juga dengan nama Vehicle Identification Number (VIN). Di banyak negara, ada beberapa VIN yang dipakai pada mobil.

Misalnya di Indonesia, VIN yang dipakai mengacu ISO 3779. VIN versi ISO 3779 terdiri dari 17 digit yang dibagi menjadi tiga bagian.

Tiga digit pertama itu biasanya World Manufacturer Identification (WMI). Lalu, digit keempat sampai sembilan adalah Vehicle Descriptor Section (VDS).

nomor rangka mobil
VIN number pada mobil (Foto: Blogspot)

Digit kedelapan terakhir adalah Vehicle Identifier Section (VIS). Ambil contoh, nomor rangka mobil tertulis WDB1240306B509838. Itu artinya tiga digit pertama adalah WMI yang menunjukkan identitas pabrik pembuat mobil tersebut. Lalu, digit keempat sampai kesembilan adalah VDS (124030), dan digit kedelapan terakhir adalah VIS (6B509838).

Cara Membaca Nomor Rangka

Huruf pertama dan kedua dalam nomor tersebut memakai kode WD. Artinya, menunjukkan di mana kendaraan tersebut dirakit atau berasal.

Kode mobil buatan atau asal Indonesia, biasanya memakai MF-MK.

Berikut Beberapa Kode Negara Perakit Kendaraan.

  1. A-H: Afrika
  2. AA-AH: Afrika Selatan
  3. AJ-AN: Pantai Gading
  4. BA-BE: Angola
  5. X3-X0: Russia
  6. VF-VR: Perancis
  7. JA-J0: Jepang
  8. LA-L0: China
  9. MA-ME: India
  10. MF-MK: Indonesia
  11. ML-MR: Thailand
  12. PL-PR: Malaysia
  13. RL-RR: Vietnam
  14. SA-SM: Inggris
  15. WA-W0: Jerman
  16. 1A-10: Amerika Serikat
  17. 4A-40: Amerika Serikat
  18. 5A-50: Amerika Serikat
  19. 6A-6W: Australia, dan masih banyak lagi.

Arti Digit Ketiga

Sedangkan untuk digit ketiga, biasanya menunjukkan nama produsen kendaraan. Misalnya, Y (Suzuki), F (Toyota), R (Honda) dan K (Daihatsu).

Nah, untuk digit keempat menunjukkan deskripsi mobil secara umum.

Misalnya model mobil, jenis mesin, tipe bodi dan transmisi yang dipakai. Setiap produsen mobil punya cara tersendiri untuk membuat deskripsi kendaraannya.

nomor rangka mobil
Ilustrasi VIN number pada mobil (Foto: Wixstatic)

Urutan angka keempat sampai sembilan biasanya hanya diketahui oleh pabrikan saja. Tidak semua orang mengetahui detail nomor rangka urutan keempat sampai sembilan.

Lalu, digit ke 10 sampai terakhir biasanya digunakan untuk kode tahun produksi dan urutan nomor produksi. Menariknya, setiap mobil punya arti yang sedikit berbeda walaupun sebenarnya tujuannya sama.

Letak Nomor Rangka Pada Mobil

Setiap mobil bisa dipastikan mempunyai nomor rangka yang berbeda-beda, termasuk penempatannya.

Ada produsen yang menaruh di sasis belakang bagian kiri, sasis belakang bagian kanan, sasis depan kanan, sasis depan kiri. Ada juga yang menempatkannya di bagian dalam mobil, bawah jok, di balik pintu depan kanan atau kiri.

Lalu, ada yang menaruh tepat di bagian tengah sasis, di dekat girboks, di sasis dekat engine mounting, dekat bagian mesin atau di dekat booster rem.

nomor chassis mobil
Posisi nomor rangka berbeda-beda. (Foto: Cloudfront)

Sebagai pemilik mobil, letak nomor rangka wajib diketahui.

Di Indonesia, setiap lima tahun sekali pemilik mobil wajib melakukan perpanjangan STNK. Salah satu syaratnya yaitu dengan menunjukkan nomor rangka lewat kertas gesek yang sudah disediakan.

Tujuannya adalah untuk mencocokkan nomor rangka dan nomor mesin yang tertera di STNK. Selain itu sebagai bukti kepemilikan dan bukan masuk dalam kategori mobil bodong. Apabila terbukti mobil bodong, maka STNK tidak bisa diperpanjang.

Tanpa kedua nomor tersebut, kendaraan akan dianggap bermasalah, sebagaimana diatur dalam Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2012 Tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor.

VIN number mobil
Nomor chassis pada mobil China. (Foto: Wikipedia)

Nah, sekarang sudah paham kan fungsi dari nomor rangka mobil? Jadi sebagai pemilik mobil harus tahu lokasi nomor rangka. Sebab tidak semua orang mengetahui letak nomor rangka pada kendaraannya sendiri. Jika sudah tahu itu artinya bisa menjadi nilai lebih bagi Anda dan bisa dianggap mengerti mobil.

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Santo

Baca Juga:

Bikin Plat Nomor Cantik Resmi, Begini Prosedur dan Biayanya

Pajak kendaraan
Previous post
Arti Pemutihan Pajak Kendaraan Beserta Hal yang Jarang Diketahui
Pameran Otomotif GAIKINDO
Next post
Maaf! Pameran Otomotif GAIKINDO Jakarta Auto Week Batal

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *