Home » Sumber informasi » Bayar Pajak Mobil Online, Hemat Waktu dan Praktis

Bayar Pajak Mobil Online, Hemat Waktu dan Praktis

Bayar denda pajak mobil
Pajak Motor dan Mobil Bisa Dibayar Secara Online

Jakarta – Pajak kendaraan bermotor menjadi suatu kewajiban yang harus ditunaikan pemilik kendaraan setiap tahun. Seiring perkembangan teknologi, pembayaran pajak motor atau mobil bisa dilakukan secara online. Cara ini dinilai bisa menghemat waktu bagi pemilik kendaraan yang sedang sibuk.

Sebelum era online, pembayaran pajak kendaraan wajib datang ke SAMSAT. Prosedur pembayaran pajak sebenarnya tidak sulit tapi sangat menyita waktu. Maka tak jarang banyak masyarakat kerap lupa atau enggan membayar pajak kendaraan. Kemudian, SAMSAT menciptakan inovasi drive-thru di mana pembayaran pajak bisa dilakukan dengan membawa kendaraan sambil mengantre seperti ketika masuk jalan tol.

Untuk lebih memudahkan pemilik kendaraan menjalankan kewajiban membayar pajak, dan juga memperlancar masuknya pendapatan daerah, maka sejak 21 Juni 2017 Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya membuat terobosan baru dengan meluncurkan aplikasi e-Samsat dan website Cek Ranmor DKI.

Adapun landasan hukum dibuatnya aplikasi Samsat elektronik (e-samsat) ini adalah Peraturan Presiden Nomor 5 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap Kendaraan Bermotor. Melalui kedua kanal ini, pemilik kendaraan bisa mengetahui besaran nilai total pajak kendaraan yang harus dibayar.

Pembayaran PKB & SWDKLLJ e-Samsat DKI Jakarta bisa dilakukan melalui:

  • ATM JakMobile & JakOne Mobile Bank DKI,
  • ATM & Internet Banking Bank BRI,
  • ATM & Internet Banking Bank BTN,
  • ATM Bank BNI,
  • ATM Bank Bukopin dan ATM MayBank.

Dengan demikian, pembayaran pajak kendaraan bisa dilakukan kapanpun. Untuk pengesahannya, kita tetap harus datang ke kantor SAMSAT guna mencetak lembar pajak dan stempel pengesahan di STNK. Namun, kita bisa melakukannya di hari Sabtu atau waktu di mana kita sempat datang ke SAMSAT.

Dengan pembayaran via online ini kita tidak perlu pulang ke kota asal hanya untuk bayar pajak kendaraan bermotor. Kita pun kini tidak perlu lagi meminta bantuan biro jasa atau calo untuk membayar pajak kendaraan akibat tidak punya waktu.

Layanan Pembayaran Pajak Kendaraan via Online

Cek pajak kendaraan bermotor via website

Pembayaran pajak kendaraan yang bisa dilakukan melalui SAMSAT online di Jakarta dan provinsi lainnya hanyalah untuk pajak tahunan. Sementara itu, perpanjangan STNK lima tahunan tidak bisa dilayani, begitu juga dengan denda untuk kendaraan yang terlambat membayar pajak.

Layanan SAMSAT Online tersedia melalui beberapa cara, bisa melalui kantor perwakilan SAMSAT di mall, melalui aplikasi e-commerce yang tersedia untuk beberapa provinsi, atau jaringan e-SAMSAT yang kini terintegrasi di seluruh Indonesia. Pembayaran via online ini juga mengakomodir pemilik kendaraan yang sedang berada di luar kota.

