MobilSumber informasi

Berapa Sih Biaya Servis Toyota Kijang Innova Reborn

Skema Kredit Toyota kijang Innova reborn

Toyota Kijang Innova terbaru. (Foto: TAM)

Jakarta – Mengetahui biaya servis jadi salah satu pertimbangan orang sebelum membeli mobil. Kali ini kami mencoba membahas biaya servis Toyota Kijang Innova Reborn.

Mobil bongsor untuk keluarga ini merupakan salah satu MPV yang cukup favorit di Indonesia. Tidak perlu heran peminatnya selalu ramai dan mobil bekasnya juga cukup banyak dicari.

Bicara soal biaya servis Kijang Innova Reborn, belum semua orang tahu. Bagi mereka yang baru membeli hal ini menjadi salah satu pertimbangan menarik.

Karena dengan melihat biaya servis atau perawatannya bisa menjadi tolak ukur. Apakah biaya perawatannya lebih murah atau lebih mahal dari mobil sebelumnya.

Karena mobil yang biaya perawatannya mahal tentu bakal memberatkan pemilik kedepannya. Keuangan keluarga bisa terganggu kalau mobil tersebut rewel dan gampang rusak.

Toyota kijang Innova reborn

Eksterior Toyota Innova Venture (Foto: TAM)

Bicara soal rewel, Toyota Kijang Innova juga terkenal sebagai salah satu mobil yang bandel. Alias kalau dirawat sembarangan pun jarang rusak.

Apalagi kalau mobil ini benar-benar dirawat, jelas bisa makin awet. Ini jelas jadi salah satu kelebihan yang dimiliki sama Toyota Kijang Innova.

Gratis Biaya Servis Sampai 50 Ribu Km

Buat pembeli mobil dari baru, Kijang Innova reborn ini benar-benar menggiurkan. Karena Toyota memberikan gratis biaya servis sampai 50 ribu km atau 5 tahun mana yang tercapai lebih dulu.

Nah enaknya sampai jarak tempuh 50 ribu km ini, pemilik dibebaskan biaya jasa servis. Jadi saat servis di bengkel resmi konsumen cuma perlu membayar harga spare part dan oli saja.

Konsumen cukup mengeluarkan uang di kisaran Rp5 jutaan untuk biaya perawatan sampai 50 ribu km. Biaya untuk penggantian spare part dan oli inilah yang akan keluar kalau servis di bengkel resmi.

Toyota kijang Innova reborn

Toyota Kijang Innova terbaru dibanderol mulai Rp339 jutaan (Foto: TAM)

Kalau dibandingkan, uang tersebut cukup terjangkau untuk biaya perawatan. Mengingat Kijang Innova reborn merupakan salah satu mobil terbandel yang ada di Indonesia.

Biaya Servis Kijang Innova Reborn

10 Ribu Kilometer

Biaya perawatan pada 10 ribu km biasanya menghabiskan Rp850 ribuan sampai Rp950 ribuan. Biaya ini merupakan biaya yang dikeluarkan untuk oli, filter udara, filter oli dan gasket.

Biasanya mobil menempuh jarak 10 ribu km dalam periode 1 tahun. Kalau dipakai harian mungkin bisa dicapai dalam beberapa bulan. Namun kalau jarang dipakai bisa dicapai dalam waktu 1 tahun atau lebih.

20 Ribu Kilometer

Servis ketiga, biasanya memasuki periode 20 ribu km. Pada periode ini, biasanya servis berkala yang dilakukan sama seperti jarak tempuh 10 ribu km.

Maka biaya yang dikeluarkan pastinya akan sama seperti servis pertama. Spare part yang diganti pun juga sama.

Toyota kijang Innova reborn

Harga Toyota Kijang Innova Terbaru di Vietnam mulai dari Rp400 jutaan (Foto: Touoya Vietnam)

Biayanya berkisar Rp850 ribuan sampai Rp950 ribuan. Biasanya selisih biaya servis antar bengkel resmi Toyota tidak berbeda jauh kok.

30 Ribu Kilometer

Lalu selanjutnya ada servis berkala pada periode 30 ribu kilometer. Servis keempat ini pengecekan yang dilakukan akan lebih banyak dibanding sebelumnya.

Untuk biaya servis Kijang Innova reborn biasanya akan memakan biaya sekitar Rp1,1 jutaan sampai Rp1,3 jutaan. Rinciannya terdiri dari oli mesin, gasket oli, filter oli dan filter udara.

