Berita

Beri Kejutan! Daihatsu Bawa Ayla EV Melantai di GIIAS 2022

GIIAS, Tangerang — PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memberikan kejutan dengan memperkenalkan mobil listrik konsep Ayla electric vehicle (EV) di ajang GIIAS 2022, Kamis (11/8/2022).

Mobil tersebut pun menjadi LCGC pertama yang dijadikan mobil listrik konsep dan diharapkan menjadi sebuah terobosan baru.

“Ayla ini merupakan produk LCGC pertama yang kami buat, jadi kami sudah familiar sekali dengan mobil ini. Kami sudah memproduksi 253 ribu mobil, sehingga menurut kami cocok dijadikan riset,” kata Sri Agung Handayani, Marketing Director and Corporate Planning & Communication Director PT ADM di hari pembuka GIIAS 2022 ICE BSD, Tangerang.

daihatsu ayla ev

Sri Agung, riset mobil konsep Ayla EV ini sudah dilakukan sejak tahun 2020 silam. Pengembangannya dilakukan sepenuhnya di pabrik Daihatsu di Karawang, Jawa Barat hingga 2021 lalu.

Sementara untuk desain, seluruhnya dilakukan sejak tahun ini. Ubahan yang terjadi pada mobil ini terdiri dari beberapa bagian, mulai dari penyematan baterai, drivetrain, dan rangka yang dibuat lebih rigid.

Daihatsu Ayla EV konsep dibekali dengan motor listrik berkapasitas 60 kW, dengan kapasitas baterai 32 kWh.

Suspensinya pun dibuat lebih kuat dengan mengadopsi sistem baru yang sayangnya Daihatsu belum membeberkan secara detail.

Di bagian depan, gril Daihatsu Ayla EV dibuat lebih tertutup rapat dengan aksen diamond. Lampu LED berwarna putih dipasangkan di bagian logo, tengah, dan lampu kabut pada wajah Ayla EV tersebut.

Pada saat peluncuran, mobil konsep tersebut terlihat memiliki aksen kuning dan silver. Sementara bagian peleknya menggunakan model two tone dengan adanya aksen berwarna kuning sebagai pemanis.

“Hingga saat ini kami masih terus melakukan studi. Begitu sudah siap diluncurkan, kami akan memperkenalkan kepada rekan media terlebih dahulu,” ujar Sri Agung.

Menurut Daihatsu, mobil listrik tersebut nantinya akan banyak melibatkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Supplier lokal pun juga turut dilibatkan demi menambah kandungan lokal dari mobil tersebut.

Selain memperkenalkan mobil listrik, di ajang GIIAS 2022 Daihatsu juga membawa mobil modifikasi Terios 7 Wonder dan Xenia Sport.

Ketiga mobil tersebut diharapkan bisa menjadi daya tarik pengunjung yang mampir ke booth Daihatsu selama 11—21 Agustus 2022 nanti.

Sebagai pembanding, simak spesifikasi lengkap Daihatsu Ayla yang saat ini dijual resmi.

Penulis: Rizen Panji
Editor: Dimas

Rizen Panji

Pikirannya selalu dipenuhi oleh mobil buatan asal Jerman, Swedia, dan Prancis dengan tahun produksi di bawah 2000. Jangan lupa, mesin yang bersemayam di dalam kap mesin tentunya harus 6 silinder guna memompa adrenalin ketika mengendarainya

Related Posts

/