Hal ini tentunya membuat kalian bisa tetap melaksanakan kewajiban sebagai warga negara sekalipun di perantauan. Syaratnya, kota atau provinsi di mana kalian tinggal juga harus memakai sistem e-SAMSAT sehingga bisa saling terintegrasi. Berikut ini daftar situs e-Samsat tiap-tiap provinsi:

  • Nangroe Aceh Darusalam: http://esamsat.acehprov.go.id/
  • DKI Jakarta: http://http://samsat-pkb2.jakarta.go.id/
  • Jawa Barat: http://dispenda.jabarprov.go.id/e-samsat-jabar/
  • Jawa Tengah: http://dppad.jatengprov.go.id/
  • Jawa Timur: http://www.esamsat.jatimprov.go.id/
  • Banten: http://dppkd.bantenprov.go.id/
  • Bali: https://bapenda.baliprov.go.id/e-samsat/
  • NTB: https://bappenda.ntbprov.go.id/
  • Kalimantan Selatan: https://bakeudakalsel.info/
  • Kalimantan Timur: http://www.simpator.kaltimprov.go.id/cari.php

Hal yang perlu diperhatikan, kalian hanya bisa membuka alamat web e-SAMSAT sesuai dangan kota asal dari alamat yang tercantum di STNK. Misalnya saja kamu dengan KTP dan STNK asal Jakarta sedang dinas di Bandung, maka tetap mengakses e-SAMSAT DKI Jakarta. Kalau tidak ingin repot, kita juga bisa mengunduh aplikasi Samsat Online Nasional di Playstore Android atau membuka situs resmi Korlantas.

Cara Bayar Pajak Mobil Online, Bisa di Mana Saja

Aplikasi smartphone bisa untuk mengecek pajak kendaraan bermotor

Setelah kita mengetahui informasi soal besaran pajak kendaraan, kini saatnya untuk melakukan pembayaran. Berikut ini persyaratan untuk bayar pajak kendaraan bermotor melalui SAMSAT online.

  • Kendaraan bermotor keadaan pengesahaan STNK 1 Tahun.
  • Kendaraan bermotor keadaan tidak ganti STNK.
  • Kendaraan bermotor keadaan disertai dengan BPKB, KTP pemilik asli dan STNK.
  • Kendaraan bermotor keadaan tak terlambat lebih dari 1 Tahun.
  • Kendaraan bermotor tidak berkeadaan hilang atau rusak, lapor jual, laka dan kriminal.

Pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui transfer ATM atau mobile banking mensyaratkan untuk identitas di rekening tabungan harus sama dengan KTP, STNK, BPKB Identitas Pemilik Kendaraan Bermotor. Selain itu, nomor ponsel yang digunakan untuk akses mobile banking datanya juga harus teregistrasi sama seperti dengan yang ada di KTP.

Kita ambil contoh registrasi dari aplikasi SAMSAT Online Nasional. Kita harus memasukkan data pada kolom Nomor Polisi, NIK, Nomor Rangka Kendaraan sesuai dengan yang ada di BPKB dan STNK. Kalian akan mendapatkan balasan berupa “kode bayar” yang akan digunakan untuk menyelesaikan pembayaran melalui beberapa bank yaitu Bank DKI, BJB, BNI, BRI, dan BCA.

Berikut ini contoh pembayaran melalui ATM BNI:

  • Masukkan Kartu ATM dan input ATM Anda
  • Pilih Menu Lain.
  • Pilih Menu Pembayaran.
  • Pilih Menu Pajak/Penerimaan Negara.
  • Pilih Menu e-Samsat.
  • Ketik 4 digit Kode Institusi Samsat Nasional (1500) + Kode Bayar, contoh : 150031234242526.

Setelah tagihan muncul dan sesuai dengan data kendaraan berikut pemilik, Carmudian dapat melanjutkan dengan melakukan pembayaran. Simpan bukti transaksi dan bawa bukti pembayaran ke Kantor Samsat terdekat untuk melakukan pengesahan STNK dan pengambilan lembar pajak.

Pembayaran Pajak Mobil Lewat Jaringan Minimarket

Kita bisa bayar pajak di minimarket

Seiring perkembangan pembayaran digital, maka pembayaran pajak kendaraan bisa kita lakukan melalui jaringan minimarket seperti Alfamart dan Indomaret. Namun demikian, belum semua provinsi menerapkan pembayaran pajak online lewat jaringan minimarket, sejauh ini baru di Banten dan Jawa Timur yang sudah melaksanakannya.

Adapun prosedur pembayarannya, wajib pajak ke kasir sebutkan pelat nomor, nomor telepon untuk konfirmasi pembayaran. Kasir akan menginformasikan besaran jumlah pembayaran, termasuk bila ada dendanya. Setelah pembayaran, kalian sebaiknya langsung menukarkan bukti ke UPT atau gerai SAMSAT terdekat pada hari yang sama untuk pengesahan.

Bayar Pajak Mobil via Marketplace

Pembayaran pajak kendaraan bermotor via marketplace

Beberapa marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak juga menyediakan layanan untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor. Fitur ini adalah hasil kerjasama dengan layanan perpajakan di Indonesia untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi.

Kalian tidak perlu lagi membuang waktu berharga dengan antre berjam-jam di kantor Samsat karena sekarang bisa bayar PKB melalui Samsat Online. Untuk Samsat Online di Tokopedia, hanya bisa digunakan untuk wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Sebagai catatan, Tokopedia ini tidak cuma menjadi platform untuk melakukan pembayaran, tapi bisa juga untuk registrasi data sebelum pembayaran. Selain SAMSAT Jawa Timur, registrasi identitas dan kode bayar hanya bisa didapat dari aplikasi Samsat daerah, seperti SAKPOLE untuk Jawa Tengah atau melalui Apliasi SAMBARA untuk wilayah Jawa Barat.

Untuk SAMSAT Jawa Timur, registrasi dan pembayaran pajak motor atau mobil secara online bisa dilakukan langsung melalui platform Tokopedia. Setelah melakukan pembayaran, Anda akan mendapatkan SMS dari SAMSAT ke nomor ponsel yang terdaftar di Tokopedia. Buka SMS tadi, lalu klik link pada SMS tersebut, lalu download E-STNK terbaru Anda.

Pihak Polda Jatim mempermudah proses pembayaran pajak dan pengesahan dengan menerbitkan E-STNK secara online. Apabila pemilik kendaraan tidak mendapat sms notifikasi, kita bisa sms dengan format : JATIMBUKTIBAYAR[no bukti bayar] ke 7070, mohon menunggu 1×24 jam.

Pengambilan Lembar Pajak di SAMSAT

Batas waktu penukaran struk pembayaran untuk pengesahan dari ATM maksimal 30 hari setelah transfer dilakukan. Sementara untuk pembayaran dari minimarket maksimal enam hari untuk pengesahan dari tanggal bayar. Bila melebihi tanggal yang ditentukan dan tidak melakukan pengesahan STNK, maka kendaraan dinyatakan tidak sah secara operasional.

Perlu diingat bahwa pada saat melakukan pengesahan di SAMSAT, Carmudian harus membawa bukti pembayaran, KTP dan STNK yang asli untuk diserahkan ke loket pembayaran. Petugas kemudian melakukan verifikasi dengan mencocokkan data dari KTP berikut STNK dengan data yang ada saat mencetak lembar pajak kendaraan. Setelah verifikasi, petugas akan memberikan lembar pajak yang baru sekaligus membubuhi stempel berikut paraf pengesahan di lembar STNK.

Kita juga bisa melakukan pencetakan melalui mesin cetak SKPD Mandiri di SAMSAT terdekat. Batas waktu penukaran SKPD dan/atau SKKP untuk wilayah Jawa Tengah adalah maksimal 14 (empat belas) hari kalender setelah pembayaran melalui Situs/Aplikasi telah terverifikasi.

 

Penulis: Yongki Sanjaya

Editor: Dimas

Baca Juga:

Perhatikan, Berteduh Sembarangan di Kolong Flyover atau Terowongan Bisa Kena Tilang

DFSK Glory 560 di IIMS 2019
Previous post
Tak Perlu Risau, Hal ini Bikin Pemilik DFSK Glory 560 Merasa Tenang
Next post
Test Drive Mazda CX-30, Mobil Mewah Bertabur Fitur Canggih