Home » Berita » Berita Sepekan Carmudi: Dari Nissan Juke Listrik, Hingga KemenPUPR Desain Parkir Tol Baru

Berita Sepekan Carmudi: Dari Nissan Juke Listrik, Hingga KemenPUPR Desain Parkir Tol Baru

Jakarta – Usainya masa cuti bersama pasca Hari Raya Lebaran 2019, berita sepekan Carmudi tidak melulu didominasi seputar data arus balik atau tingkat kepadatan kendaraan yang kembali ke Jakarta saja. Pasalnya, berita-berita yang dihimpun selama seminggu ini muncul dari luar negeri dan dalam negeri. Pertama, kabar terbaru dari BMW yang akan segera resmi merilis Seri 3 Wagon di markas besarnya hingga Mitsubishi Outlander PHEV yang ditengarai akan segera dipasarkan di Tanah Air.

Untuk lebih lengkapnya, berikut rangkuman berita sepekan Carmudi yang cukup menarik perhatian pembaca.

Nissan Juke Listrik Meluncur di 2019

All New Nissan Juke tengah melakukan uji jalan (Foto: Autoexpress)

Sembilan tahun tanpa penyegaran besar-besaran, Nissan memang tidak terburu-buru untuk mendatangkan model terbaru Juke. Hingga kabar terbaru tentang SUV ini mencuat ke permukaan, bahwa Nissan akan meluncurkan All New Juke sebelum akhir 2019.

Seperti dilansir Carscoop, All New Nissan Juke akan didukung platform CMF-B yang juga menjadi basis rancang bangun Renault Clio baru dan juga diadopsi Captur generasi terbaru berikutnya. Selain punya platform baru, Juke juga nantinya dikabarkan akan disodorkan dengan salah satu varian bertenaga listrik. Bila ini benar maka Juke listrik akan bersaing dengan Kia e-Niro dan Hyundai Kona EV.

BMW Seri 3 Touring Segera Resmi Dirilis

BMW Seri 3 Touring

Kabar berikutnya dari berita sepekan Carmudi datang dari Jerman, markas besar BMW yang resmi meluncurkan Seri 3 Touring atau dikenal juga model station wagon. BMW seri 3 touring ini merupakan model terbaru yang akan secara resmi diluncurkan pada 29 September mendatang.

BMW Seri 3 Touring anyar ini akan menggendong 7 pilihan mesin untuk para pelanggannya. Mulai dari mesin bensin hingga mesin diesel. Mesin standarnya sendiri disebut berkonfigurasi 4 silinder, turbo dari BMW 320i bertenaga 181 Hp. Lantaran baru dirilis September nanti, harganya pun masih dirahasiakan.

Toyota Akan Hadirkan 10 Mobil Listrik dari 6 Segmen

Mobil listrik Toyota ((Foto: Drivespark)

Menyambut era baru mobil listrik Toyota kian agresif. Hal ini ditunjukan dari rencana pabrikan asal Jepang ini dengan rencana peluncuran 10 mobil listrik. Peluncurannya sendiri akan dilakukan bertahap selama periode 2020 hingga 2025. Dari kesepuluh mobil listrik tersebut, enam di antaranya akan menjadi model global. Sedangkan empat lainnya akan dipasarkan secara terbatas di negara-negara tertentu saja.

Pengembangan mobil listrik ini pun disebut akan dilakukan bersama Suzuki dan Daihatsu. Seperti disebutkan Drivespark, rencana Toyota membawa sepuluh mobil listrik hingga 2025 tidak lepas dari kesadarannya bawah mesin berbahan bakar bensin, solar, dan gas tidak akan bertahan lama lagi di pasar otomotif.

Suzuki Buka Peluang Indonesia Produksi Jimny

Suzuki Jimny generasi keempat di IIMS 2019 (Foto: Ria/Carmudi)

Mungkin ini menjadi yang paling menarik di berita sepekan Carmudi. Suzuki Jimny generasi ke empat telah resmi meluncur pada Juli 2018 silam di Jepang. Kedatangannya justru membuat pihak Suzuki Motor Coorporation (SMC) kelabakan, pasalnya permintaan konsumen terhadap Jimny terbaru ini sangat tinggi. Kondisi ini membuat SMC mulai berencana untuk membuka fasilitas pabrik baru untuk memproduksi di negara lain. Sekadar informasi, saat ini Jimny hanya diproduksi di pabrik Suzuki di Kosai, Shizuoka, Jepang.

Berdasarkan rumor yang beredar, kemungkinan besar Suzuki memilih India sebagai basis produksi Jimny di luar Jepang. Seperti diberitakan Indianautosblog, Suzuki akan mulai memproduksi Jimny di India pada 2020. Nantinya, pabrikan di India tersebut juga guna memenuhi pasar ekspor Timur Tengah dan Afrika.

Sejarah panjang Suzuki di Indonesia pun rupanya membuka peluang yang sama. Hal ini dituturkan Shuji Oishi, Deputy Executive General Manager SMC wilayah Asia. Dirinya pernah mengatakan bahwa jika Jimny dijual di Indonesia, maka kenderaan SUV berpenggerak 4 roda ini akan diproduksi lokal.

Namun, Shuji mengatakan agar masyarakat Indonesia bersabar mengenai hal ini. Karena pihak Suzuki sendiri masih dalam tahap mengusahakan agar mobil ini dapat diproduksi secara lokal di Indonesia. Pihak prinsipal Suzuki di Jepang pun juga sudah memberikan lampu hijau mengenai produksi mobil tersebut secara lokal di Indonesia.

Kementerian PUPR Akan Ubah Desain Parkir Jalan Tol

Berita sepekan Carmudi berikutnya hadir dari testimoni positif terkait arus mudik dan balik Lebaran 2019 yang bermunculan, salah satu faktornya disebut karena infrastruktur jalan yang semakin baik dan terintegrasi. Meskipun begitu, musim mudik ini juga tidak luput dari kekurangan, yakni kemacetan yang masih ada.

Setelah evaluasi terkait musim mudik 2019, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan mengubah desain parkir di rest area. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kemacetan di jalan tol serta untuk mengakomodasi pemudik yang ingin beristirahat.

Hasil evaluasi tersebut didapat dari kondisi arus balik yang lebih padat dibandingkan dengan arus mudik. Ini diakibatkan karena waktu libur arus balik lebih sempit sehingga banyak pemudik yang kembali di waktu yang hampir bersamaan.

Toyota Supra MKV Mengaspal Perdana di Asia Tenggara

Bersamaan dengan perhelatan Vios Racing Festival di Clark International Speedway Pampanga, Filipina akhir pekan lalu, Toyota Motor Philippines (TMP) secara diam-diam menghadirkan Toyota Supra terbaru MKV. Menariknya, ini ternyata jadi “panggung” perdana mobil sport ini di Asia Tenggara.

Jika Toyota Supra sudah menampakkan diri di Filipina, lantas kapan masuk ke Indonesia? Sepertinya dalam waktu dekat ini, namun jadwal peluncuran Toyota Supra belum terungkap sampai sekarang. Toyota Supra MKV yang akan dipasarkan di Indonesia, dibawa dalam bentuk utuh Completely Built Up (CBU) dari tempat kelahirannya di pabrik Graz, Austria. Ini kali pertama Toyota Astra Motor (TAM) mengimpor mobil dari sana, biasanya Jepang atau Thailand.

Mitsubishi Siap Rilis Outlander PHEV di Indonesia

Mitsubishi Outlander PHEV (Foto: Santo/Carmudi)

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) selaku Agen Pemegang Merek (APM) kendaraan penumpang dan niaga Mitsubishi memastikan akan menjual Mitsubishi Outlander PHEV (Plug In Hybrid Electric Vehicle). Hanya saja, sampai saat ini pihak MMKSI masih tutup mulut terkait jadwal peluncuran Outlander PHEV.

Tidak sedikit pihak yang memprediksi bahwa SUV ini akan tampil perdana di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 pada Juli mendatang. Jika sudah resmi meluncur di Tanah Air, nantinya Mitsubishi Outlander PHEV hanya akan dijual di diler-diler tertentu saja. Hal ini guna memastikan bahwa target market yang ingin disasar sesuai dengan harapan perusahaan.

Toyota Salip Mercedes-Benz Sebagai Merek Mobil Paling Berharga (Lagi)

Airbag
Logo Toyota (Foto/Ilustrasi)

Berita sepekan Carmudi terkahir adalah kabar tentang BrandZ kembali mengeluarkan daftar 100 merek paling berharga di dunia termasuk merek mobil. Sayangnya, dari ke-100 merek tersebut hanya ada tiga nama merek mobil yang masuk, salah satunya adalah Toyota yang bertengger di posisi 41. Nilai merek Toyota di tahun ini sebesar USD29,151 miliar (turun 3% dibanding 2018).

Hasil ini bisa dibilang cukup membanggakan bagi produsen otomotif asal Jepang tersebut, pasalnya Toyota berhasil menyalip kembali Mercedes-Benz yang hanya berada di posisi 54. Pabrikan asal Jerman ini sekarang hanya bernilai USD23,355 miliar. Tepat di bawahnya ada BMW, sang rival abadi dengan keunggulan tipis bernilai USD23,326 miliar.

Sementara itu, merek mobil lainnya yaitu Honda mempunyai nilai merek USD11,749 miliar, Ford (USD11,211 miliar), Nissan (USD10.554), Tesla (USD9.285 miliar), Audi (USD8.556 miliar), Volkswagen (USD6.707 miliar), Porsche dengan nilai USD5,817 miliar. Tapi sayangnya ketujuh merek mobil tersebut tidak masuk dalam daftar 100 merek paling berharga di dunia.

Mudik Lebaran
Previous post
Kecelakaan dan Pengguna Sepeda Motor Menurun Selama Kegiatan Mudik Lebaran
Next post
Jangan Lupa, Perawatan Mobil Setelah Dipakai Mudik Lebaran