Tips dan Trik

Begini Tips Mudah Menghilangkan Karat di Mobil

Bagi pemilik mobil yang usia kendaraannya sudah lebih dari 10 tahun umumnya akan mencari tips tentang cara menghilangkan karat di mobil yang memang secara usia bisa timbul karat di beberapa bagian.

Seiring waktu pemakaian, karat pada mobil ini akan timbul dengan cepat. Jika didiamkan maka karat tersebut akan menyebar dan membuat mobil menjadi keropos.

Efek terparah yang akan diakibatkan karat ini bisa membuat plat pada beberapa bagian bodi mobil menjadi berlubang. Daripada mengalami hal tersebut, Carmudian sebaiknya memahami beberapa tips untuk menghilangkan karat di mobil.

Tips Menghilangkan Karat di Mobil

Gunakan Amplas

Cara termudah menghilangkan karat di mobil bisa dengan menggunakan amplas. Yang terpenting lihat terlebih dahulu kondisi karat yang ada di mobil.

Jika karat yang ada di mobil masih terbilang sedikit atau baru mau timbul, masih bisa dihilangkan menggunakan amplas. Gunakan amplas kasar dan sikat permukaan yang mulai timbul karat.

tips menghilangkan karat di mobil

Karat di body mobil (Foto: wayautobody)

Setelah karatnya hilang, Carmudian bisa melanjutkan dengan menggunakan amplas yang lebih halus. Setelah itu Anda bisa mengaplikasikan cat dasar agar karat tidak timbul lagi.

Cara ini kami sarankan untuk digunakan pada bagian selain bodi. Misalnya ruang mesin, kaki-kaki, bagian bawah bagasi, dan bagian dek bawah jok mobil.

Gunakan Rust Remover

Cara lain yang bisa digunakan untuk menghilangkan karat di mobil bisa dengan memakai cairan rust remover. Cara pakai cairan ini hampir sama seperti di atas.

Pemilik mobil bisa melakukan pengamplasan terlebih dahulu untuk membersihkan, lalu meggunakan cairan ini untuk menuntaskan pertumbuhan karat.

tips menghilangkan karat di mobil

Tips menghilangkan karat di body mobil (Foto: detailxperts)

Umumnya orang yang menggunakan cairan ini untuk membersihkan baut-baut, mur, atau benda lain yang ukurannya kecil. Namun untuk bagian bodi bisa juga menggunakan cairan ini, hanya saja harus berhati-hati jika terkena bagian cat.

Setelah cairan ini diaplikasikan, Carmudian bisa melakukan pembersihan kedua menggunakan amplas atau sikat kawat halus. Setelah itu bisa dilakukan dengan penyemprotan anti karat atau cat dasar.

Lapisi dengan Dempul

Cara selanjutnya bisa menggunakan dempul. Dempul sendiri merupakan komponen yang biasa digunakan ketika hendak melakukan pengecatan mobil.

Dempul berfungsi untuk menutupi celah-celah kecil pada bodi dan membentuk lekukan. Selain itu, dempul bisa juga digunakan untuk menghilangkan karat di mobil.

Sebelum melapisi dengan dempul, pastikan karat tersebut dibersihkan terlebih dahulu dengan amplas atau sikat kawat. Setelah itu baru bisa melapisi bagian yang berkarat dengan dempul.

tips menghilangkan karat di mobil

Tetapi harus ingat, saat menggunakan dempul jangan terlalu tebal. Cukup gunakan dempul dengan tipis-tipis saja agar bagian yang ditutupi tidak kehilangan bentuk.

Setelah dempul kering jangan lupa diamplas lagi bagian tersebut agar lebih halus. Sebagai penutup, bisa dengan melakukan pengecatan di bagian tersebut agar terlihat lebih rapi lagi.

Gunakan Pelumas

Kemudian tips menghilangkan karat di mobil bisa juga dengan memakai pelumas. Sebenarnya cara ini merupakan cara yang ‘kotor’ untuk dilakukan.

Kotor yang kami maksud ini karena bagian yang akan ditutupi pelumas ini akan terlihat lebih jorok. Terlebih ketika bagian tersebut terkena debu, air, atau kotoran yang lama kelamaan akan menjadi seperti lemak jenuh.

Cara ini sebenarnya sudah sangat ditinggalkan dan tidak direkomendasikan. Tetapi kalau Carmudian mau memakai cara ini, sebaiknya lakukan pada bagian kaki-kaki saja.

Penyebab Timbulnya Karat di Mobil

Setelah mengupas secara tuntas mengenai tips menghilangkan karat, sebaiknya ketahui juga apa saja hal yang bisa menjadi penyebab timbulnya karat. Jangan-jangan kebiasaan Anda menjadi pemicu timbulnya karat.

