Berita Sumber informasi

Bayar Pajak Motor via Aplikasi Online, Begini Prosedurnya

STNK

Bayar pajak mobil atau motor bisa dilakukan online. Foto/Carmudi.

Jakarta – Pada tulisan sebelumnya membahas soal cara bayar pajak motor melalui SAMSAT Drive Thru, kali ini kami bakal menjelaskan cara bayar pajak motor via aplikasi smartphone. Cara tersebut sudah diterapkan di beberapa daerah di Indonesia, antaranya Jawa Barat, Jatim, Jawa Tengah, DKI Jakarta, dan Nangroe Aceh Darussalam.

Sistem yang disebut e-SAMSAT ini bekerja sama dengan beberapa bank yang ditunjuk untuk bayar pajak motor via online. Hal yang perlu Carmudian perhatikan untuk membayar pajak dengan cara ini, terlebih dahulu harus mengunduh Mobile apps Samsat Online Nasional di Playstore Android atau membuka website Korlantas.

Dikutip dari laman resmi BNI, Carmudian perlu melakukan proses pendaftaran data kendaraan di menu kendaraan. Dalam kolom yang tersedia, isi data pada kolom Nomor Polisi, NIK, Nomor Rangka Kendaraan sesuai dengan yang ada di BPKB dan STNK.

Tata Cara Bayar Pajak Motor via Aplikasi Smartphone (Foto: BNI)

Sebagai catatan, pembayaran pajak kendaraan via online ini hanya bisa dilakukan untuk pembayaran normal. Maksudnya, pemilik kendaraan tidak menunggak pajak di tahun sebelumnya atau membayar pajak tahunan yang telat.

Wajib pajak harus memiliki nomor telepon aktif yang bisa dihubungi dan setidaknya punya salah satu rekening bank yang ditunjuk oleh SAMSAT untuk membayar pajak.

Carmudian akan mendapatkan balasan berupa “kode bayar” yang akan digunakan untuk menyelesaikan pembayaran melalui Bank. Tampaknya, cara ini hanya bisa dilakukan oleh nasabah beberapa bank diantaranya BJB, BNI, BRI, dan BCA.

Contoh Bayar Pajak Motor via ATM BNI

Masukkan Kartu ATM dan input ATM Anda, lanjutkan :

  • Pilih Menu Lain.
  • Pilih Menu Pembayaran.
  • Pilih Menu Pajak/Penerimaan Negara.
  • Pilih Menu e-Samsat.
  • Ketik 4 digit Kode Institusi Samsat Nasional (1500) + Kode Bayar.
  • Contoh : 15031234242526.

Setelah tagihan muncul dan sesuai, Anda dapat melanjutkan dengan melakukan pembayaran. Pembayaran berhasil dan simpan bukti transaksi Anda. Selanjutnya, kamu masih harus membawa bukti pembayaran ke Kantor Samsat terdekat untuk melakukan pengesahan STNK dan pengambilan lembar pajak.

Perlu diingat bahwa pada tahapan ini, Carmudian harus membawa bukti pembayaran, KTP dan STNK yang asli untuk diserahkan ke loket pembayaran. Petugas kemudian melakukan verifikasi dengan mencocokkan data dari KTP berikut STNK dengan data yang ada sebelum mencetak lembar pajak kendaraan.(dol)

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: tutus.subronto@icarasia.com

Related Posts