40 Ribu Kilometer

Pada servis selanjutnya di 40 ribu kilometer, biayanya bakal lebih besar. Hal ini karena jarak tempuh mobilnya juga semakin tinggi. Sehingga pengecekan komponen akan lebih banyak.

Toyota Innova Crysta Leadership Edition (Foto: Indianautosblog))

Biaya untuk tipe transmisi manual dan otomatis sama. Masing-masing ada di kisaran Rp1,4 jutaan sampai Rp1,8 jutaan.

Biaya ini ditujukan buat penggantian suku cadang oli mesin, gasket oli, filter oli, filter bahan bakar, minyak rem, oli gearbox dan oli differential. Tapi tetap masih dibebaskan biaya jasa dari bengkel resmi.

50 Ribu Kilometer

Ini merupakan batas terakhir bengkel resmi membebaskan biaya jasa. Pada servis berkala ini biasanya akan memakan biaya sampai Rp800 ribuan sampai Rp950 ribuan.

Karena pada servis sebelumnya sudah diganti dan pengecekan pada banyak komponen. Sehingga di kilometer 50 ribu ini hanya melakukan penggantian rutin saja untuk menjaga performa mesin.

Jika ditotal, biaya yang harus dikeluarkan pemilik sejak servis 1.000 sampai 50.000 kilometer berkisar Rp5,2 jutaan sampai Rp5,5 jutaan.

Biaya Servis Toyota Kijang Innova Reborn

1.000 KmGratis
10.000 KmRp850 ribu – Rp950 ribu
20.000 KmRp850 ribu – Rp950 ribu
30.000 KmRp1,1 juta – Rp1,3 juta
40.000 KmRp1,4 juta – Rp1,8 juta
50.000 KmRp850 ribu – Rp950 ribu
Total biaya servis sampai 50.000 Km mencapai Rp5,2 juta – Rp5,5 jutaan

Melihat biaya di atas, jelas biaya servis Kijang Innova reborn ini cukup terjangkau. Artinya dalam 1 tahun pemilik tidak perlu mengeluarkan uang cukup besar.

Bahkan biaya servisnya pun tidak ada yang mencapai lebih dari Rp2 juta. Penting diingat, biaya servis ini cuma termasuk untuk suku cadang fast moving saja.

Rem mobil

TAM ajak pelanggan untuk servis mobil (Foto: Auto2000)

Spare part slow moving seperti cairan radiator, kampas rem dan lain sebagainya tidak terhitung dalam biaya servis. Jadi jika saat servis ada slow moving yang harus diganti, pemilik wajib membayar harga spare part slow moving tersebut.

Baca juga:

Biaya Servis Setelah Lewat Masa Gratis

Biaya Servis Innova Bensin

Buat mesin bensin, biaya servis setelah lebih dari 50 ribu km ternyata lebih murah. Berdasarkan pantauan, servis Innova reborn bermesin bensin lebih murah ketimbang mesin Diesel.

Pada 60.000 km, biaya perawatan Innova bensin mencapai Rp850 ribuan untuk jasa dan Rp800 ribuan untuk komponen. Jika ditotal, sekitar Rp1,6 – Rp1,7 jutaan.

Biaya Servis Kijang Innova Bensin

Jarak tempuhBiaya JasaBiaya Komponen
60.000 KmRp830 ribuRp800 ribu
70.000 KmRp750 ribuRp750 ribu
80.000 KmRp950 ribuRp2,1 juta
90.000 KmRp750 ribuRp750 ribu
100.000 KmRp850 ribuRp800 ribu

*harga bisa berubah sewaktu-waktu serta berbeda di setiap dealer dan bengkel resmi

Biaya Servis Innova Diesel

Sedangkan Kijang Innova bermesin Diesel punya biaya servis sedikit lebih mahal. Tapi, sebenarnya biaya ini termasuk masih cukup terjangkau buat ukuran MPV senyaman Innova.

Pada 60.000 Km biaya servisnya mencapai Rp850 ribuan untuk biaya jasa dan Rp1,2 jutaan untuk biaya komponen. Berikut rinciannya.

Biaya Servis Innova Diesel

Jarak TempuhBiaya JasaBiaya Komponen
60.000 KmRp850 ribuRp1,2 juta
70.000 KmRp750 ribuRp850 ribu
80.000 KmRp950 ribuRp1,4 juta
90.000 KmRp750 ribuRp1,2 juta
100.000 KmRp850 ribuRp750 ribu

*harga bisa berubah sewaktu-waktu serta berbeda di setiap dealer dan bengkel resmi

 

Penulis: Rizen

Editor: Lesmana

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *