Home » Mobil » Berapa Biaya Kalau Mau Main Mobil Off-Road Ringan?

Berapa Biaya Kalau Mau Main Mobil Off-Road Ringan?

toyota-land-cruiser-off-road
Toyota Land Cruiser bisa jadi pilihan mobil off-road ringan dengan harga yang tinggi.

Bogor – Mobil off-road ringan kini bisa dibilang sedang menjadi tren. Off-road ringan atau light off-road dianggap sebagai alternatif liburan yang menyenangkan karena bisa membawa keluarga ke alam bebas tanpa ragu melibas jalanannya. Seperti yang diketahui, kontur jalanan menuju alam bebas tentu bermacam-macam. Mulai dari lumpur, bebatuan, hingga rumput kering.

Tapi untuk pemula yang baru mau bermain off-road masih cukup ragu. Keraguan ini muncul karena anggapan harga mobil dan perawatannya lebih tinggi dibanding mobil keluarga biasa. Selain itu, untuk memilih mobil bekasnya pun dianggap sulit.

Menurut Ojip, pemilik bengkel jip off-road Ojip Garage di Bogor mengatakan pada prinsipnya tidak ada sesuatu yang khusus saat memilih mobil off-road bekas. Ini artinya sama saja seperti memilih mobil bekas pada umumnya. Sektor mesin, body, kaki-kaki, surat-surat semuanya sama. Pembedanya hanya pada kebutuhannya nanti.

Biaya Tambahan untuk Mobil Off-Road Ringan

Ban Mobil Off-Road
Ban Mobil Off-Road

Kebutuhan di sini misalnya seperti mengganti ban. Ojip menyarankan, meskipun hanya off-road ringan hendaknya menggunakan ban kasar atau Mud Terrain (MT) agar grip lebih dapat lagi di jalanan licin. Untuk biaya penggantian bannya sendiri sebenarnya relatif, tergantung merek ban dan ukuran yang dipakainya. Kisaran harganya mulai dari Rp1,3 – 8 juta.

Penggantian ban ini pun nanti akan berimbas pada kebutuhan akan pengaturan rasio dan suspensi yang cenderung ditinggikan. Oiya, per mobil biasanya menggunakan per yang ulirnya lebih kasar atau memiliki rate menopang beban yang lebih. Selain agar kuat menopang beban bawaannya, hal ini untuk mencegah mobil limbung. Biayanya pun relatif, untuk per berkisar antara Rp9 – 16 juta, dan shockbreaker antara Rp3 – 60 juta.

Selain itu, layaknya mobil biasa, servis general secara berkala tentu dibutuhkan dalam rangka perawatan. Ojip mengatakan harganya juga bisa berbeda-beda setiap mobil. Kisarannya sekitar Rp1,5 – 2,5 juta.

Ojip Garage bisa dibilang sebagai kiblat off-road di Bogor dan sekitarnya. Klaim ini diutarakan langsung dari sang pemilik. Eksistensinya pun tak perlu diragukan lantaran kerap turun di berbagai nomor kejuaraan off-road komunitas maupun kejuaraan daerah (Kejurda) Jawa Barat.

Previous post
Harga Mobil Honda Naik, Cuma Nambah Beberapa Fitur Baru
Next post
Toyota Supra Meluncur Tahun Ini di Indonesia, Bagaimana Nasib FT 86?