Jarang Cuci Mobil

Umumnya karat akan lebih cepat timbul pada mobil yang jarang dicuci. Terlebih mobil tersebut sering terpapar panas matahari dan kehujanan.

Harus dipahami, air hujan mengandung tingkat asam yang cukup tinggi. Hal inilah yang membuat karat akan lebih cepat muncul pada mobil yang sering diparkir di luar terkena panas dan hujan dalam waktu yang cukup lama.

tips menghilangkan karat di mobil

segera cuci mobil usai terkena hujan jadi salah satu tips menghilangkan karat di mobil (google)

Sebisa mungkin Carmudian rajin mencuci mobil, setidaknya minimal 1 minggu sekali. Tujuannya agar bagian bodi dan kaki-kaki mobil terjaga kebersihannya.

Saat mencuci mobil jangan lupa menggunakan sabun cuci khusus mobil dan hindari memakai sabun cuci piring. Kadar PH yang sesuai pada sabun cuci akan membuat cat mobil menjadi lebih terawat dan lebih kinclong.

‘Luka’ Pada Bagian Plat Bodi

Umumnya karat akan cepat timbul dari ‘luka’ yang ada di bagian bodi. Luka yang kami maksud ini adalah bekas tabrak, sayatan yang membuat plat sedikit penyok, dan goresan yang cukup dalam.

Siapa yang sangka ternyata ketiga hal tersebut jadi salah satu penyebab timbulnya karat. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Jika hal tersebut ada di mobil Anda, usahakan segeralah bawa ke bengkel cat bodi untuk melakukan perbaikan. Jika didiamkan lama kelamaan akan menjadi sumber penyebab karat akibat kotoran, air, dan paparan sinar matahari.

tips menghilangkan karat di mobil

Bengkel cat di kawasan Cibubur dan Depok, Safira Motor.

Sayangnya banyak orang yang malas membawa mobil yang banyak baret untuk ke bengkel. Selain harga perbaikan yang cukup mahal, waktu pengerjaannya umumnya cukup lama.

Setidaknya perbaikan cat pada bodi minimal memakan waktu 2-3 hari pengerjaan. Jika kondisinya lebih parah, maka pengerjaan bisa lebih dari 3 hari itupun tergantung antrean di bengkel.

Hal inilah yang membuat banyak pemilik mobil enggan memperbaiki bodi yang banyak kerusakan. Padahal jika didiamkan juga akan memicu timbulnya karat lebih banyak.

Tinggal di Dekat Air Asin

Untuk pemilik yang tinggal di dekat laut atau kawasan pesisir umumnya harus lebih ekstra lagi dalam melakukan perawatan. Salah satu alasannya adalah kelembaban udara yang sangat tinggi bisa dengan mudah memicu karat.

Porsche 911 Terjebak di Pasir Pantai (Foto: Autoevolution)

Sebisa mungkin Carmudian yang tinggal di dekat laut harus lebih sering mencuci mobil. Harus dipahami juga kalau saat mencuci gunakan air tawar atau tidak memakai air di dekat tempat tinggal.

Kenapa? Ditakutkan air tersebut sudah terkontaminasi oleh kadar garam yang tinggi.

Banyak Tanah

Pernah melewati jalanan yang penuh lumpur? Ingat, ternyata tanah ini bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya karat pada mobil, lho!

Tanah yang menempel pada bagian mobil seperti bodi, kaki-kaki, dan kolong jika tidak segera dibersihkan akan menjadi karat. Sebisa mungkin bersihkan mobil ketika setelah melewati jalan yang berlumpur atau banyak kotoran dari tanah.

Tanah yang mengering ini jika didiamkan dalam waktu lama akan berubah menjadi karat. Coba cek kolong mobil Anda, kira-kira warnanya coklat atau abu-abu akibat debu normal.

tips menghilangkan karat di mobil

Rel Sliding Door Kotor / tips menghilangkan karat di mobil

Beberapa tips cara menghilangkan karat pada mobil di atas ini bisa digunakan. Akan tetapi pemilik mobil wajib melihat kondisi karat yang ada di mobil.

Jika memang kondisinya cukup parah, sebaiknya bawa ke bengkel perbaikan bodi untuk di cat agar tidak semakin menyebar. Karat yang ada di mobil umumnya akan dengan cepat menyebar dalam waktu singkat tanpa disadari.

Daripada karatnya semakin menyebar, akan lebih baik pertumbuhan karat tersebut dihentikan sedini mungkin. Semua tergantung kepada pemilik mobil, mau menghilangkan karat sendiri atau dibawa ke bengkel.

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts