Home » Berita » Inovasi Kamera Tilang hingga IIMS Motobike 2019

Inovasi Kamera Tilang hingga IIMS Motobike 2019

Berita Sepekan Carmudi

Jakarta – Berita otomotif sepekan ini diawali oleh acara dari Forum Wartawan Otomotif Indonesia (FORWOT) yang merayakan hari jadinya, inovasi kamera tilang di beberapa lokasi, meluncurnya Mitsubishi Triton generasi baru, hingga berita-berita terkait penyelenggaraan IIMS Motobike 2019 dan GIIAS 2019.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah rangkuman berita otomotif sepekan dari Carmudi.

1. HUT FORWOT Ke-16

andhum-kaharsa-bantuan-pendidikan
FORWOT berikan bantuan pendidikan dari program Andhum Kaharsa. (Foto: FORWOT)

FORWOT merayakan hari jadinya yang ke-16. Perayaan spesial ini diisi dengan berbagai kegiatan, seperti workshop, lomba fotografi dan video singkat, hingga pemberian berbagai penghargaan. Acara dengan tema “Menjaga Sikap Profesionalitas & Menjawab Tantangan di Era Disrupsi” yang dihelat di Amanuba Hotel & Resort, Bogor ini pun pertama kali memberikan bantuan beasiswa bertajuk Andhum Kaharsa.

2. Kamera Tilang Semakin Canggih

Dinilai sangat efektif menjaring pelanggar lalu lintas, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya pun memperluas titik lokasi tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (E-TLE). Bila sebelumnya penempatan titik lokasi E-TLE hanya berada di sekitar jalan Sudirman dan Thamrin, sekarang melebar hingga jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat. Menariknya, titik lokasi E-TLE terbaru sudah dibekali kamera pengintai yang lebih canggih. Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol M Nasir mengatakan jika kamera-kamera CCTV itu memiliki teknologi terbaru. Kamera baru ini dapat menembus hingga kabin mobil meskipun kacanya gelap. Dengan begitu pengemudi mobil yang tidak menggunakan sabuk pengaman dan menggunakan ponsel dapat dengan mudah terdeteksi.

3. Mitsubishi New Triton Meluncur

Mitsubishi New Triton
Mitsubishi New Triton 2019 diluncurkan hari ini, Selasa (2/7/2019). (Foto: Carmudi/Rizen)

Di pekan ini pun dunia otomotif diramaikan dengan kemunculan generasi baru pikap kabin ganda Mitsubishi New Triton. Selayaknya generasi baru, pikap ini menggunakan konsep desain global Mitsubishi, Dynamic Shield. Hanya saja, peluncuran ini hanya bersifat pengenalan. Kran pemesanan akan baru dibuka saat GIIAS 2019 18 Juli mendatang. Harga Mitsubishi New Triton sendiri dibanderol mulai dari Rp250,5 hingga Rp480,5 juta.

4. 2 Diler Mitsubishi Gusur Dua Merek Sekaligus

Melebarkan jaringan pasarnya, Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) bekerja sama dengan PT Sun Star Prima Motor resmi membuka diler di daerah Caman, Bekasi dan Cempaka Putih, Jakarta. Pembukaan diler ini pun diketahui telah mengorbankan dua merek lainnya, Chevrolet dan Suzuki. PT Sun Star Prima Motor sebagai pelaku bisnis pun mengutarakan bahwa hal ini dinilai wajar dari perspektif bisnis. Pamor Mitsubishi beserta deretan produksinya disebut tengah berada di trek yang sangat positif. Dipimpin Xpander di segmen pasar terbesar terus menempel Toyota Avanza sebagai market leader di peringkat ke dua torehan wholesale-nya.

5. VW Tiguan Allspace Diperkenalkan ke Konsumen

Berita otomotif sepekan ini pun diramaikan dengan perkenalan VW Tiguan Allspace. Sejatinya ini bukan model baru dari pabrikan asal Jerman tersebut, namun memang baru masuk ke Indonesia sekarang ini. Meskipun baru diperkenalkan ke konsumen, diketahui VW tidak menggemborkan kabar ini secara luas. Mereka mengakui hanya memperkenalkan SUV 7-seater ini ke konsumen. Namun saat ditanya Carmudi, pemesanan sendiri belum dibuka dan harganya pun belum diumumkan. Kehadiran VW Tiguan Allspace ditengarai menambah panas persaingan SUV 7-seater buatan Eropa setelah sebelumnya muncul secara resmi Peugeot 5008 dengan banderol Rp820 juta.

6. Pilihan Transportasi Alternatif ke GIIAS 2019

Berbagai kemudahan ditawarkan kepada para pengunjung yang hendak menuju GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 di ICE, BSD City, Tangerang nanti pada 18 – 28 Juli mendatang. Jika punya rencana ke GIIAS 2019 tapi tidak mau atau malas membawa kendaraan pribadi, pengunjung bisa memanfaatkan transportasi umum. Bahkan ada bus gratis yang disediakan oleh pihak pengelenggara pameran. Untuk pengunjung GIIAS 2019 yang datang dari Jakarta Pusat dan sekitarnya, bisa menggunakan sarana Mass Rapid Transit (MRT) dan KRL Commuterline. Pengunjung yang memanfaatkan MRT, pihak penyelenggara menyediakan fasilitas official shuttle GIIAS 2019 terintegrasi langsung dari Transmart Lebak Bulus. Sedangkan pengguna KRL Commuterline, fasilitas shuttle bus gratis bisa diakses di stasiun Rawa Buntu Station dan Pasar Modern Intermoda Cisauk.

7. IIMS Motobike 2019 Digelar Akhir November

Press Conference IIMS Motobike 2019
IIMS Motobike 2019 akan siap digelar akhir November mendatang. (Foto: Carmudi/Yongki)

Menutup rangkuman berita otomotif sepekan ada ajang pemeran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) yang kini memperluas jangkauannya dengan menggelar IIMS Motobike 2019. Selaku penyelenggara, Dyandra Promosindo mengatakan bahwa acara ini dikhususkan untuk penggemar roda dua di Indonesia. Dyandra berencana menyelenggarakan IIMS Motobike Expo ini pada 29 November sampai 1 Desember 2019 dan akan terus digelar setiap tahun. Ajang ini tentunya akan menghadirkan merek-merek sepeda motor ternama dan juga industri pendukung seperti aksesoris dan suku cadang selama tiga hari penyelenggaraannya.

Previous post
Ini Teknologi Otomotif Mutakhir yang Bisa Dilihat Pengunjung di GIIAS 2019
Next post
Kredit Toyota Rush 2019, Cicilan Mulai Rp 15 Jutaan