Berita

BBM Pertalite Turun Harga di Tangerang Selatan, Serang, dan Cilegon

Harga BBM Pertalite

Harga BBM Pertalite turun (Foto: Pertamina)

Jakarta – Melanjutkan Program Langit Biru (PLB) dari Pertamina, harga Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertalite turun di Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Serang, dan Kota Cilegon.

Unit Manager Communication, Relation & CSR Marketing Operation Region III Eko Kristiawan mengatakan program tersebut merupakan bentuk dukungan kepada Pemerintah sesuai Peraturan Pemerintah No. 41 tahun 1999. Isinya tentang Pengendalian Pencemaran Udara yang perlu menjadi perhatian seluruh pihak.

Upaya mengurangi pencemaran udara, dapat dilakukan melalui pengendalian emisi gas buang kendaraan bermotor. Salah satunya dengan penggunaan BBM yang lebih berkualitas dan ramah lingkungan. Sebut saja satu di antaranya Pertalite.

“BBM yang lebih berkualitas memiliki kadar oktan (Research Octane Number/RON) tinggi, sehingga lebih ramah lingkungan karena rendah emisi. Selain itu, berdampak positif terhadap performa kendaraan. Serta lebih irit konsumsi BBM, karena pembakaran di ruang mesin lebih sempurna,” ungkap Eko dalam keterangan resminya, Selasa (17/11/2020).

Sayangnya, besaran penurunan harga Pertalite untuk wilayah Serang dan Cilegon tidak disebutkan. Jika mengacu dari program serupa di beberapa wilayah, Pertalite diturunkan menjadi Rp6.450 per liter atau setara harga Premium.

Konsumen bisa menikmati harga murah dari BBM Pertalite di Kabupaten Serang mulai Sabtu (14/11/2020) di delapan SPBU dan Kota Cilegon mulai Minggu (15/11) di dua SPBU Pertamina.

Sedangkan di Kota Tangerang Selatan disebutkan penurunan harga BBM Pertalite sekira Rp800 dari harga normal. Artinya konsumen dapat merasakan performa Pertalite dengan harga Rp6.850 per liter.

Harga jual BBM tersebut hanya berlaku untuk konsumen kendaraan bermotor roda dua dan roda tiga, angkutan umum kota (angkot) serta taksi plat kuning.

“Diharapkan menjadi contoh bagi masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan beralih ke bahan bakar berkualitas. Selain itu dengan harga khusus, kami mengajak pengendara ini mendapatkan customer experience, bahwa dengan BBM berkualitas mesin kendaraannya lebih awet dan bertenaga,” ujar Eko.

Harga BBM Pertalite

Sejalan dengan Program Langit Biru, harga BBM Pertalite turun (Foto: Pertamina)

Pertamina Masih Menyediakan BBM Premium

Meski menggelar promo, Pertamina tetap menyediakan Premium di Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Serang, dan Kota Cilegon.

Pjs VP Corporate Communication Pertamina, Heppy Wulansari menjelaskan bahwa kebijakan penyaluran Premium merupakan kewenangan Pemerintah.

Pertamina berkomitmen terus mengedukasi konsumen untuk menggunakan BBM ramah lingkungan dan yang lebih berkualitas dalam meningkatkan performa kendaraan.

“Pertamina mendorong penggunaan BBM dengan RON lebih tinggi. Selain baik bagi lingkungan juga akan berdampak positif untuk mesin kendaraan dan udara yang lebih bersih,” ujar Heppy.

PLB tambah Heppy, dilakukan Pertamina atas dukungan pemerintah daerah dan kementerian KLHK dalam rangka mengurangi kadar emisi gas buang kendaraan bermotor.

“Untuk tahun mendatang, Program Langit Biru diharapkan akan dapat diterapkan lebih luas. Sehingga kualitas udara di Indonesia bisa lebih baik “tandasnya.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga: Bahan Bakar Premium Bakal Hilang di 3 Pulau Ini Awal Tahun Depan

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts