Reviews

Begini Rasanya Test Drive Creta di Area Pabrik Hyundai

Cikarang — Hyundai Motors Indonesia (HMID) mengajak Carmudi bersama awak media otomotif lainnya untuk test driveCreta pertama kalinya. Dalam acara “Media Experience Day with Hyundai”, Kamis (13/1/2022), uji berkendara ini dilakukan di area pabrik Hyundai Motor di Deltamas, Cikarang, Jawa Barat.

Sebagai informasi, Hyundai Creta telah diperkenalkan di Indonesia pada ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021. Model tersebut laris di pasar Tanah Air dengan meraih angka total lebih dari 1.200 SPK (Surat Pesanan Kendaraan) sampai Desember 2021.

Test drive Hyundai Creta. (Foto: Carmudi)

“Hyundai Creta sebagai produk pertama yang diproduksi di pabrik ini adalah wujud komitmen kami agar selalu hadirkan inovasi terbaik bagi Indonesia. Dengan adanya kegiatan ini, kami juga ingin memberi pengalaman berbeda pada semua pecinta otomotif di Tanah Air melalui Hyundai Creta,” ujar SungJong Ha selaku President Director PT Hyundai Motors Indonesia.

Unit yang digunakan untuk test drive adalah Hyundai Creta tipe Prime sebagai tipe tertinggi dengan transmisi IVT. Semua media diberi kesempatan test drive dalam waktu yang terbilang cukup terbatas, kurang lebih satu jam.

Di awal test drive, para jurnalis diajak untuk mencoba akselerasi di Proving Ground Test Track yang dibangun khusus di pabrik Hyundai Motor.

Kesan pertama yang didapat adalah mesin mobil ini terasa cukup bertenaga. Creta dibenamkan mesin bensin Smartstream 1.5L yang dapat menghasilkan tenaga 113,4 hp dan torsi 143,8 Nm.

Carmudi juga sempat test drive di kecepatan hingga 100 km per jam lebih di sekitar kawasan Deltamas, Cikarang yang sepi dan kondisi jalan agak rusak. Suspensinya terasa cukup empuk. Dari sini suspensi MacPherson Strut di bagian depan dan Coupled Torsion Beam Axle (CTBA) pada bagian belakang Creta dinilai dapat bekerja optimal.

Interior Hyundai Creta. (Foto: Carmudi)

Setir kemudi yang terasa pas digenggam menambah kenyamanan selama test drive berlangsung.

Ditambah lagi ada fitur tilt untuk menemukan posisi menyetir yang pas. Kekedapan kabinnya pun baik, tidak terdengar berisik saat melalui jalan umum yang ramai ataupun jalanan agak rusak.

Hyundai Creta juga telah dilengkapi Traction Control Mode yang dapat meningkatkan sistem penggerak roda depan secara otomatis untuk menyesuaikan dengan kondisi jalan.

Dengan demikian, Creta dapat menjamin kenyamanan berkendara bagi pengemudi maupun penumpang saat melalui jalan yang kondisinya ekstrem sekali pun, seperti jalan berpasir atau berlumpur.

Mengenal Hyundai Bluelink

Sebelum test drive, para awak media sempat diperkenalkan dengan teknologi Hyundai Bluelink yang dapat membuat pengguna terhubung dengan Creta melalui smartphone.

Ada beberapa fitur menarik di Hyundai Bluelink seperti Stolen Vehicle Notification (SVN) dan Stolen Vehicle Tracker (SVT) sebagai fitur-fitur keamanan. Ada juga fitur-fitur keselamatan berupa SOS/Bluelink yang dapat terhubung ke call center, Auto Collision Notification (ACN), serta Roadside Assistance (RSA).

Di sisi lain, Creta juga sudah dilengkapi Valet Mode yang membuat pemilik dapat menjaga privasi dan melihat informasi mobilnya. Selain itu, bisa menghidupkan mesin, mengetahui jarak berkendara, dan lainnya yang semuanya terhubung melalui aplikasi Hyundai Bluelink.

Penulis: Nadya Andari

Editor: Dimas

Nadya Andari

Memulai karir sebagai Content Writer di Carmudi Indonesia sejak awal tahun 2019. Lulusan Desain Komunikasi Visual yang suka sekali menulis, seperti cerpen, artikel, dan sebagainya.
Follow Me:

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *