Home » Berita » Begini Tampang Honda Jazz Model 2020 yang Meluncur di China

Begini Tampang Honda Jazz Model 2020 yang Meluncur di China

Honda Jazz varian Crosstar (Foto: Paultan)

Beijing – Tampil perdana di Tokyo Motor Show (TMS) tahun lalu, kini Honda Jazz atau dikenal juga dengan nama Honda Fit generasi keempat resmi dipasarkan di China. Sebelumnya, Jepang dan Eropa telah lebih dulu memasarkan Jazz terbaru. Pemesanan Honda Jazz terbaru akan dibuka pada Juli 2020 dan tiba di diler Agustus mendatang.

Diberitakan Paultan, Honda Jazz untuk pasar China ditawarkan dalam dua varian yaitu Sport dan Crosstar. Keduanya ditenagai oleh mesin bensin empat silinder berkapasitas 1.5 liter. Mesin ini diklaim mampu mengeluarkan tenaga sekuat 129 hp yang distribusikan ke roda depan lewat transmisi otomatis jenis CVT.

Dari segi gaya, Honda Jazz varian Crosstar tampak mirip seperti yang diniagakan di Jepang dan Eropa. Di mana terdapat wheel-arch cladding, jarak body ke aspal lebih tinggi, dan velg berukuran 16 inci.

Jazz varian Sport tak kalah menarik. Pabrikan berlogo “H” itu membuat gril mobil dengan pola sarang lebah. Selain itu dilengkapi juga dengan bumper yang lebih tajam dan agresif. Tata letak kabin pada varian Sport meniru Jazz versi Eropa, meskipun Honda China masih ada membenamkan rem tangan manual bukan yang elektronik.

Honda Jazz varian Sport (Foto: Paultan)

Konsumen di China juga bisa merasakan nuansa beda pada Jazz model 2020. Honda telah menyematkan sistem hiburan terbaru berupa head unit layar sentuh. Kemudian ada juga digital instrument cluster, Honda Sensing, lingkar kemudi dua palang dan punya kombinasi dua warna di interior.

Honda Jazz di Indonesia

PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Honda di Indonesia terakhir kali memasarkan Jazz dengan wajah baru pada 2017. Mobil hatchback generasi ketiga ini punya tampilan lebih sporty dan stylish dibanding model terdahulu.

HPM menawarkan dua varian yaitu Jazz standar dan Jazz RS. Keduanya menggunakan mesin 1,5L SOHC i-VTEC 4 silinder. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 118 hp pada 6.600 rpm dengan torsi maksimal 14,8 kg.m pada 4.600 rpm. Transmisi CVT dengan Earth Dreams Technology diterapkan untuk menghasilkan keseimbangan antara mesin yang responsif dari putaran rendah dan tetap hemat bahan bakar di putaran tinggi.

Fitur keselamatan pada Honda Jazz seperti G-CON ACE yang berfungsi meredam benturan saat terjadi kecelakaan, Dual Front SRS Airbag, Pretensioner with Load Limiter Seatbelt, desain bumper depan struktur pedestrian protection, serta Brake Override System dengan ABS dan EBD. Untuk fitur keamanan ada Smart Key System + Keyless Entry untuk varian RS dan Wave Key System + Keyless Entry untuk varian standar. Kedua varian juga dilengkapi dengan immobilizer dan alarm system.

Interior Honda Jazz 2020 (Foto: Paultan)

Belum diketahui pasti kehadiran Honda Jazz model 2020 di Indonesia. Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM, beberapa waktu lalu sempat mengungkapkan bahwa pihaknya belum mempunyai keputusan apakah Jazz terbaru dibawa ke Indonesia atau tidak. Dirinya beralasan masih mencari varian yang cocok untuk dipasarkan di Indonesia.

Harga Honda Jazz Juni 2020 OTR Jakarta:

Jazz MT Rp250,2 juta
Jazz CVT Rp260,5 juta
Jazz RS MT Rp282,3 juta
Jazz RS CVT Rp292,5 juta.

 

Penulis: Santo

Editor: Lesmana

Previous post
Setelah Rocky, Daihatsu Taft Reborn Resmi Meluncur
Next post
Suzuki Indonesia Diserang Isu Hoax Soal Perawatan Mobil Gratis