Belum Sebulan Penjualan Innova Zenix Capai 4.000 Unit, Varian Hybrid Terlaris
Jakarta — Walaupun baru meluncur pada 21 November lalu alias belum genap sebulan, Toyota sudah mencatatkan penjualan All New Kijang Innova Zenix sebanyak 4.000 unit.
Dari seluruh angka pemesanan tersebut, Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengeklaim bahwa 80% pemesanan didominasi oleh varian hybrid.
“Pesanan atau SPK Kijang Innova Zenix ini sudah mencapai 4.000 unit. Bahkan 82% pemesanan ini didominasi 2 tipe yang terdiri dari Innova Zenix Hybrid. Sementara tipe Q Hybrid TSS pemesanannya 1.578 unit,” katanya di Senayan, Jakarta, Kamis (8/12/2022).
Jika melihat hasil tersebut, Innova Zenix bisa dibilang mendapatkan penerimaan yang cukup baik di mata masyarakat Indonesia.
Di kesempatan yang sama, Henry Tanoto selaku Vice President PT TAM membeberkan penjualan Toyota sejak Januari hingga November 2022.
Menurutnya total penjualan kendaraan roda empat di pasar otomotif nasional sudah lebih dari 941.000 unit.
Angka tersebut mengalami peningkatan 19,2% jika dibandingkan pada periode yang sama di tahun 2021 lalu.
Pada tahun ini Toyota membukukan penjualan lebih dari 303.000 unit atau mengalami peningkatan sebesar 15,2%.
Hal tersebut membuat market share Toyota di tahun ini mengalami peningkatan 32,3%.
Adapun 3 model penyumbang penjualan terbesar adalah:
- Avanza 55.576 unit
- Rush 41.470 unit
- Kijang Innova 40.926 unit
“Kami bersyukur ini juga mendapat respons positif dari pelanggan yang terlihat dari pertumbuhan pejualan di atas 15,2% sehingga market share kami kini di posisi 32,2%,” ujar Henry Tanoto dalam kesempatan yang sama.
Komitmen Carbon Neutrality
Pada tahun ini TAM juga memperkenalkan beberapa model kendaraan elektrifikasi baru guna menguatkan komitmen dalam upaya menekan carbon neutral.
Hal ini bertujuan mendukung carbon neutrality yang digaungkan Pemerintah dengan target Indonesia Net Zero Emission (NZE) di tahun 2060.
Hadirnya Kijang Innova Hybrid diharapkan bisa menekan angka karbon yang dihasilkan oleh kendaraan.
“Toyota secara total telah memasarkan lebih dari 7.814 unit kendaraan elektrifikasi, dan juga telah berkontribusi menekan emisi karbon hampir 8.500 ton,” jelas Henry.
TAM juga mulai menginisiasi satu proyek yang lebih besar dalam upaya mencapai carbon neutrality dengan meluncurkan program kampanye lingkungan hidup bertema “Its Time For Everyone”.
“Sebagai langkah awal dari kampanye ‘Its Time For Everyone’, TAM melakukan pengadaan waste management melalui pengadaan waste station. TAM bekerja sama dengan Rekosistem untuk membangun waste station di berbagai titik di Pulau Jawa hingga 2023 dan jumlahnya akan terus bertambah setiap tahunnya,” sambung Henry.
Penulis: Rizen Panji
Editor: Dimas
Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini!