Home » Sepeda motor » Berburu Motor Listrik Untuk Harian, Harganya Tidak Bisa Dibilang Murah

Berburu Motor Listrik Untuk Harian, Harganya Tidak Bisa Dibilang Murah

Sepeda motor Elvindo produksi lokal harganya dinilai lebih terjangkau. (Foto: Carmudi/Yongki)

Jakarta – Pemerintah melalui Perpres No.55 tahun 2019 mendorong masyarakat supaya beralih menggunakan kendaraan dengan tenaga listrik. Melalui peraturan tersebut, pelaku industri mendapat kesempatan untuk menciptakan atau memproduksi kendaraan elektrik termasuk motor listrik dengan harga yang terjangkau bagi masyarakat.

Untuk menunjang aktivitas harian, kita bisa memilih motor listrik supaya lebih ekonomis. Sebagai langkah awal, beberapa pabrikan mulai memperkenalkan versi elektrik atau model bertenaga listrik terbaru. Mulai dari Honda PCX Electric, Gesits, Viar Q1, Selis, United, serta EC-GO sudah hadir ke publik.

Sayangnya, harga motor listrik untuk saat ini belum bisa dikatakan terjangkau oleh masyarakat. Mahalnya harga motor listrik ini disebabkan karena masih tingginya biaya produksi dan part yang digunakan. Tidak hanya itu, sarana infrastruktur pendukungnya juga belum memadai.

Di sisi lain, pemerintah juga terus berupaya membangun infrastruktur pendukung ekosistem kendaraan listrik. Infrastruktur untuk mendukung peningkatan populasi motor listrik berupa Power Control Unit (PCU), dinamo listrik dan baterai. Selain itu, fasilitas pengisian daya atau Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) juga harus tersedia di berbagai tempat.

Kemenperin bersama New Energy and Industrial Technology Development Organization (NEDO) dan beberapa pihak terkait telah melakukan sinergi untuk proyek percontohan. Beberapa kota menjadi pusat percontohan untuk penerapan motor listrik. Terakhir, Kementerian Perindustrian membuka pilot project di kawasan Tangerang, Banten.

Bagi kalian yang ingin beralih ke motor listrik, kini tersedia banyak pilihan baik merek lokal atau impor. Produk yang mereka tawarkan ini umumnya telah dirakit di Indonesia. Dengan mengendarai motor listrik, kita telah berupaya mengurangi emisi gas buang yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor.

Harga Motor Listrik Viar Q1

New Viar Q1 pre-launching di GIIAS 2019
New Viar Q1 pre-launching di GIIAS 2019

Motor listrik Viar Q1 sudah cukup lama hadir di Indonesia. PT Triangel Motorindo (TM) Viar Indonesia bahkan telah menghadirkan versi terbaru Q1 pada pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 lalu. Pengembangan Viar Q1 telah dilakukan sejak 2016 dengan menggandeng Bosch, merek otomotif asal Jerman.

Viar Q1 menggunakan motor elektrik tipe BLDC dari Bosch yang dapat mengeluarkan tenaga sebesar 800 watt. Sementara itu, Viar Q1 terbaru telah dibekali baterai dengan kualitas yang lebih baik, yaitu dua buah baterai Lithium Ion dengan kapasitas masing-masing sebesar 60V 23Ah.

Kemampuan baterai ini diklaim bisa digunakan berkendara hingga jarak 60 kilometer. Karena memiliki baterai utama dan cadangan yang dibawa sekaligus, maka Viar Q1 bisa dikendarai hingga jarak 120 kilometer sekali jalan.

Viar Q1 kini dijual dengan harga Rp 18.950.000 on the road Jabodetabek. Pembelian motor listrik ini bisa dilakukan secara online, karena Viar membuka akun resmi di marketplace Tokopedia dengan nama Viar Mitraindo.

Sayangnya, unit yang dijual hanya tersedia dalam warna putih saja. Dalam kolom diskusinya, pihak Viar Mitraindo menyebut bila Viar Q1 mendapat STNK, BPKB, dan plat nomor seperti halnya motor biasa.

Kita tidak perlu khawatir jika baterai tiba-tiba habis di tengah jalan. Viar Q1 memiliki baterai cadangan yang bisa ditaruh di bagasinya. Baterai ini bisa kita gunakan sewaktu-waktu untuk menggantikan baterai utama yang habis dayanya.

Harga Motor Listrik Wim Motor

Presiden Jokowi memboncengi Ibu Negara Iriana. (Foto: Facebook WIM Motor)

Saat kita kecil dahulu, mungkin pernah punya keinginan memiliki sepeda merek Wim Cycle. Nah, perusahaan ini terus berkembang dan berinovasi menciptakan motor listrik dengan harga terjangkau. Bahkan, Wim Motor melalui produknya yaitu Zero 8 pernah digunakan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, saat melakukan kunjungan kerja ke Asmat, Papua.

Melalui akun resmi Facebook-nya, Wim Motor ini dijual dengan harga Rp 10 juta untuk model Zero 8i, dan Rp 10,5 juta untuk Zero 800. Pembelian motor listrik Wim Motor ini hanya bisa dilakukan secara online yaitu menghubungi WA +62 812-3504-170 atau email ke [email protected]

Zero 8i yang sudah tersedia sejak 2016 itu dibekali dengan motor sebagai sumber penggerak berdaya 48 Volt 1.000 Watt. Daya listriknya disimpan di dalam baterai berdaya 48 volt 20 Ampere hour.

Pengisian baterai memakan waktu cukup lama, yaitu selama delapan jam dari posisi kosong hingga terisi penuh. Saat baterai dalam keadaan terisi penuh maka sepeda motor listik Zero 8i bisa menempuh jarak antara 50 sampai 80 kilometer. Namun demikian, tidak dijelaskan lebih lanjut apakah produk keluaran Wim Motor ini terdaftar resmi dan mendapat STNK, BPKB, dan plat nomor seperti halnya Viar.

Harga Selis E-Max

Selis E-Max

Nama Selis sudah sejak lama kita kenal sebagai distributor atau penjual sepeda listrik untuk kalangan rumah tangga. Seiring perkembangan teknologi dan kebutuhan, Selis juga berinovasi menciptakan motor listrik yang dinamai E-Max. Sebenarnya, Selis E-Max ini hanyalah versi lebih canggih dari sepeda listrik biasa.

Pasalnya, jarak tempuh maksimalnya hanya 40 km dengan kecepatan tertinggi 50 km/jam. Itulah mengapa motor listrik ini diperuntukan untuk dipakai di lingkungan komplek sekitar rumah atau jarak yang tidak terlalu jauh. Soal tenaga motor penggeraknya sih lumayan besar dibanding motor listrik lain, mencapai 1.200 watt.

Soal jarak tempuh berarti bicara kapasitas baterai. Selis E-Max ini telah dibekali baterai dengan spesifikasi 60 volt 20 ampere dengan pengisian sekitar 4-6 jam. Selis E-Max ini dijual seharga Rp 15,5 juta off the road dengan pembelian melalui pre-order di marketplace Tokopedia. Untuk harga on the road menjadi Rp 17 juta.

Motor Listrik Elvindo

Elvindo berusaha mengikuti target pasar motor listrik nasional dengan menjual 2 unit per diler setiap hari. (Foto: Carmudi/Yongki)

Pendatang baru ini hadir sebagai produk motor listrik buatan lokal. Untuk saat ini, Elvindo yang ditangani oleh PT Indo Jaya Motor Electric masih melalui tahap homologasi dan perakitan part yang diimpor dari China. Kedepannya, Elvindo akan diproduksi secara lokal di Subang.

Elvindo akan menjual motor listrik dengan rentang harga antara Rp 5-13 jutaan. Rama merupakan salah satu produk andalan Elvindo, yang harganya di kisaran Rp13 jutaan. Dari 10 unit model yang akan dipasarkan, Rama merupakan salah satu produk andalan Elvindo, yang harganya Rp13 jutaan.

Spesifikasi dari Elvindo Arjuna, Veda, dan Rama dibekali motor listrik serupa. Motor penggeraknya memiliki daya 1.000 Watt, sedangkan Elvindo Bisma memiliki kapasitas motor listrik hanya 350 Watt. Melihat spesifikasi dan harganya, Elvindo dipersiapkan untuk masyarakat kelas bawah supaya bisa menikmati efisiensi dari motor listrik.

Harga Motor Listrik Gesits

GESITS sudah dapat dipesan sekarang bertepatan pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019. Foto/Carmudi.

Motor listrik pertama yang merupakan hasil pengembangan mahasiswa ITS Surabaya resmi dijual mulai Juli 2019 lalu. PT GESITS Technologies Indo selaku produsen membuka harga motor listrik Gesits ini di angka Rp 24.950.000 off the road.

Untuk proses produksinya, Gesits digarap bekerja sama dengan beberapa perusahaan BUMN seperti PT WIKA Industri Energi, PLN, PINDAD, dan Pertamina. Dalam produksi tersebut, PINDAD bertugas membuat motor listrik dan Wika menggarap body dan sasis.

GESITS dilengkapi motor listrik dengan tenaga puncak 5 kW dengan kecepatan maksimum 70 km/jam. Sementara itu, baterai menggunakan baterai Lithium NCM berkapasitas hingga 3 kWh dan dapat berjalan hingga 100 kilometer per satu kali pengisian daya.

Kelebihan lain dari Gesits yaitu waktu pengisian daya yang singkat, antara 3 hingga 4 jam. Dari sekian banyak motor listrik yang dijual resmi ke pasaran, hanya Gesits yang harganya paling mahal dan setara motor metik biasa.

Penulis: Yongki

Editor: Lesmana

Previous post
Hati-Hati STNK Diblokir Jika Abaikan Surat Tilang
Next post
Simak Deretan Mobil yang Cocok untuk Wanita