Mobil

Begini Rasa Berkendara Hyundai Santa Fe 2021 yang Banjir Fitur

Jakarta – PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) resmi memperkenalkan Hyundai Santa Fe terbaru. Hadir mengisi segmen Sport Utility Vehicle (SUV), mobil ini dibekali fitur-fitur canggih. Untuk itu mari kita kupas rasa berkendara Hyundai Santa Fe 2021 dari hasil perjumpaan singkat dengan mobil ini, Jumat (9/4/2021) lalu.

Kebetulan unit yang kami coba adalah Santa Fe 2021 versi bensin tipe tertinggi alias Signature.

Hyundai Santa Fe 2021

Hyundai Santa Fe 2021 (Foto: Carmudi/Mada Prastya)

Seperti diketahui mobil ini hadir dalam dua pilihan mesin, yaitu bensin 2.500 cc dan diesel 2.200 cc. Untuk harga varian bensin mulai Rp569 juta sampai Rp678 juta sedangkan varian diesel dipasarkan antara Rp629 juta sampai Rp729 juta.

Kedua sumber tenaga tersebut bisa dibilang baru walau HMID lebih memilih untuk menyebut mobil ini sebagai facelift. Padahal platform yang digunakannya juga berbeda dibanding versi terdahulu.

SUV Hyundai Terbaru

(Foto: Carmudi/Mada Prastya)

Terkesan Mewah dan Canggih

Terlepas dari hal tersebut, kami melihat kesan mewah dan modern saat bertemu mobil ini secara langsung. Bagian depannya diisi gril berdimensi besar kemudian dikawal lampu proyektor LED di kedua sisinya.

Bagi kami satu hal yang unik adalah bentuk Daytime Running Light (DRL). Mayoritas mobil menggunakan DRL dengan bentuk memanjang ke samping. Tapi milik Santa Fe justru dibuat vertikal.

Hal ini bukan sesuatu yang negatif karena justru membuat mobil terlihat beda dari kebanyakan.

Lalu ketika masuk ke interiornya kita akan disapa dengan nuansa hangat dari penggunaan warna krem. Faktanya, sentuhan semacam ini menjadi salah satu pembeda varian Signature dengan varian-varian di bawahnya yang menggunakan warna full hitam di dalam kabin.

Interior Hyundai Santa Fe

Interior Hyundai Santa Fe Signature (Foto: Carmudi/Mada Prastya)

Sebagai pengendara Anda akan mendapat banyak fitur terutama di varian tertinggi ini. Misalnya saja Driver Attention Warning, Rear Cross Collision Avoidance Assist, Lane Keeping Assist, Blind Spot View Monitor, Blind Spot Collision Avoidance Assist, Forward Collision Assist, hingga sensor hujan.

Semua itu adalah fitur-fitur yang eksklusif hanya tersedia di varian Signature. Nah, dari semua fitur itu, Blind Spot View monitor cukup menarik perhatian. Dengan fitur ini pengendara bisa melihat visual ke arah samping mobil pada instrumen panel ketika lampu sein dinyalakan.

Rasa Berkendara Hyundai Santa Fe Cukup Baik

Hyundai Santa Fe 2021

(Foto: Carmudi/Mada Prastya)

Bukan hal sulit untuk mendapatkan posisi berkendara ideal dengan pengaturan jok elektrik yang dimiliki mobil ini. Visibilitas ke segala arah juga tergolong baik.

Kami mencoba Hyundai Santa Fe 2021 di kawasan Kelapa Gading dengan rute yang sangat terbatas. Sehingga sulit untuk mendapatkan kesan menyeluruh. Tapi yang jelas Anda tetap bisa mendapatkan rasa berkendara yang commanding walau posisi duduknya tidak terlalu tinggi.

Lalu bagaimana dengan tenaga mesin Hyundai Santa Fe?

Mesin bensin yang digunakan Santa Fe terbaru punya kapasitas 2.500 cc dengan tenaga tertinggi 177,5 Hp dan torsi 232 Nm. Dalam kondisi aktual mesin itu dirasa sudah cukup untuk penggunaan sehari-hari seperti yang kami rasakan di minggu lalu.

Penyaluran tenaga dan perpindahan giginya terasa halus lewat sistem transmisi otomatis 6 kecepatan.

Mobil Baru 2021

(Foto: Carmudi/Mada Prastya)

Tapi kalau Anda ingin performa lebih tinggi maka varian mesin diesel bisa menjadi pilihan. Mesin dengan kapasitas 2.200 cc yang dipakai ikut ‘diperkuat’ komponen turbocharger sehingga mampu menghasilkan tenaga lebih tinggi atau lebih tepatnya 199,2 Hp dan torsi 440 Nm.

Khusus mesin diesel bahkan menggunakan transmisi otomatis 8 kecepatan dual clutch yang secara teori bisa melakukan perpindahan gigi secara lebih sigap.

Satu hal lagi yang kami suka dari mobil ini adalah bantingan suspensinya yang terasa pas untuk sebuah SUV.

Simak juga video review Hyundai Santa Fe berikut ini:

Baca Juga:

Penulis: Mada Prastya

Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts