Mobil

Berburu Mobil Lawas di Bandung dan Yogyakarta

Toyota Land Cruiser 80 Series

Toyota Land Cruiser 80 Series

Jakarta – Mencari mobil hobi atau mobil lawas dengan kondisi yang oke dan harga terjangkau memang tidak mudah. Namun, 2 kota di Indonesia ini bisa dibilang jadi gudangnya mobil lawas dengan kondisi segar. Bagi kamu yang sedang mencari mobil lawas, rasanya kamu bisa menyambangi kedua kota ini.

Menurut Sari Febriyanti dari Soulmate Auto, ada dua kota yang biasanya dijadikan patokan dalam mencari mobil lawas. “Biasanya kota yang banyak unit bagus itu ada dua. Kalau kita sering dapat dari Bandung, Jawa Barat dan Jogjakarta,” buka Sari kepada Carmudi, Kamis (12/3/2020).

Kedua kota tersebut dinilai banyak memiliki mobil tua dengan kondisi yang segar. Tak heran jika pelat nomor dari dua kota tersebut kerap dijadikan patokan untuk mendapatkan mobil yang segar. Soal harganya sendiri, kedua kota tersebut punya harga yang lebih miring dibanding dengan Jakarta.

Kawasan Blok M kerap menjual mobil bekas lawas

Kawasan Blok M kerap menjual mobil bekas lawas

“Tergantung kondisi lagi. Kalau yang unitnya segar banget, catnya asli, interior dan mesinnya asli dan surat lengkap pasti mahal. Kalaupun ada unit yang segar tapi tetap ada minusnya sedikit, biasanya agak miring harganya. Nanti kan bisa diperbaiki sendiri,” sambungnya.

Cuaca dan gaya berkendara dari kedua kota tersebut juga dinilai berpengaruh. Kota Bandung dinilai punya cuaca yang sejuk, sehingga eksterior mobil bisa terjaga dengan baik. Sedangkan di kota Jogjakarta, pengemudi sepeda motor maupun mobil cenderung lebih kalem dibanding Jakarta. Pengendara di Jakarta kerap menonjolkan sifat seruntulan, sehingga berpotensi besar terjadi senggolan saat di jalan.

Tips Memilih Mobil Lawas

Jika kamu ingin bermain mobil lawas, ada baiknya memperhatikan beberapa hal berikut. Yang pertama perhatikan aksesoris yang menempel pada interior dan eksterior. Usahakan aksesoris bawaan mobil masih terpasang dan berfungsi dengan baik. Karena akan lebih sulit mencari aksesoris interior ketimbang memperbaiki mesin.

Cek bagian siku pada mobil apakah terdapat karat atau tidak. Selanjutnya adalah mesin. Usahakan melakukan pengecekan yang detail mengenai mesin. Jika kurang paham, ajaklah teman atau mekanik untuk membantu memeriksa mobil tersebut.

Mercy boxer, mobil sedan yang masih banyak dicari

Mercedes-Benz 300E, Mercy boxer

Hal terakhir adalah pastikan surat lengkap dan sesuai. Usahakan cari mobil dengan nomor mesin dan nomor rangka yang sesuai dengan STNK dan BPKB. Hal ini agar tidak menyulitkan kamu pada saat mengurus surat-surat di kemudian hari.

Penulis: Rizen

Editor: Lesmana

Rizen Panji

Hobinya menghabiskan bahan bakar di akhir pekan. Dan pastinya tergila-gila dengan mobil tua apalagi mobilnya model pintu dua. Oiya, dirinya juga senang melihat interior mobil yang sangat rapih dan bersih, lho!

Related Posts