Home » Reviews » Berburu Honda Mobilio Bekas, Harga Lebih Mahal Dari Avanza

Berburu Honda Mobilio Bekas, Harga Lebih Mahal Dari Avanza

Mobilio nampak dari samping. Kap mesin di desain agar terkesan berotot

Jakarta – Honda Mobilio diperkenalkan pada januari 2015 lalu. Mobil keluaran dari Honda ini hadir paling bungsu diantara Low MPV lainnya, dengan tujuan menggoda konsumen keluarga dan jadi alternatif dari Toyota Avanza. Sebagai alternatif, ternyata harga untuk Honda Mobilio Bekas lebih mahal dari si mobil sejuta umat.

Mobilio yang dibangun dari basis Honda Brio ini mampu menampung hingga tujuh orang. Sama seperti para rivalnya, Mobilio menggunakan teknologi G-forece technology dan G-CON untuk struktur bodinya. Kelebihan dari Honda Mobilio ialah desain yang paling menarik diantara para kompetitor.

Mobilio membawa kesan fresh dan terkesan anak muda bila dibandingkan mobil sejenis yang terkesan kebapakan. Karena basisnya dari Brio, maka cukup mudah mencari inspirasi modifikasi terhadap Honda Mobilio ini.

Uniknya, Mobilio yang memiliki postur lebih rendah dari Low MPV sejenis ternyata memiliki kabin paling lega. Sudah bukan rahasia lagi bila Honda memang piawai dalam merancang mobil dengan kabin lega.

Keunggulan lainnya dari rancangan kabin lega ialah di bagian bagasi yang luas. Bahkan menurut penuturan beberapa pemilik lebih besar dari Toyota Kijang Innova. Bawa keluarga besar dengan banyak barang tentu bukan masalah.

Interior Honda Mobilio 2017
Tampilan dalam new Honda Mobilio 2017. Foto/Carmudi Indonesia/Dony Lesmana.

Karena memakai basis yang sama dengan Honda Brio, Honda Mobilio memiliki handling yang sangat baik.Kinerja EPS tidak banyak mengurangi feeling mengemudi. Body roll dan feedback setir yang diberikan mobil ini masih lebih baik dibandingkan dengan mobil-mobil sekelasnya.

Pengemudi disuguhkan handling dan posisi mengemudi seperti membawa sebuah hatchback.Kelemahan dari pengendalian Mobilio yaitu terasa understeer karena bagian belakang yang terlampau panjang. Kombinasi eksterior dan interior yang dinamis ini membuat Mobilio juga ideal untuk pengemudi perempuan.

Perbandingan Harga Honda Mobilio Bekas

Honda Mobilio pertama kali hadir pada tahun 2015 dan kini sudah berusia sekitar empat tahun. Untuk harga bekasnya, Honda Mobilio produksi 2015 dijual mulai dari Rp 128 juta sampai Rp 178 juta.

Bandingkan dengan Avanza, MPV terlaris Toyota ini dijual mulai Rp 110 juta dan termahal Rp 175 juta. Sudah terlihat bila secara harga jual kembali dari Mobilio lebih tinggi. Lebih lengkapnya, berikut harga Honda Mobilio bekas di listing Carmudi:

  • Honda Mobilio 2015 Rp 128 juta sampai Rp 178 juta
  • Honda Mobilio 2016 Rp 127,5 juta sampai Rp 188 juta
  • Honda Mobilio 2017 Rp 137 juta sampai Rp 208 juta
  • Honda Mobilio 2018 Rp 145 juta sampai Rp 200 juta
  • Honda Mobilio 2019 Rp 178 juta

Kelemahan Honda Mobilio

Sebelum Carmudian menjatuhkan pilihan untuk membeli Honda Mobilio bekas, tak ada salahnya untuk mengetahui beberapa kekurangan dari mobil ini. Perlu diketahui kalau impresi berkendara dari Honda Mobilio kurang agresif dan tidak fun to drive seperti Brio yang menjadi basisnya.

Bahkan, kemampuan transmisi CVT Honda Mobilio cukup berat dalam menyalurkan tenaga mesin ke roda. Kinerja transmisi CVT terasa sangat lambat dan tidak memberikan performa responsif saat memacu mobil di kecepatan 40-80 km/jam. Bagi Carmudian yang suka dengan akselerasi responsif maka sebaiknya pilih Mobilio dengan transmisi manual.

Kelemahan lainnya dari Mobilio terdapat di sisi suspensi yang termasuk keras. Hal ini begitu kontras dengan mobil-mobil Honda pada umumnya yang terkenal empuk dan nyaman. Carmudian perlu mengurangi kecepatan dan melewati polisi tidur dengan perlahan karena bantingan suspensi belakang yang keras.

Kelemahan terakhir yang sering dikeluhkan dari Mobilio ialah material interiornya yang kurang bonafit. kualitas material dan fit & finishingnya kurang baik dan konsol-konsol penyimpanan juga cuma sedikit di Mobilio generasi awal.

Previous post
Hascar Group Akan Rakit Pesaing Yaris dari Fiat di Indonesia
Next post
Libur Akhir Pekan Jangan Lupa Mengecek Mobil Setelah Dipakai Mudik