Berita

Baterai Aion Y Plus Pakai Teknologi Magazine Battery, Sudah Melalui Uji Tembak

Jakarta – Mobil listrik Aion Y Plus dibekali baterai jenis Lithium Iron Phosphate (LFP) yang sudah mengusung teknologi Magazine Battery. Keberadaan teknologi tersebut membuat baterai lebih aman untuk digunakan.

GAC Aion selaku produsen mobil listrik asal China yang mengembangkan teknologi Magazine Battery telah melakukan serangkaian pengujian untuk memastikan baterai aman dari segala kondisi.

Baca Juga: Simak 5 Keunggulan Aion Y Plus, Cocok Untuk Masyarakat Indonesia

Magazine Battery

Magazine Battery (Foto: GAC Aion)

Baterai dengan teknologi tersebut telah diuji pada suhu ekstrem 1.400 derajat Celcius untuk mengetahui kemampuannya dalam meredam panas. Tak cuma itu saja, bahkan pihaknya juga melakukan uji tembak.

“Magazine Battery ini telah memalui uji tembak. Artinya dengan melalui uji tembak lubang yang dihasilkan tujuh sampai delapan kali lebih besar dan kecepatan tembus dari peluru 980 ribu kali lebih cepat daripada pengujian menggunakan middle test,” ungkap Andry Ciu, Chief Executive Officer (CEO) GAC Aion Indonesia, saat acara peluncuran Aion Y Plus, Rabu (19/4/2024) di Jakarta.

“Magazine Battery mampu meredam panas sehingga mencegah timbulnya nyala api yang tentunya hal ini sangat berguna dalam menunjang keselamatan pengguna Aion Y Plus,” sambung dia.

Magazine Battery

Bagian samping Aion Y Plus vitality green (Foto: Santo/Carmudi)

Dengan dibekali teknologi baterai yang canggih pada Aion Y Plus ini, memastikan perlindungan yang tak tertandingi terhadap panas dan pengisian berlebihan, serta bahaya umum baterai lainnya.

GAC Aion mengklaim teknologi magazine battery merupakan yang paling aman di dunia.

Di sisi lain para pengguna pun dapat menghemat waktu pengisian energi baterai yang dapat dicapai dengan waktu pengisian sekitar 45 menit dari 0 hingga 100 persen.

Seperti diketahui, Aion Y Plus yang dipasarkan di Indonesia tersedia dalam dua varian, Exclusive dan Premium. Masing-masing dijual dengan harga Rp415 juta dan Rp475 juta On The Road (OTR) Jakarta.

Baca Juga: Harga GAC Aion Y Plus Rp400 Jutaan, Bulan Depan Dikirim ke Konsumen

Keunggulan Aion Y Plus

Kabin Aion Y Plus (Foto: Santo/Carmudi)

Keduanya dibekali baterai dengan kapasitas yang berbeda, 50,6 kWh dan 63,2 kWh.

Konsumen yang membeli Aion Y Plus akan mendapatkan garansi baterai, motor, dan electronic control selama 8 tahun atau 200 ribu km. Ada juga garansi part kendaraan 8 tahun atau 160 ribu km, gratis servis berkala 5 tahun atau 60 ribu km, dan gratis Aion exclusive wall charger 7 kW.

Penulis: Santo Sirait

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

Download Carmudi di Google Play Store Download Carmudi di App Store

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di santo.evren@icarasia.com

Related Posts