Begini Tampang Sangar Yamaha MT-10SP

Cape Town– Pada akhir pekan lalu, Yamaha menghadirkan model terbaru dari sepeda motor berjenis naked bike, Yamaha MT-10SP. Motor ini dibanderol dengan harga sekitar 13.399 paun atau setara dengan Rp 220 juta.

Penampilan naked bike terbaru Yamaha (Dok.Yamaha).
Dibandingkan model sebelumnya, MT-10SP mengusung beberapa perubahan. Motor ini sudah menggunakan quickshifter untuk pemindahan transmisi, dan juga sasis yang direvisi. Hasilnya, MT-10SP terlihat sebagai naked bike berbodi padat dan bertampang beringas.

Detil dari naked bike terbaru lansiran Yamaha (Dok.Yamaha)
Keseluruhan jajaran dari Yamaha MT, mampu menorehkan kesuksesan penjualan. Sejak Yamaha meluncurkan MT-09 untuk kali pertamanya di 2013 lalu, dan diikuti oleh MT-10 pada 2016, diharapkan MT-10SP bisa menorehkan prestasi yang sama.
Pengendaraan dan Performa Yamaha MT-10SP
Yamaha mendesain naked bike terbarunya ini dengan konsep yang sangat sederhana. Kualitasnya, mencomot dari model MT-10. Untuk kenyamanan, dibenamkan semi-active Öhlins Electronic Racing Suspension dari R1M.

Tampilan depan motor terbaru Yamaha (Dok.Yamaha)
Tanpa melakukan perombakan besar pada bagian dapur pacu, tenaga yang mampu disemburkan oleh motor ini sebesar 160bhp, dengan torsi puncaknya mencapai 81.87ftlb. Sampai sekarang, inilah salah satu mesin terbaik yang ada di pasaran.
Mengusung tema ‘Speed of Darkness’ moge naked Yamaha MT-10 SP mendapat sejumlah upgrade dari versi sebelumnya, bahkan penambahan perangkat dari superbike Yamaha YZF-R1M.
Perangkat tersebut yakni instrumen Thin Film Transistor (TFT), LCD meter multi fungsi yang menampilan semua informasi secara detil informasi berkendara.
Sistem pengeremannya masih menggunakan model standar dari MT-10. Sudah ada ABS dan pengontrol traksi, tapi tak terdapat slide control atau cornering ABS. Meski dipandang sebagai komponen dasar, tapi pengontrol traksinya sangat membantu. Hal ini karena dikembangkan dari DNA motor Yamaha MotoGP.

Sisi samping dari naked bike terbaru Yamaha (Dok.Yamaha)
Perbedaan mendasar antara model MT-10 dan SP, hanya terletak pada suspensi yang disematkan. Penggunaan sistem suspensi Öhlins’ semi-active, yang membuat pengendara mampu mengendalikan pergerakan suspensi, membuat pengendaraan semakin menyenangkan.
Menggunakan mesin dengan kapasitas 998 cc Crossplane, 4 silinder yang mampu mengeluarkan tenaga sampai 158 hp pada 11.500 rpm dan 111 Nm torsi pada 9.000 rpm.
Selain itu, performa akselerasi mesin juga diupgrade dengan penerapan teknologi Yamaha Quick Shift System (QSS) yang membuat proses pergantian gigi lebih cepat dan halus tanpa harus menekan tuas kopling ataupun menutup throttle.
Di pasaran, Yamaha MT-10SP akan bersaing dengan BMW S1000R, KTM 1290 Super Duke R, Ducati Monster R, dan Triumph Speed Triple R. Selain itu, Aprilia Tuono V4 1100 Factory, memiliki peluang untuk membuntuti kedigdayaan Yamaha usai menghadirkan versi SP ini. (Dol)

Tampilan belakang naked bike terbaru lansiran Yamaha (Dok.Yamaha)
Yamaha MT-10SP Tech Specs
Engine | 998cc (79×50.9mm) liquid-cooled, DOHC, four-stroke |
Power | 160bhp @11.500rpm |
Torque | 81.87ftlb @ 9.000rpm |
Weight | 190kg (dry) |
Tank capacity | 17l |
Frame | Aluminium Deltabox |
Seat Height | 825mm |
Suspension | front 48mm Öhlins Electronic Racing Suspension semi-active fork, rear single Öhlins ERS semi active shock |
Brakes | 2 x 320mm discs with four-piston radial caliper. 220mm rear disc with two piston caliper |
Colours | Blue and Silver |