Sumber informasi

Bensin Pertamax Turbo, Nih Syarat Mobil yang Cocok Meminumnya

Bensin Pertamax Turbo menjadi salah satu jenis bahan bakar yang bisa ditemui di pom-pom bensin Pertamina. Sebelum menggunakannya, Carmudian tentu perlu mengetahui terlebih dahulu harga hingga spesifikasinya, seperti angka RON dan mobil yang cocok menggunakan Pertamax Turbo.

Pertamina Akan Luncurkan BBM Euro4 di GIIAS 2017ertamax Turbo

Pertamax Turbo produksi Pertamina. Foto/Pertamina.

Pertamina pertama kali meluncurkan bahan bakar ini pada tahun 2016. Munculnya Pertamax Turbo memiliki cerita cukup menarik karena bukan semata-mata didasari permintaan pasar. Melainkan jawaban Pertamina terhadap tantangan untuk membuat bahan bakar spek balap.

Tantangan tersebut datang dari pabrikan supercar asal Italia, Lamborghini, yang membutuhkan bahan bakar berkualitas untuk mobil-mobil balapnya. Gayung bersambut dan Pertamina pun melihat adanya kesempatan untuk menciptakan produk baru sesuai permintaan tersebut.

Dari situ lahirlah Pertamax Turbo sebagai bahan bakar bensin dengan RON 98. Itu artinya yang paling tinggi dibandingkan bensin dari Pertamina lainnya, seperti Pertaline (RON 90) dan Pertamax (RON 92).

Dalam kerjasama yang terjalin antara Lamborghini dan Pertamina, perusahaan pelat merah tersebut memegang status sebagai technical partner.

Pada akhirnya Pertamax Turbo bukan hanya digunakan sebagai bahan bakarnya mobil balap, melainkan turut dijual ke masyarakat umum. Pemilik mobil atau motor bisa mendapatkanya di mayoritas pom bensin Pertamina yang tersebar di Indonesia.

Namun, jangan sembarangan menggunakannya. Seperti bahan bakar pada umumnya, bensin Pertamax Turbo juga memiliki spesifikasi khusus yang perlu disesuaikan dengan kendaraan. Dengan kata lain tak semua kendaraan cocok menggunakan bensin jenis ini.

Spesifikasi dan Keunggulan Bensin Pertamax Turbo 

Bensin Pertamax Turbo

Bensin Pertamax Turbo dicirikan dengan nozzle warna merah. (Foto: Freepik)

Walau lahir sebagai bahan bakar untuk mobil balap, tapi kehadiran Pertamax Turbo juga sejalan dengan kondisi pasar otomotif Indonesia. Sudah bukan rahasia lagi kini makin banyak mobil-mobil mewah atau supercar yang bermunculan.

Dalam laman resminya, Pertamina mendeskripsikan Pertamax Turbo sebagai produk unggulannya dengan RON tertinggi, yaitu 98. Oleh karena itu bahan bakar ini cocok untuk memenuhi kebutuhan kendaraan bermesin bensin dengan teknologi tinggi.

Spesifikasi Pertamax Turbo
RON 98
Kandungan Sulfur < 50 ppm
Standar Emisi EURO4
Teknologi  PERTATEC dan Ignition Boost Formula

Pertamina mengungkapkan bahan bakar ini setidaknya memiliki tiga keunggulan, yakni:

  • Ramah Lingkungan

Pertamax Turbo diklaim sebagai bahan bakar yang ramah lingkungan. Dengan spesifikasi RON 98 dan kandungan sulfur di bawah 50 ppm, bahan bakar ini disebut menghasilkan gas buang dengan kadar karbon yang rendah.

  • Akselerasi Kendaraan Bagus

Bahan bakar ini dikembangkan dengan tujuan untuk digunakan pada mobil balap. Otomatis aspek performa mendapatkan perhatian yang besar. Pertamax Turbo diklaim dapat meningkatkan akselerasi dan kecepatan kendaraan.

  • Ignition Boost Formula

Pertamina mengambangkan Ignition Boost Formula untuk menjaga mesin dari karat sekaligus membuat mesin lebih tahan lama. Selain itu, formula ini juga menjanjikan pemakaian bahan bakar lebih efisien.

Pertamax Turbo Cocok untuk Mobil Apa?

Pertamax Turbo

Bensin oktan tinggi bisa jadi pengganti campuran Octane Booster. (Foto: Pertamina)

  • Kendaraan teknologi tinggi dengan turbo injection
  • Kendaraan dengan turbocharger atau supercharger
  • Kendaraan dengan perbandingan kompresi mesin mulai dari 12:1

Pertamax Turbo cocok digunakan untuk mobil yang memiliki perbandingan kompresi mesin minimal 12:1 atau mobil-mobil yang dilengkapi turbocharger atau supercharger.

Melalui “kemasan” Pertamax Turbo sebagai bahan bakar mobil balap yang menjanjikan peningkatan performa, wajar jika banyak konsumen tertarik untuk mencobanya.

Namun, tentunya memilih bahan bakar tidak bisa sembarang karena harus disesuaikan dengan spesifikasi mesin. Terkait hal itu pun beredar beberapa cara untuk menentukannya. Cara paling mudah ialah melihat rekomendasi yang diberikan oleh Pertamina sendiri.

Dalam keterangan resmi pada saat Pertamax Turbo baru diluncurkan, dijelaskan bahwa bahan bakar ini cocok digunakan untuk kendaraan bermesin teknologi tinggi dengan turbo injection, kendaraan dengan yang memiliki turbocharger atau supercharger, dan kendaraan yang memiliki kompresi mesin mulai dari 12:1.

Menggunakan bahan bakar yang tak sesuai spesifikasi memiliki beberapa efek samping. Ketika bahan bakar yang dipilih memiliki RON lebih rendah dari seharusnya maka tenaga mesin seolah-olah akan tertahan. Dengan kata lain mobil menjadi seperti kurang bertenaga.

Lalu jika menggunakan bahan bakar dengan RON lebih tinggi maka bahan bakar tidak akan terbakar dengan sempurna yang berujung pada munculnya kerak karbon berlebih.

Berapa Harga Bensin Pertamax Turbo?

Di kebanyakan daerah Pertamax Turbo dijual dengan harga Rp14.500 per liter. Namun, tidak seperti bahan bakar subsidi yang harganya seragam, harga Pertamax Turbo memiliki perbedaan untuk beberapa daerah.

Lebih lengkap mengenai informasi harga Pertamax Turbo dapat disimak pada tabel di bawah ini yang dirangkum dari laman MyPertamina, 15 Juni 2022.

Harga Pertamax Turbo Terbaru

Prov. Nanggroe Aceh Darussalam Rp14.500
Prov. Sumatera Utara Rp14.800
Prov. Sumatera Barat Rp14.800
Prov. Riau Rp15.100
Prov. Kepulauan Seribu Rp15.100
Kodya Batam Rp15.100
Prov. Jambi Rp14.800
Prov. Bengkulu Rp15.100
Prov. Sumatera Selatan Rp14.800
Prov. Bangka Belitung Rp14.800
Prov. Lampung Rp14.800
Prov. DKI Jakarta Rp14.500
Prov. Banten Rp14.500
Prov. Jawa Barat Rp14.500
Prov. Jawa Tengah Rp14.500
Prov. DI Yogyakarta Rp14.500
Prov. Jawa Timur Rp14.500
Prov. Bali Rp14.500
Prov. Nusa Tenggara Barat Rp14.500
Prov. Nusa Tenggara Timur Rp14.500
Prov. Kalimatan Barat Rp14.800
Prov. Kalimantan Tengah Rp14.800
Prov. Kalimantan Selatan Rp14.800
Prov. Kalimantan Timur Rp14.800
Prov. Kalimantan Utara Rp14.800
Prov. Sulawesi Utara Rp14.800
Prov. Gorontalo Rp14.800
Prov. Sulawesi Tengah Rp14.800
Prov. Sulawesi Tenggara Rp14.800
Prov. Sulawesi Selatan Rp14.800
Prov. Sulawesi Barat Rp14.800
Prov. Maluku
Prov. Maluku Utara
Prov. Papua Rp14.800
Prov. Papua Barat

Apa Bedanya Pertamax dan Pertamax Turbo?

Perbedaan Pertamax dan Pertamax Turbo utamanya terletak pada RON kedua jenis bahan bakar tersebut. Pertamax merupakan bahan bakar RON 92 sementara Pertamax Turbo adalah RON 98.

Hal tersebut pada akhirnya membuat masing-masing bahan bakar memiliki peruntukannya sendiri tergantung perbandingan kompresi mesin. Perbedaan lainnya dari Pertamax dan Pertamax Turbo adalah pada segi harga.

Saat artikel ini dibuat Pertamax dipasarkan pada rentang harga Rp12.500—13.000 per liter. Di lain sisi harga Pertamax Turbo terkini adalah Rp14.500—15.100 per liter.

Pertamax Turbo Cocok untuk Motor Apa?

Pada prinsipnya Pertamax Turbo cocok untuk kendaraan dengan perbandingan kompresi 12:1. Hal ini berlaku untuk kendaraan roda empat maupun sepeda motor.

Perbandingan kompresi mesin itu sendiri dapat ditemui pada lembar spesifikasi setiap kendaraan. Tak perlu memaksakan atau sengaja menggunakan Pertamax Turbo jika mesin kendaraan tidak memenuhi spesifikasi.

Hal tersebut dapat dikatakan percuma karena tidak akan mendatangkan performa yang diharapkan. Di lain sisi, pengeluaran dana untuk membeli bahan bakar justru menjadi lebih besar.

Demikianlah ulasan mengenai bensin Pertamax Turbo dan serba-serbinya. Termasuk mengenai harga, spesifikasi, dan kelebihan. Walau tak semua kendaraaan cocok menggunakan bahan bakar ini, keberadaannya tetap diperlukan sebagai pilihan bagi pemilik kendaraan premium.

Penulis: Mada Prastya
Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts

/