HomeSumber informasiBanyak yang Penasaran, Berapa Biaya Servis Mobil Wuling?

Banyak yang Penasaran, Berapa Biaya Servis Mobil Wuling?

Interior Wuling Victory
Interior Wuling Victory (Foto: Media.gm)

Jakarta – Biaya servis mobil Wuling memang banyak yang belum tahu. Mobil merek asal Cina ini sebenarnya punya biaya servis yang lumayan terjangkau.

Tapi sayang, stigma masyarakat akan merek Cina ini kian merebak dan selalu mengundang hujatan. Padahal, biaya servis mobil Wuling bisa dibilang jadi salah satu yang termurah.

Bahkan penyakit atau kelemahan yang sering ditemui mobil ini juga tidak terlalu banyak. Cuma karena ini adalah merek Cina, banyak dari mereka yang ogah duluan mendengar nama Wuling.

Karena cukup penasaran dengan biaya servis mobil Wuling ini, kami pun segera mendatangi salah satu bengkel langganan Wuling. Bengkel tersebut adalah Korea Timorer Motor (KTM) yang biasa menangani merek Wuling. 

Hendra Susanto, selaku pemilik bengkel dan Presiden Wuling Club Indonesia (WLCI) mengaku jika sebenarnya biaya servis mobil Wuling tidak terlalu mencekik. 

“Sebenarnya untuk biaya servis mobil Wuling ini tidak terlalu mahal ya. Karena kalau dihitung, biaya kisaran servis mobil Wuling ada di Rp500 ribuan sampai Rp1,1 jutaan,” buka Hendra saat dihubungi Carmudi, Kamis (26/11/2020).

Biaya Servis Mobil Wuling Confero di Bengkel Spesialias

Hendra mengaku untuk melakukan servis di bengkelnya biasanya terdiri dari dua macam; perawatan berkala kelipatan 7.500 km dan 10.000 km. Untuk harganya keduanya jelas berbeda.

“Kalau biaya servis kelipatan 7.500 km itu ada di Rp500 ribuan. Lalu biaya perawatan berkala kelipatan 10.000 km ada di kisaran Rp1 jutaan,” sambungnya. 

Biaya servis mobil wuling
Wuling Maju Motor Bangka (Foto: Dok Wuling Motors)

Harus diingat, biaya servis tersebut merupakan biaya servis yang dipatok untuk unit Wuling Confero. Untuk model lainnya, jelas harganya akan sedikit berbeda karena mengalami penyesuaian.

Pria ramah ini menjelaskan jika ada beberapa komponen yang akan diperiksa saat servis kelipatan 7.500 km.

“Kalau yang 7.500 km ini yang diperiksa biasanya ganti oli mesin, periksa mesin dan bersihkan filter yang ada. Lebih kepada servis ringan,” katanya. 

Sedangkan untuk servis kelipatan 10.000 km ini biasanya pengecekan yang dilakukan akan lebih banyak. Misalnya terdiri dari pemeriksaan ganti oli, memeriksa busi, filter-filter, periksa kaki-kaki, rem, dan beberapa komponen lain. 

Bengkel yang berlokasi di Jl. WR Supratman No.3, Kp. Utan Ciputat, Tangerang Selatan (belakang UIN) ini selalu jadi rujukan bagi pengguna Wuling terutama yang berdomisili di wilayah Jabodetabek atau anggota komunitas WLCI.

Alasannya sederhana, biaya servisnya dinilai cukup ramah di kantong dan tidak memberatkan. 

Biaya Servis Mobil Wuling Cortez di Bengkel Spesialias

Lalu, bagaimana dengan biaya servis mobil Wuling Cortez? Apakah lebih mahal?

“Kalau Cortez biasanya lebih mahal sedikit. Misal servis kelipatan 7.500 km itu Rp600 ribuan dan kelipatan 10.000 km itu Rp1,1 juta,” bebernya. 

Biaya servis mobil wuling
Deretan Wuling Motors Mobile Service

Pemeriksaan yang dilakukan baik Cortez maupun Confero hampir sama. Pengecekan dilakukan sesuai dengan standarisasi bengkel Wuling

Bahkan KTM motor ini saat ini juga sudah menjadi authorized dealer untuk bengkel perawatan mobil Wuling. Karena sudah banyak orang yang membawa Wuling kesayangannya untuk dirawat di bengkel ini. 

Penyakit Mobil Wuling

Ini yang lumayan ditunggu-tunggu. Apa sih yang biasanya jadi penyakit utama dari mobil produksi Wuling? Apakah menyeramkan?

“Kalau penyakit mobil Wuling itu rata-rata di bagian kaki-kaki, suspensi, racksteer, kelistrikan, dan bagian AC-nya. Nah, penyakit itu rata-rata yang paling sering ditemui sama pemakai Wuling,” katanya. 

Biaya servis mobil wuling

Stigma masyarakat awam mengenai mobil merek Cina yang gampang rusak sebenarnya diamini oleh Hendra. Ia mengatakan jika durabilitas dan kualitas dari suku cadangnya harus ditingkatkan kembali.

Supaya konsumen pemakai Wuling menjadi lebih aman dan nyaman.

“Kalau dibilang mobilnya gampang rusak, sih, enggak juga. Karena mesinnya lumayan bandel. Tapi memang durabilitas dan kualitas dari suku cadangnya harus ditingkatkan lagi,” pungkasnya. 

Keluhan Pengguna Wuling

Wuling Confero yang meluncur 3 tahun silam ini punya penyakit salah satunya gejala AC yang tiba-tiba tidak dingin. Terkadang pemilik mengeluhkan hal ini dan mengurangi kenyamanan berkendara pastinya.

Kendati demikian, keluhan pada mobil Wuling Confero ini bukanlah yang paling sering dialami. Ini hanya terjadi di sebagian kecil konsumen saja dan masih bisa diatasi sendiri.

Caranya adalah dengan melepas soket switch pressure yang posisinya ada di bawah selang AC dekat kompresor. Kemudian pemilik bisa mengecek relay kompresor yang ada di fuse box (kotak sekring).

Nah, di dalam kotak tersebut cari saja tulisan compressor relay dan dicabut beberapa menit lalu dipasang lagi. Jangan lupa, soket switch pressure-nya juga dilepas beberapa menit dan dipasang lagi. Cara ini bisa dipakai ketika AC Confero tiba-tiba tidak dingin.

Peresmian Wuling Maju Motor Jambi pada 23 Januari 2019 (Foto: Dok Wuling Motors)

Pada awal 2019 lalu, Wuling Confero dikeluhkan karena napas mesinnya dianggap pendek. Konsumen yang memakainya pun sangat mengeluhkan hal ini karena jelas tidak nyaman.

Salah satu konsumen mengaku mobil tiba-tiba ngempos saat sedang digas atau ketika hendak menyalip kendaraan lain. Tapi, pihak Wuling mengatakan jika hal tersebut adalah hal yang normal.

“Ketika RPM sudah 5 ribu, ada namanya limiter RPM. Jadi saat RPM menyentuh angka itu atau di atasnya, los memang. Hal ini dilakukan supaya menjaga mesin mobil itu,” kata After Sales Technical Manager Wuling Motors, Fanda Dritanto dikutip dari Detikcom.

Rev limiter yang ditanam pada Confero merupakan salah satu skema untuk menjaga keselamatan pengguna. Limiter akan secara otomatis mematikan napas mesin pada saat mencapai RPM yang sudah di-set oleh pabrikan.

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Baca Juga: Ternyata Banyak Keluhan Pengguna Mobil Wuling yang Jarang Terdengar

Previous post
Daftar Diler Daihatsu di Jakarta Beserta Harga Mobilnya
BMW Joyfest 2020
Next post
Manjakan Pelanggan, BMW Astra Gelar Joyfest 2020