Berita

Bedah Teknologi ADAS yang Bikin Wuling Almaz RS Layak Dibeli

Jakarta – Wuling Motors (Wuling) kembali membuat gebrakan dengan menghadirkan Almaz Rising Star (RS) yang sudah dibekali dengan beberapa teknologi canggih, seperti Internet of Vehicle (IoV), Advanced Driver Assistance System (ADAS), dan Wuling Indonesian Command (WIND).

Ketiga teknologi canggih tersebut menjadi unggulan Wuling Motors di samping fitur modern yang sudah tersemat di Almaz RS. Di antaranya Traction Control System (TCS), start-stop button, 360o Camera, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Stability Control (ESC), Auto Vehicle Holding (AVH), Traction Control System (TCS), Hill Hold Control (HHC) Anti-lock Braking System (ABS), dan masih banyak lagi.

Teknologi ADAS Almaz RS

Wuling Almaz RS IIMS Hybrid 2021 (Foto: Carmudi)

Dari ketiga teknologi canggih tersebut, ada satu yang sangat menarik, khususnya bagi Carmudian yang mementingkan keselamatan berkendara. Teknologi canggih yang dimaksud adalah ADAS.

Ini menarik, karena biasanya teknologi ADAS hanya dimiliki oleh mobil-mobil premium, tapi kini ada di Wuling Almaz RS yang dibanderol tak sampai Rp400 juta pada September 2021.

Teknologi ADAS sengaja di sematkan pada Almaz RS untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat yang semakin beragam. Terlebih bagi mereka yang tidak cuma ingin nyaman dan selamat selama perjalanan, tapi juga memberikan proteksi bagi pengguna jalan lain, seperti pejalan kaki hingga kendaraan bermotor.

ADAS merupakan inovasi yang disematkan pada Almaz RS untuk membantu pengemudi agar berkendara lebih aman dan nyaman.

Teknologi ini menggunakan pemindai radar dan kamera untuk membaca objek dan marka di depan kendaraan sebagai feedback kepada pengemudi melalui beragam fitur yang ada di dalam ADAS.

Lane Departure Warning (Foto: Wuling Motors)

Setidaknya ada 12 fitur yang terdapat di ADAS. Berikut ini daftarnya beserta fungsi dari masing-masing fitur.

Fitur ACC bekerja secara otomatis menyesuaikan kecepatan Almaz RS dengan laju kendaraan di depannya. Dengan adanya fitur ini jarak aman kendaraan akan tetap terjaga.

  • Bend Cruise Assistance (BCA)

Kecepatan laju Almaz RS akan berkurang secara otomatis ketika hendak melalui jalan menikung.

  • Intelligent Cruise Assistance (ICA) dan Traffic Jam Assistance (TJA)

Membantu pengemudi menjaga jarak aman kendaraan saat kondisi jalan ramai lancar.

  • Lane Departure Warning (LDW)

Fitur LDW dapat mendeteksi apabila kendaraan secara mendadak keluar dari lajur seharusnya dan memberikan peringatan kepada pengemudi.

  • Lane Keeping Assistance (LKA)

LKA membantu LDW untuk mengoreksi arah kendaraan agar kembali ke lajur yang benar dan aman.

  • Safe Distance & Braking Assistance yang dibekali Safe Distance Warning (SDW)

Memberikan peringatan ketika kendaraan di depan berada di bawah jarak aman.

  • Forward Collision Warning (FCW)

Mendeteksi adanya potensi tabrakan depan. Pengemudi Almaz RS akan mendapatkan tanda peringatan berupa suara, dan tampilan visual. Bahkan berkat fitur ini mobil dapat melakukan pengereman sekejap.

  • Automatic Emergency Braking (AEB)

Fitur AEB berfungsi untuk melakukan pengereman penuh secara otomatis apabila pengemudi tidak merespons tanda peringatan bahaya tabrak depan yang terdeteksi oleh radar.

  • Intelligent Hydraulic Braking Assistance (IHBA)

Melalui fitur IHBA cahaya dari lampu utama Almaz RS akan disesuaikan secara otomatis mengikuti kondisi pencahayaan di sekitar kendaraan.

  • Collision Mitigation System (CMS)

Apabila terlibat kecelakaan dengan kecepatan tinggi, fitur CMS berfungsi mengurangi laju kendaraan setelah terlibat tabrakan guna meminimalisir keparahan cedera pengemudi dan penumpang serta kerusakan kendaraan.

  • Intelligent Head Beam Assistance (IHMA)

Fitur satu ini akan mengatur perubahan lampu dekat dan lampu jauh apabila Almaz RS berhadapan dengan kendaraan lain yang datang dari arah berlawanan.

Teknologi ADAS Almaz RS

Safe Distance & Braking Assistance yang dibekali Safe Distance Warning (Foto: Wuling Motors)

Tips Berkendara Menggunakan ADAS

Meski sudah dibekali dengan beragam fitur canggih yang masuk dalam paket ADAS, bukan berarti pengemudi bisa berkendara dengan asal-asalan atau menyerahkan semua urusan keselamatan pada kendaraan.

Peran pengemudi masih dibutuhkan agar benar-benar bisa nyaman dan aman selama berkendara.

Supaya lebih nyaman dan aman berikut tips berkendara menggunakan fitur ADAS dari Sony Susmana selaku Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI).

  • Pastikan pengemudi paham fitur ADAS termasuk cara mengaktifkan serta menonaktifkannya
  • Fitur pada ADAS diaktifkan sesuai dengan kebutuhan saja
  • Berkendara dengan proaktif dan bertanggung jawab dengan bantuan ADAS sebagai pendukung untuk memudahkan proses berkendara.

Bend Cruise Assistance (Foto: Wuling Motors)

Harga Wuling Almaz RS

Wuling Almaz RS resmi diniagakan di Indonesia pada Maret 2021. Lini produk ini merupakan flagship di antara model SUV yang dipasarkan.

Sebagai pembeda dari tipe di bawahnya, Almaz RS telah dibekali teknologi IoV dan ADAS, head unit 10,4 inci berpenampilan baru dengan dukungan fitur perintah suara berbahasa Indonesia atau WIND.

Sumber tenaganya masih mengandalkan mesin bensin berkapasitas 1.451 cc DOHC, DVVT dengan turbocharged. Di atas kertas mesin ini diklaim mampu mengeluarkan tenaga maksimal 140 hp pada 5.200 rpm dan torsi puncak 250 Nm pada rentang 1.600-3.600 rpm.

Tenaga dari mesin disalurkan ke roda depan melalui transmisi otomatis jenis CVT.

Harga Almaz RS

Interior Wuling Almaz RS (Foto: Carmudi)

Dengan segala keunggulan yang dimiliki, Wuling Almaz RS dibanderol hanya Rp300 jutaan saja.

Untuk lebih lengkapnya berikut daftar harga on the road Jakarta Almaz RS series setelah mendapat subsidi dari Wuling Motors yang berlaku sepanjang September 2021.

Wuling Almaz RS Series

  • Almaz RS EX 5-seater Rp350,8 juta
  • Almaz RS EX 7-seater Rp360,3 juta
  • Almaz RS Pro 7-seater Rp379,8 juta.

Baca Juga:

 

Penulis: Santo Sirait

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts