Home » Tips dan Trik » Begini Cara Gampang Baca Arti Ukuran Ban Motor

Begini Cara Gampang Baca Arti Ukuran Ban Motor

Ukuran ban motor tertera di bagian dinding, menunjukkan lebar dan tinggi ban

Jakarta – Ban kini tidak hanya sekedar ‘alas kaki’ tetapi juga menunjang penampilan sepeda motor. Bila ingin penampilannya lebih kekar, kita bisa mengganti ban motor dengan ukuran yang lebih besar. Eh, tunggu dulu, kalian semua sudah paham bagaimana cara mengartikan kode ukuran ban motor di bagian dindingnya?

Saat kalian memutuskan ganti ban motor, tentu harus tahu ukuran yang tepat. Jangan sampai ban yang sudah dibeli tidak nyaman dipakai akibat kekecilan atau tapaknya terlalu lebar. Kalian perlu tahu ukuran standar ban milik tunggangan kalian sendiri dan seberapa kenaikannya.

Kalian pasti pernah melihat angka, misalnya 120/70-17 di bagian dinding ban motor. Nah, kode ini adalah ukuran ban. Angka paling depan (120) menunjukkan ukuran lebar tapak ban dalam satuan milimeter. Jadi, lebar tapak ban tersebut ialah 120 mm.

Untuk mengetahui tinggi ban, kita bisa menghitungnya dari angka setelah garis miring. Jika ban tersebut berukuran maka tinggi ban adalah 70 persen dari 120 mm atau 84 mm. Cara menghitungnya dimulai dari permukaan ban yang menyentuh tanah sampai bagian yang terkena pelek.

Angka terakhir di kode ban motor merujuk pada diameter pelek. Ban dengan ukuran 120/70-17 maka memakai pelek diameter 17 inci. Ukuran ini berbeda-beda, ada yang 17 inci, 18 inci, 14 inci, atau bahkan 10 inci tergantung jenis motornya. Untuk itu jangan sampai salah pilih ban untuk motor sport, ada yang berukuran 17 atau 18 inci, lho.

Kode produksi ban motor

Angka terakhir merupakan tanggal produksi ban, ini ditandai dengan empat angka. Untuk bagian yang satu ini cukup penting, karena kita bisa tahu apakah ban itu baru diproduksi atau stok lama di toko. Cara membacanya yaitu dua angka di depan adalah pekan dan dua angka selanjutnya tahun ban itu diproduksi.

Jadi misalnya kamu melihat angka 1319, artinya ban tersebut diproduksi pada pekan ke-13 di tahun 2019. Artinya, ban tersebut masih tergolong baru bila dibandingkan dengan tulisan 0717 yang diproduksi pekan ke-7 tahun 2017.

Ganti Ukuran Ban Motor

Pabrikan sebenarnya memperbolehkan kita untuk mengganti ukuran ban. Namun, penggantian itu ada batasnya yaitu naik atau turun satu tahap dari bawaan standar. Tujuannya, supaya kenyamanan tidak banyak berubah namun penampilan atau pengendalian motor sedikit membaik.

Misalnya saja untuk motor bebek dengan ukuran ban belakang 80/90 17, bisa diganti dengan yang lebih lebar yaitu 90/80 17 atau turun sedikit 80/80 17 supaya terlihat lebih ramping. Penggantian ini tentunya menyesuaikan kebutuhan kalian, tapi sebaiknya tidak mengorbankan sisi keselamatan, ya.

 

Penulis: Yongki Sanjaya

Editor: Dimas

Baca Juga:

Wajib Tahu, Ini 5 Tanda Helm Motor Harus Diganti

DAM Berikan Apresiasi Pada Diler Honda di Jawa Barat
Previous post
DAM Berikan Apresiasi kepada Diler Honda di Jawa Barat
Next post
Lulus Uji Tabrak, Skor Isuzu D-Max Sempurna