Reviews

Berapa Konsumsi Listrik Hyundai Ioniq 5 untuk Jakarta—Bandung?

Bandung — Konsumsi listrik Hyundai Ioniq 5 untuk perjalanan Jakarta—Bandung terpantau memakan 47 persen dari energi yang tersimpan di dalam baterainya. Angka tersebut didapat dari percobaan yang Carmudi lakukan baru-baru ini.

Konsumsi Listrik Hyundai Ioniq 5

(Foto: Carmudi)

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menggelar test drive mobil listrik andalannya, Hyundai Ioniq 5, Senin (20/6/2022). Rute yang diambil adalah start dari kawasan Senayan, Jakarta menuju suatu tempat perkemahan di Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Menurut pantauan Carmudi, pada saat start dilaksanakan indikator baterai mobil listrik rakitan Indonesia ini menunjukkan angka 98 persen. Perjalanan pun dilakukan melewati tol dan sempat keluar di Purwakarta untuk wisata goyang lidah.

Pada tahap ini jarak yang ditempuh sudah mencapai 92 km. Sementara itu angka indikator baterai mulai berkurang menjadi 80 persen.

Untuk diketahui, gaya mengemudi yang diterapkan pada pengujian kali ini mengikuti ritme lalu lintas yang ada. Artinya ketika jalanan kosong maka mobil akan dipacu sewajarnya dan ketika situasi mulai padat berarti ikut bermacet-macetan.

Dengan kata lain, tes konsumsi listrik Hyundai Ioniq 5 ini dilakukan tanpa mengindahkan eco driving sama sekali. Mode berkendara yang digunakan pun bergantian sesuai dengan kebutuhan: Eco, Normal, dan Sport.

Konsumsi Listrik Hyundai Ioniq 5 Jakarta—Bandung

Dari Purwakarta perjalanan kembali dilanjutkan menuju destinasi berikutnya, yaitu Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Profil jalan tol Cipularang yang menanjak sama sekali bukan masalah bagi mobil ramah lingkungan ini.

Konsumsi Listrik Hyundai Ioniq 5 (1)

(Foto: Carmudi)

Begitu pula ketika perjalanan mulai memasuki kawasan Lembang yang hampir semua rutenya menanjak.

Tarikannya terasa responsif berbekal motor listrik yang punya tenaga puncak 214 hp dan torsi maksimum 350 Nm. Kebetulan unit yang Carmudi kendarai adalah model terlaris Hyundai Ioniq 5 Signature Long Range alias varian tertinggi.

Sesampainya di lokasi tujuan, indikator baterai terpantau menunjukkan angka 51 persen. Dengan kata lain sudah berkurang 47 persen dari angka pada saat start. Sementara itu total jarak yang sudah ditempuh dari Jakarta adalah 169 km.

Diketahui, model yang dipasarkan seharga Rp829 juta ini dilengkapi baterai dengan kapasitas 72,6 kWh. Adapun klaim pabrikan terkait jarak tempuh maksimalnya adalah sekitar 451 km.

Penulis: Mada Prastya
Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts

/