BeritaEventMobilProdukSumber informasi

Bengkel Mitra Suzuki Juga Bisa Terima Servis Merek Lain

Tangerang – Tahun ini PT Suzuki Indo Mobil Sales (SIS) melakukan gebrakan strategi “moncer” untuk menunjang kegiatan after sales. Baik untuk roda dua maupun roda empat dengan membuat bengkel Mitra Suzuki.

Seperti diketahui, saat ini produk Suzuki roda empat maupun roda dua telah menjangkau hampir ke seluruh kabupaten di Indonesia. Ini tentu saja diperlukan strategi khusus untuk memperlancar kegiatan servis purna jual untuk konsumen Suzuki di seluruh Indonesia.

PT SIS menjalin kerja sama dengan pemilik bengkel umum untuk menjadi anggota jaringan bengkel Mitra Suzuki. Bekerja sama dengan main dealer Suzuki yang ada di area bengkel-bengkel umum tersebut berada.

Peluang kerja sama ini akan memungkinkan bengkel umum memiliki kecakapan lebih terkait produk Suzuki. Yang merupakan hasil dari pelatihan-pelatihan yang disiapkan bagi setiap bengkel Mitra Suzuki.

“Kami melihat potensi bengkel Mitra Suzuki sebagai bagian dalam memberikan layanan terbaik para
konsumen Suzuki. Bisa dikatakan ini sistem ” jemput bola”, kami memudahkan konsumen mendapatkan servis purna jual dalam jangkauan area yang lebh luas,” ujar Riecky Patrayudha Head of Service SIS.

Untuk menunjang kualitas pelayanan Bengkel Mitra Suzuki, SIS juga memberikan pelatihan. Meningkatkan pengetahuan mekanik terhadap produk-produk baru, keterampian melakukan perbaikan umum. Selain itu bengkel Mitra Suzuki juga akan mendapat petunjuk manual sebagai acuan.

Syarat Jadi Rekanan Bengke Suzuki

Walaupun banyak bengkel umum yang berminat menjadi bengkel Mitra Suzuki, pihak SIS melakukan penyeleksian dengan mengedepankan komitmen kerja sama antara pemilik Bengkel Mitra & Main Dealer wilayah.

Beberapa syarat yang ditetapkan bagi bengkel umum diantarnya mempunyai lokasi strategis, memiliki NPWP. Serta memiliki jumlah minimal stall kerja dan teknis, memiliki alat kerja yang layak, dan siap mengikuti pelatihan yang ditentukan.

Sebagai informasi saat ini terdapat total 328 Bengkel Mitra Suzuki yang tersebar di Indonesia. Untuk bengkel Mitra Suzuki Roda Empat terdapat di 122 lokasi.

Persebarannya berada di Sumatera dengan jumlah 43 bengkel, di Sulawesi sebanyak 13 bengkel, 41 bengkel di Jawa. Serta 11 bengkel di wilayah Bali NTB/NTT, 12 bengkel di Kalimantan, serta dua bengkel untuk Indonesia Bagian Timur.

Sedangkan bengkel Mitra Suzuki roda 2 sebanyak 206 lokasi. Bengkel Mitra Suzuki telah berjalan pada tahun ini dengan persebaran wilayah di Sumatra sebanyak 43 bengkel, Jawa sebanyak 156 bengkel. Dan Bali/NTB/NTT sebanyak 7 bengkel.

Bengkel Mitra menjadi opsi untuk membangun kerja sama antara pengusaha lokal dengan main dealer untuk pengembangan potensipasar otomotif.

Bengkel Mitra Bisa Layani Merek Lain

Dengan keberadaan Bengkel Mitra suzuki, konsumen akan mendapatkan pelayanan untuk servis, perawatan berkala. Meliputi penggantian busi, oli mesin, oli transmisi, rem, serta pembersihan injektor atau karburator.

Selain itu juga dapat menemulan Suzuki Genuine Parts dan Suzuki Genuine oil untuk kebutuhan suku cadang kendaraan Suzuki yang onsinil dan terpercaya.

Selain itu bengkel Mitra Suzuki juga bisa melayani merek lain, dimana sebelumnya menjadi bengkel biasa.

“Kami tidak membatasi kalau pihak bengkel yang bekerja sama dengan kami menerima servis merek lain. Kami tak memasang target harus berapa merek Suzuki yang masuk di bengkel tersebut. Intinya kami ingin menanamkan kepercayaan konsumen,” ujar Riecky . (Penulis: Dio)

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts