HomeTips dan TrikBegini Cara Jumper Aki Motor yang Benar, Biar Enggak Konslet!

Begini Cara Jumper Aki Motor yang Benar, Biar Enggak Konslet!

cara jumper aki motor
Posisi Kabel Saat Jumper Aki Mobil (Foto: Saft7)

Jakarta – Cara jumper aki motor memang ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Jumper aki motor sebenarnya sama saja dengan mobil hanya ada langkah yang berbeda.

Biasanya ada beberapa alasan mengapa aki motor harus di-jumper salah satunya ya karena aki sudah mulai soak.

Tapi harus diingat, jumper aki motor seperti ini hanya bisa dilakukan dalam kondisi darurat alias enggak bisa dilakukan setiap saat.

Terus, bagaimana sih cara jumper aki motor yang baik dan benar? Simak dulu nih beberapa caranya biar enggak konslet.

Siapkan Kabel Jumper

Sebelum melakukan jumper, ada baiknya kamu menyiapkan kabel khusus jumper aki. Tujuannya agar proses jumper jauh lebih aman buat dilakukan.

Ini dikarenakan proses jumper aki yang salah bisa berpotensi menyebabkan kerusakan pada kendaraan yang menjadi jumper bantuan. Dari pada salah-salah, mending disiapkan dulu kabelnya, ya.

Setelah kabel disiapkan, buka cover penutup aki motor kedua kendaraan. Tujuannya biar gampang memasang kabel jumper yang bakalan dipasang di kepala aki.

Setelah cover terbuka, pasanglah kabel jumper sesuai kutub-kutub aki. Kabel merah ditujukan untuk positif, sedangkan yang hitam dipasang ke bagian negatif. Ingat, jangan sampai salah!

Kalau salah pemasangan akibatnya kedua kendaraan bakal dipastikan konslet langsung dan mati di tempat begitu kabel dipasang dengan cara yang salah.

cara jumper aki motor

Motor yang mau menjumper sebaiknya dinyalakan terlebih dahulu. Tujuannya biar tegangan atau voltase listriknya stabil saat melakukan jumper.

Setelah motor menyala dan kabel dipasang sesuai kutub, langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah diamkan beberapa saat. Tujuannya agar motor yang akinya dijumper menyimpan sedikit tenaga di aki yang soak.

Setelah kira-kira 10 detik, motor yang akinya soak bisa langsung dicoba untuk di-starter lewat elektrik starter. Biasanya aki yang soak ini bisa langsung menyala saat beberapa detik dijumper.

Langkah Cara Jumper Aki Motor

Berikut langkah cara jumper aki motor yang benar:

  1. Siapkan kabel jumper
  2. Pasang kabel jumper sesuai kutub
  3. Setelah kabel jumper dipasang di kedua aki, diamkan beberapa saat
  4. Diamkan sekitar 10 detik agar tegangan aki yang soak terisi sedikit
  5. Sambil digas perlahan, motor yang dijumper usahakan sembari melakukan starter
  6. Setelah dijumper, aki motor akan menyala
  7. Pasang kembali cover aki agar tidak terjadi korsleting

Cara Jumper Aki Motor Injeksi

Tapi harus diingat, jumper aki motor biasanya hanya bisa dilakukan pada motor yang punya kapasitor bank. Kalau yang tidak ada, biasanya tidak akan bisa dijumper.

Kapasitor bank sendiri merupakan komponen yang berguna menstabilkan arus listrik. Kasarnya, komponen ini penyimpan energi listrik sementara atau bisa disebut sebagai aki cadangan buat motor injeksi.

Pada motor injeksi, biasanya kapasitor bank ini memberikan tenaga buat injeksi agar bekerja normal. Jadi, kalau motor injeksi yang tidak dilengkapi kapasitor bank rasanya percuma dijumper.

Karena saat kabel jumper dilepas, motor langsung mati karena tidak ada daya yang disimpan. Hal ini membuat suplai daya untuk menjalankan komponen injeksi di motor juga hilang.

Aki Soak Bisa Diperbaiki

Aki motor, baik aki basah maupun aki kering sebenarnya masih bisa diperbaiki agar tegangannya kembali naik. Tegangan atau voltase normal pada aki yang sehat biasanya ada di angka 13,3 sampai 14,3 pada saat motor dinyalakan.

Caranya bisa dilakukan dengan pembersihan terlebih dahulu di bagian dalam aki. Buka tutup aki di bagian atas yang berjumlah 6 buah.

Perbedaan aki basah dan kering
Perbedaan aki basah dan kering

Buang air aki lama pada aki basah dan cuci dengan air panas. Cuci akinya bukan dicuci semuda bagian ke dalam air tapi air panasnya dituang ke dalam bagian dalam aki dan nantinya dibuang kembali.

Setelah dibersihkan, isi dengan air Accu Zuur dan cas beberapa saat. Biasanya pengecasan ini bisa dilakukan selama 1-2 jam untuk mengembalikan performa aki yang sudah mulai soak.

Kalau enggak mau ribet, bawa saja ke bengkel servis aki untuk diperbaiki. Biasanya memakan biaya sekitar Rp30 ribu untuk perbaikan aki motor, sedangkan aki mobil biasanya sedikit lebih mahal.

Tips Menjaga Aki Tetap Awet

Agar aki tetap awet, kamu harus melakukan cara berikut.

  • Bersihkan aki secara berkala
  • Perhatikan beban penggunaan aki pada kendaraan
  • Panaskan mobil secara berkala
  • Cek kondisi alternator agar tetap bisa mengisi dengan baik
  • Apabila Alternator sudah mulai lemah, bisa diservis terlebih dahulu

Cara di atas bisa kamu gunakan untuk memperbaiki aki kering yang sudah mulai lemah. Baik aki mobil maupun motor, cara memperbaiki aki keringnya tetap sama.

Nah, yang penting sih ingat-ingat lagi cara jumper aki motor yang benar. Biar enggak jadi konslet dua-duanya, makanya caranya diperhatikan yang benar.

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Baca Juga: Tips Memilih Bengkel Motor Terdekat yang Bagus, Jangan Sampai Salah Pilih

Suzuki Nex Crossover
Previous post
Suzuki Nex Crossover Meluncur di Indonesia, Harga Rp17 Jutaan
Mobil listrik Lexus
Next post
Akhirnya TAM Jual Mobil Listrik Murni di Indonesia, Tapi Merek Lexus

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *