Home » Mobil » Beberapa Kekurangan Toyota Yaris dan Bagaimana Solusinya?

Beberapa Kekurangan Toyota Yaris dan Bagaimana Solusinya?

Toyota Yaris facelif (Foto: TAM)

Jakarta – Toyota Yaris merupakan salah satu mobil hatchback yang dijual oleh PT Toyota Astra Motor (TAM). Mobil berkapasitas 5 penumpang ini menjadi salah satu mobil yang cukup digemari oleh masyarakat Indonesia. Sebelum kamu membeli mobil ini, terkadang ada beberapa orang yang mencari tahu dulu beberapa kekurangan Toyota Yaris.

Kekurangan dari mobil ini bisa dibilang cukup minor, atau hanya sedikit jika dibandingkan dengan kelebihannya. Sebelum membahas lebih dalam mengenai kekurangannya, ada baiknya kita bahas terlebih dahulu mengenai kelebihannya dulu ya. Agar Carmudian lebih paham mengenai seluk-beluk dari mobil ini.

Toyota Yaris Joker tampil sporty dan stylish dalam acara Yaris Fun Drive 2018 (Foto: TAM)

Tampilan Toyota Yaris

Mobil yang pertama kali dijual di Indonesia pada tahun 2006 ini merupakan model generasi kedua. Sebelumnya di tahun 1998, Toyota memperkenalkan mobil konsep ini di ajang Tokyo Motor Show 1997 dan Frankfurt Motor Show 1997. Sejak kehadirannya pertama kali, masyarakat Indonesia pun banyak yang langsung jatuh hati kepadanya. Mengapa Toyota Yaris ini dilahirkan?

Toyota Yaris dibuat sebagai generasi penerus dari Toyota Starlet sebagai salah satu mobil hatchback Toyota. Pada generasi pertama Yaris di Indonesia, mobil ini dibekali dengan mesin 1NZ-FE. Mesin ini berkapasitas 1.497 cc, 4 silinder, VVT-i. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 109 hp dengan torsi 141 Nm. Mesin ini menjadi salah satu mesin terbaik yang pernah dipakai oleh Toyota.

Toyota Yaris di Indonesia terdiri dari dua generasi, model bulat yang biasa disebut bakpau dan beberapa kali facelift. Untuk model facelift, beberapa orang menyebut tampilannya seperti joker. Sayangnya, Toyota Yaris terbaru bisa dibilang cuma ‘ganti baju’ karena tidak mengalami ubahan mesin.

toyota yaris 2017
mesin 1.5l dibenamkan pada toyota yaris terbaru (toyota)

Toyota Yaris Pakai Mesin Baru

Dapur pacu yang digunakan masih sama dengan generasi kedua, yaitu 2NR-FE dengan kapasitas 1.496 cc. Mesin ini menghasilkan tenaga maksimum sebesar 107 ps dan torsi 14,3 kgm. Untuk tipe TRD Sportivo tersedia pengaturan berkendara dilengkapi pilihan SPORT atau ECO Mode. Sementara untuk transmisi, tersedia dua pilihan transmisi, yaitu 5 manual percepatan atau 7 percepatan otomatis CVT.

Toyota Yaris terbaru alias Yaris Joker memiliki ciri khas desain atap dibuat unik yang membuatnya seolah melayang. Kesan gahar hadir dengan warna piano black lower grille. Khusus untuk Toyota Yaris tipe TRD Sportivo, aura racing dan sporty diperkuat dengan aksen garis merah pada bumper dan dynamic Headlamp dengan red ring.

Bahkan, ukuran Yaris Joker dan Yaris Lele ternyata tidak banyak berubah. Perubahan sebatas desain body karena wheelbase ukurannya tetap. Toyota Yaris memiliki panjang 4.145 mm, lebar 1.730 mm dan tinggi 1.500 mm. Toyota Yaris 2018 tampak tidak berbeda dengan versi Thailand, yang sudah meluncur lebih dahulu. Pada bagian depan mulai dari grill yang menyatu dengan bumper seperti mulut Joker yang ada pada film Batman. Sementara desain lampu utamanya menjadi lebih sipit menambah kesan garang sekaligus sporty.

Wajah Toyota Yaris Lebih Sporty

Bagian muka dilengkapi dengan fog lamp yang diletakkan terpisah dengan lamu utama, tepatnya pada bumper kanan dan kiri bagian bawah. Tampilan luar Yaris terbaru lebih sporty mempunyai desain atap floating roof, dengan side skirt di bawahnya dan kaki-kaki menggunakan velg 16 inci two-tone. Sementara pada bagian belakang, di atap terdapat antena sirip hiu, spoiler, lampu LED, dan bumper baru.

Desain lampu belakang mengalami perubahan dimana sebelumnya melengkung seperti huruf “C” mengikuti panel. Kini seperti alis yang diawali dengan sudut kecil lalu melebar yang dikombinasikan dengan rear lamp membuatnya lebih terlihat lebih tajam. Desain lampu belakang ini dibuat berlapis dan tipis dengan alur garis horizontal sehingga memberikan efek lebar. Kesan agresif ala mobil sport muncul dari rear-roof spoiler dan diffuser dengan desain bernuansa racing.

Untuk menunjang keseimbangan dalam berkendara, butuh rancangan struktur rangka yang kokoh dan kaki-kaki yang didukung suspensi handal. Raksasa otomoif asal Jepang membekali Yaris dengan suspensi tipe MacPherson Strut pada bagian depan dan Torsion Beam pada bagian belakang. Selanjutnya ‘alas kaki’ Toyota Yaris terbaru memakai velg Alloy berdiameter 15 inci dengan balutan ban berukuran 185/60 R15 (standar) dan 16 inci (TRD Sportivo).

Toyota Yaris Baru
Toyota Yaris 2018 tampangnya mirip Batman. Foto/Sales Toyota.

Fitur Berlimpah

Soal fitur, Toyota Yaris generasi baru ini punya cukup banyak fitur. Mulai dari head unit layar sentuh seluas 7 inci HD Display yang menawarkan beberapa menu pilihan entertainment. Antara lain seperti DVD, Radio FM/AM, USB, AUX, Bluetooth (audio dan phone). Untuk tipe G dan TRD Sportivo bahkan dilengkapi dengan beberapa fitur canggih tambahan, seperti iPod ready, miracast, weblink, internet connectivity serta multitasking window dan remote apps melalui smartphone.

Kekurangan Toyota Yaris

Kendati banyak memiliki kelebihan, tetap saja mobil ini memiliki beberapa kekurangan. Apa saja yang menjadi kekurangan Toyota Yaris ini? Ada beberapa hal yang menjadi kekurangan Toyota Yaris. Yang pertama adalah lampu. Lampu yang digunakan pada Toyota Yaris yang ada saat ini masih menggunakan lampu halogen. Lampu halogen ini dinilai menjadi lampu yang kuno, dan dianggap kurang modern.

Selain itu, pendaran cahaya yang dihasilkan dianggap kurang bagus saat di malam hari. Lantas, bagaimana solusinya? Carmudian dapat mengganti lampu halogen ini dengan menjadi projector dengan cara memodifikasi. Modifikasi lampu ini menjadi salah satu hal yang cukup lumrah di dunia otomotif. Selain membuat tampilan menjadi lebih baik, modifikasi lampu ini bisa dilakukan dengan estimasi yang tidak terlalu mahal.

New Yaris
Interior Toyota new Yaris 2018 di baris pertama. Foto/Carmudi.

Hal kedua yang menjadi kekurangan Toyota Yaris adalah radius putar. Radius putar dari mobil ini cukup besar yang artinya harus mengambil ancang-ancang jauh saat hendak memutar balik. Hal ini tentu menjadi salah satu hal yang cukup menyebalkan pada saat hendak mengendarai Toyota Yaris. Lalu, bagaimana solusinya? Cukup mudah, kamu hanya perlu melakukan antisipasi pada saat hendak melakukan putaran balik. Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengganti velg.

Mengubah Tampilan Toyota Yaris

Jika velg standard Toyota Yaris ini berdiameter 16 inci, kalian bisa menggantinya dengan ukuran 13 inci. Lalu, ukuran bannya juga bisa diganti dengan ukuran yang lebih kecil. Hasilnya? Tampilan mobil ini dijamin akan jauh lebih buruk dibanding versi standardnya. Modifikasi macam ini akan mengorbankan tampilan untuk mendapatkan fungsionalitas yang lebih baik. Jadi kamu pilih yang mana?

Hal ketiga yang menjadi kekurangan Toyota Yaris ini adalah ruang bagasi. Fleksibilitas ruang bagasi pada mobil ini tidak lebih baik dibandingkan dengan generasi pertama. Banyak orang mengeluhkan ruang bagasi Yaris ini kurang mampu mengakomodasi barang dengan baik. Lalu, apakah ada solusinya? Solusinya cukup mudah. Dengan tidak membawa barang berukuran besar, kamu sudah dapat menyelesaikan masalah. Jika ingin membawa barang yang panjang dan besar, rasanya kurang cocok jika kamu memakai mobil ini.

New Yaris 2018
Toyota new Yaris 2018 resmi meluncur. Foto/Carmudi.

Nah, itu tadi merupakan beberapa kelebihan dan kekurangan Toyota Yaris yang bisa kalian ketahui. Soal harga, akan kami cantumkan harga terbaru dari Toyota Yaris ini.

Harga Toyota Yaris 2019

E M/T Rp238,3 juta
G M/T Rp246,6 juta
E CVT Rp250,1 juta
G CVT Rp257,6 juta
TRD Sportivo M/T Rp267 juta
TRD Sportivo CVT Rp278,8 juta

*harga tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu

Penulis: Rizen

Editor: Lesmana

Previous post
Vespa Termurah di Indonesia Resmi Meluncur, Harganya Rp 35 Jutaan
Next post
Alasan Utama Mengapa Mobil Listrik Harus Punya Suara