Berita

Berbahaya, Datsun GO Tidak Lolos Uji Keselamatan

datsun Goblok

TEKNOLOGI keselamatan yang sudah semakin maju telah terbukti membantu baik pengendara maupun penumpang dalam meminimalisasi kecelakaan yang fatal. Teknologi seperti kantung udara (airbag) dan sistem pengereman ABS sudah menjadi kelengkapan keselamatan standar di dalam suatu mobil.Namun sangat disayangkan pabrikan Datsun tidak melihatnya seperti hal yang wajib diimplementasikan di dalam produknya yang bernama Datsun GO.

Alhasil dalam pengujian tabrakan (crash test) yang dilakukan Global NCAP, Datsun GO tidak mendapatkan bintang satu pun. Menurut lembaga keselamatan itu, baik pengendara dan penumpang sangat beresiko menderita cidera fatal. Dalam pengujian, mobil kompak yang masuk segmen hatchback ini berjalan dalam kecepatan 64km/jam dan ditabrakkan, hasilnya dari berbagai sisi sangat menakutkan.

2013-datsun-go-01

Seperti dilansir situs otomotif Autoblog, Global NCAP pun sampai meminta pabrikan Nissan selaku prisipal Datsun untuk mendesain ulang mobil tersebut untuk tahap berikutnya. Datsun Go yang diuji organisasi itu adalah produksi pabrikan Datsun di India. Meskipun begitu mobil dengan kapasitas mesin 1.2L ini juga memiliki spesifikasi yang sama dengan Datsun GO Panca Hatchback yang dijual di Indonesia. Sama-sama tidak memiliki fitur aibag dan ABS.

Sebenarnya tidak hanya Datsun GO Panca Hatchback, model mobil yang masuk program LCGC semacam Daihatsu Ayla dan Suzuki Karimun Wagon R juga memiliki fitur keselamatan yang sangat minim.

Jadi bagi Anda yang akan memilih mobil tersebut, jangan hanya memperhatikan urusan murahnya saja. Tapi perlu dipertimbangkan faktor keselamatan bagi Anda sang pengendara dan juga penumpang yang mungkin saja bagian dari keluarga Anda.

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts