Berita

Beredar Rumor, Toyota Fortuner Generasi Terbaru Punya Sunroof

Jakarta –Toyota Fortuner facelift belum lama melakukan debut global di Thailand, tetapi calon generasi terbaru Fortuner sudah ramai diperbincangkan. Sejak awal 2021 beredar rumor bahwa Toyota Fortuner generasi terbaru tengah dipersiapkan dan diperkirakan akan meluncur tahun depan.

Diberitakan Gaadiwaadi, Jumat (21/5/2021), Toyota Fortuner generasi terbaru kemungkinan besar akan mengalami rombakan besar. Sebab, Fortuner generasi sekarang sudah berusia empat setengah tahun.

Toyota Fortuner Generasi Terbaru

Toyota Fortuner generasi terbaru akan dilengkapi sunroof (Foto: TAM)

Diperkirakan, pesaing terdekat Mitsubishi Pajero Sport ini akan dibekali dengan fitur-fitur canggih yang belum ditemukan pada generasi sekarang. Selain itu, terdapat tambahan berupa sunroof di atap mobil, power steering elektronik baru, dan mesin hybrid.

Di samping itu mungkin saja Toyota Fortuner generasi terbaru juga menawarkan fitur bantuan pengemudi dan keselamatan yang lebih banyak lagi.

Terkait rangka, Yoshiki Konishi, selaku Chief Engineer Toyota Motor Corporation pernah menyebutkan bahwa pihaknya akan tetap mempertahankan kontruksi rangka model tangga (ladder frame) pada Fortuner genarasi terbaru.

“Fortuner dibangun dengan body-on-frame, yang merupakan salah satu konsep intinya. Kami tidak punya rencana untuk mengubahnya. Pelanggan yang menggunakan SUV offroad membutuhkan kontruksi body-on-frame,” terang dia Januari lalu.

Toyota Fortuner dan Innova

Toyota Fortuner dan Innova paling diuntungkan dengan aturan PPnBM mobil 2.500 cc (Foto: TAM)

Toyota Sedang Mengembangkan Mesin Diesel Hybrid

Seiring dengan maraknya rumor tentang Fortuner generasi berikutnya, muncul kabar bahwa saat ini Toyota tengah mengembangkan mesin diesel hybrid.

Tipe dari mesin deisel tersebut adalah GD Hybrid dengan kode proyek 188D. Biasanya mesin tipe GD digunakan Toyota untuk disematkan ke beberapa model, seperti Hilux, Fortuner, dan Innova. Maka kuat dugaan bahwa GD Hybrid akan terpasang di Fortuner model terbaru.

Pengembangan mesin GD Hybrid bisa dikatakan kabar yang sangat luar biasa. Mengingat saat ini Toyota hanya memiliki mesin bensin berteknologi hybrid yang dipasangkan ke beberapa model seperti Prius.

Sejauh ini Toyota belum ada mengeluarkan mesin diesel hybrid.

Pemesanan Fortuner dan Innova

Toyota Fortuner (Foto: TAM)

Toyota Fortuner dengan Mesin Diesel Hybrid Diproduksi di Indonesia

PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) selaku anak perusahaan dari Toyota Motor Corporation akan memulai memproduksi mobil bermesin hybrid di dalam negeri mulai tahun depan.

TMMIN masih merahasiakan mobil hybrid yang akan diproduksi lokal.

“Kalau kami mempertimbangkan pasar otomotif yang sudah ada, lebih baik kami meng-hybrid-kan mobil yang ada. Sehingga kami bisa menjaga supply chain-nya tetap jalan. Dan teknologi baru bisa kami adopsi,” ungkap Bob Azam, Direktur Administrasi, Korporasi, dan Hubungan Eksternal PT TMMIN, Desember 2020.

Harga Toyota Fortuner Terbaru

Interior Toyota Fortuner Terbaru (Foto: TAM)

Mengacu dari penyataan Bob, bukan tidak mungkin jika nantinya Toyota Fortuner dengan mesin diesel hybrid di produksi di Indonesia.

Baca Juga:

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts