Home » Sepeda motor » Beragam Masalah pada Suzuki GSX-R150, Kadang Penyebabnya Cuma Error

Beragam Masalah pada Suzuki GSX-R150, Kadang Penyebabnya Cuma Error

Masalah di Suzuki GSX-R150 biasanya seputar kelistrikan (Foto: Indianautosblog)

Jakarta – Suzuki GSX-R150 merupakan salah satu motor dengan teknologi canggih namun dengan harga relatif terjangkau di antara motor sejenis. Penyematan banyak sensor di dalam mesin GSX-R150 menghasilkan kinerja yang sangat baik pada motor ini. Sebagai produk yang tergolong baru, kita perlu tahu masalah yang kadang muncul di Suzuki GSX-R150.

Bagi pengendara motor pemula, masalah seperti lampu MIL menyala bisa membuat panik. Untuk itu kita perlu tahu gejalanya, sehingga apabila muncul masalah di Suzuki GSX-R150 bisa cepat ditangani.

Suzuki GSX-R150 adalah paket menarik motor sport fairing mesin kecil. Posisi berkendara cukup menunduk, seperti pada motor sport fairing yang digunakan untuk balap. Bobotnya juga ringan dengan tinggi duduk yang pas, untuk rata-rata orang Indonesia dengan tinggi 160-175 cm.

Sebab, motor ini dimensinya memang lebih kecil dibanding Yamaha R15 yang bongsor. Namun dengan desain sporty dan ban cukup besar, motor kelihatan berotot dan macho.

GSX-R150 juga menjadi motor powerful dengan tenaga cukup nendang. Motor ini tenaganya lebih ganas dari kompatitornya, yaitu CBR150.

GSX-R150 menggendong mesin satu silinder 147,3 cc DOHC 4-valve berpendingin cairan. Semburan tenaganya mencapai 18,9 hp pada 10.500 rpm dan torsi 14 Nm pada 9.000 rpm.

Karakter GSX-R150 dan tenaga yang dihasilkan ini begitu khas motor sport. Ini membuat sebagian besar penggunanya dari kalangan anak muda yang gemar kecepatan. Namun, tidak semua yang doyan ngebut paham dan juga suka oprek motor.

Agar kalian tidak bingung, berikut ini gejala-gejala kerusakan atau masalah yang muncul di Suzuki GSX-R150.

Mesin Susah Hidup, Masalah Klasik Suzuki GSX-R150

harga promo
Aki tekor jadi penyebab Suzuki GSX-R150 susah hidup (dok.Suzuki)

Motor kesayangan kadang bisa kita ditinggal dalam jangka waktu yang cukup lama untuk urusan pekerjaan atau menuntut ilmu di kota lain. Namun, ketika kalian sebagai pemilik motor kembali pulang ke rumah, menemukan kondisi mesin GSX-R150 yang susah dinyalakan.

Setelah kunci kontak diputar ke posisi On, starter tidak kuat menghidupkan mesin. Ini jelas merepotkan, karena GSX-R150 tidak tersedia kick starter. Kondisi sulit hidup ini biasanya disebabkan karena aki tekor.

Akibat motor ditinggal dalam waktu lama, tidak ada pengisian ke aki. Sementara itu, aki yang terus terpasang tetap mengaliri daya listrik skala kecil ke sistem kelistrikan motor. Karena tidak ada pengisian selama sekian waktu, daya listrik di aki pun banyak berkurang.

Ketika jalur kelistrikan pada aki motor tidak diputus pada waktu yang lama sementara mesin motor tidak dinyalakan, maka arus listrik dari aki akan terus mengaliri komponen-komponen listrik pada motor. Sementara aki tidak dipasok arus balik dari spul yang diam, akibatnya aki jadi tekor.

Lakukan pengecasan (charge) aki selama kurang lebih 4 jam sebelum menyalakan motor kembali. Jika sekiranya tidak ada charger, bisa lakukan jumper dengan aki lain yang voltasenya baik. Setelah hidup, kendarai motor dengan putaran mesin agak tinggi supaya spul mengisi daya ke aki lebih kuat.

Jangan Panik Saat MIL Suzuki GSX-R150 Menyala

Saat MIL Nyala, perlu cek melalui diagnostic tools (Foto: Sooko)l

Kalian pasti akan panik dan bingung bila tiba-tiba saja lampu MIL menyala sedangkan motor tidak bermasalah saat dikendarai. Motor yang awalnya normal tiba-tiba muncul pemberitahuan pada display speedometernya tulisan “FI” yang berkedip dibarengi dengan lampu simbol FI menyala berwarna jingga (oranye).

Kondisi seperti ini bisa saja muncul sekalipun motor belum lama diservis. Namun, tidak ada yang berubah pada performanya, speed dan powernya masih tetap sama seperti biasanya.

Jangan khawatir, karena kondisi ini kadang cuma error karena socket switch select tertekan beban cukup berat atau bisa juga setelan kopling terlalu dekat.

Periksa socket switch select yang terdapat di dalam jok belakang, kemudian atur posisinya hingga mendapatkan cukup ruang dan tidak tertindih atau terbebani barang lain. Jika masih bermasalah, atur ulang setelan kopling ke setelan normal atau setelan jauh.

Ini Masalah Saat Lampu Keyless Suzuki GSX-R150 Menyala

fitur unggulan
Keyless Ignition, teknologi yang untuk kali pertama diterapkan pada segmen motor sport

Suzuki GSX-R150 menjadi pelopor motor sport 150 cc yang dilengkapi fitur keyless. Nah, seiring pemakaian bisa saja terjadi error pada sistem keyless.

Ini ditandai dengan lampu Indikator keyless menyala terus setelah memarkirkan motor dan mematikan switch kontak. Seharusnya, pada keadaan normal, lampu indikator ini akan padam setelah knob kontak diputar ke posisi “off”.

Untuk masalah error ini, penyebabnya karena soket kelistrikan bermasalah. Cara mengatasinya yaitu periksa bagian soket kelistrikan pada bagian Keyless Controller.

Bongkar cover atau fairing motor, kemudian lepaskan kabel yang terhubung pada aki untuk memutus arus listrik dari aki. Periksa dan bersihkan semua soket kelistrikan terutama pada bagian Keyless Controller.

Pada bagian soket ini sangat sensitif pada kotoran, air dan benda asing lainnya. Setelah dibersihkan, pasang kembali soket tersebut dan pasang kembali kabel kutub di aki. Jangan lupa kemudian pasang cover body motor seperti sediakala.

Sistem Kelistrikan Cut Off Engine Bermasalah

Muncul tanda CHEC di panel instrumen (Foto: Suzuki SMG)

Suzuki GSX-R150 menjadi motor sport yang cukup canggih karena memakai banyak sensor elektrikal untuk mendukung kinerjanya. Kelemahan sistem seperti ini, membuat motor tidak bisa dihidupkan apabila ada masalah elektrikal.

Hal yang mungkin perlu kalian waspadai yaitu ketika muncul kode engine stop dengan tulisan “CHEC” pada digital speedometernya. Saat tanda itu muncul, mesin motor tidak bisa dinyalakan.

Ini kadang terjadi ketika tombol engine stop di setang sebelah kanan aktif. Penyebabnya bisa dari voltase aki berkurang, atau bisa juga jalur kabel engine stop bermasalah.

Periksa dan nonaktifkan tombol engine stop yang terdapat pada stir sebelah kanan. Jika masih bermasalah, periksa voltase aki yang bisa saja mulai tekor.

Masih saja bermasalah? Periksa jalur kabel engine stop karena dikhawatirkan putus atau konslet. Periksa dan perbaiki kabel yang terputus atau terjepit pada jalur tersebut, karena bagian ini juga cukup sensitif. Sebelum melakukannya, putuskan terlebih dahulu arus listrik dari aki agar tidak terjadi hubungan pendek arus listrik.

Sistem Sensor Elektrikal Bermasalah, Bikin GSX-R150 Mogok

fitur unggulan
LCD Full Digital membuat Suzuki GSX R150 tampil semakin modern dan futuristik

Sebagai pemilik GSX series, kalian perlu waspada apabila muncul tulisan “FI” dan lampu simbol FI menyala pada digital speedometer. Masalah ini berkaitan pada sistem sensor elektrikal dan bisa mempengaruhi kinerja motor.

Kondisi yang cukup riskan, motor tidak bisa dinyalakan berbarengan saat simbol FI menyala. Penyebabnya, jalur kabel sensor utama bermasalah, atau bisa juga kemungkinan lainnya.

Untuk mengatasinya, putuskan arus listrik dari aki, kemudian periksa dan perbaiki bagian jalur kabel sensor-sensornya. Kabel yang putus atau koyak karena digigit tikus bisa jadi biang keladinya.

Jika kabel dan sambungan soket tidak putus tapi motor masih bermasalah segera hubungi atau bawa ke bengkel spesialis Suzuki untuk diperiksa memakai diagnostic tools. ECU akan menyimpan data kerusakan yang dikirimkan dari tiap sensor sehingga bisa memudahkan proses memperbaiki elektrikalnya.

Dari kasus-kasus ringan tersebut terdapat beberapa yang bisa diselesaikan sendiri oleh sebagian bikers. Namun jika kalian ragu untuk memperbaiki sendiri, alangkah lebih baik jika motor yang bermasalah tadi dibawa ke bengkel spesialis Suzuki atau bengkel resmi.

Penulis: Yongki

Editor: Lesmana

CR-V Turbo
Previous post
Intip Beberapa Penyakit Honda CR-V yang Kerap Ditemui
All New Honda Brio Satya - Eksterior (Carmudi/Fransiscus Rosano)
Next post
Beli Mobil Honda Bulan Ini Dapat Bonus Gratis Biaya Perawatan