Mobil

Berkenalan dengan Mobil Baru DFSK Pesaing Daihatsu Gran Max

Jakarta – Pasar kendaraan komersial di Indonesia masih menjanjikan. Tak heran jika pendatang baru di sektor industri otomotif seperti Dongfeng Sokon (DFSK) berani bermain di segmen kendaraan niaga. Bahkan di saat pabrikan otomotif lain mengawali kemunculannya dengan melucurkan kendaraan penumpang, DFSK justru menghadirkan mobil pikap dengan nama Super Cab.

Seolah tidak puas hanya memiliki satu kendaraan komersial, membuka tahun 2020 ini DFSK mendatangkan satu produk baru lagi untuk bersaing dengan pemain lama. Mobil baru tersebut adalah DFSK Gelora. Mobil berbentuk kotak ini punya dua tipe yaitu mini bus dan blind van. Dari bentuk dan desainnya sudah sangat jelas sekali bahwa DFSK akan menantang Daihatsu Gran Max.

Tap rasanya tidak mudah bagi DFSK untuk melawan Daihatsu Gran Max, sebab pesaingnya itu telah lebih dulu hadir dan sudah dikenal oleh sebagian besar pebisnis dan kalangan pengusaha. Tapi kembali lagi, pasar kendaraan komersial terutama di segmen mini bus dan blind van tergolong luas dan masih memiliki pangsa pasar yang cukup besar. Apalagi kedua segmen tersebut tetap mengalami pertumbuhan permintaan meski pasar otomotif nasional tengah mengalami perlambatan.

Satu lagi yang perlu digaris bawahi adalah pesaing di kendaraan mini bus dan blind van tidak terlalu banyak. Jadi masih ada kesempatan besar bagi DFSK mendapatkan porsi ‘potongan kue’ penjualan dari kendaraan mini bus dan blind van.

Lantas seperti apa sih sosok DFSK Gelora ini? Supaya tidak penasaran, yuk, berkenalan dengan mobil baru DFSK yang kabarnya bakal diproduksi lokal di Cikande, Serang, Banten ini.

DFSK Gelora tipe mini bus dan blind van punya dimensi yang sama. Panjangnya 4.500 milimeter (mm), lebar 1.680 mm, tinggi 1.960, dan jarak sumbu roda 3.050 mm.

Sama seperti kendaraan mini bus dan blind van kebanyakan, perbedaan mencolok dari keduanya adalah dari segi peruntukan. Seperti diketahui kendaraan mini bus memiliki kursi penumpang. Jumlahnya bisa disesuaikan tergantung dari kebutuhan. DFSK Gelora mini bus punya kapasitas tempat duduk mulai dari 7, 8, 9, hingga maksimal 11 penumpang.

DFSK Gelora mini bus bisa dikatakan sangat cocok bagi pengusaha dengan bisnis travel, antar jemput, hingga pariwisata.

Berbeda dengan DFSK Gelora tipe blind van. Mobil ini dikhususkan bukan sebagai alat angkut penumpang dalam jumlah banyak melainkan untuk membawa barang. Kapasitas ruang peyimpanan barang yang dimiliki oleh Gelora blind van tergolong besar. Panjangnya saja mencapai 2.630 mm, lebar, 1.480 mm dan tinggi 1.300 mm.

Sebagai kendaraan pengangkut barang, mobil ini hanya punya dua kursi di depan serta tidak dilengkapi dengan jendela mulai dari pilar B hingga pintu belakang. Berbeda dengan tipe Gelora mini bus memiliki jendela dan kaca yang dapat dibuka secara manual.

Pintu Geser DFSK Gelora

Satu yang unik dan menarik dari DFSK Gelora tipe mini bus dan blind van adalah pintu. Pintu depan keduanya masih mengadopsi versi ayun sama seperti model sejenis di merek lain. Tetapi pada pintu tengah DFSK Gelora tipe mini bus dan blind van megaplikasikan pintu versi geser. Dengan begitu mempermudah langkah penumpang maupun memasukkan barang ke kabin.

Tersedia juga pintu belakang yang bisa dibuka ke arah atas. Versi pintu seperti ini bisa mempermudah pemilik kendaraan memasukkan barang dengan ukuran cukup besar atau panjang. Sedangkan bagi Gelora tipe mini bus bisa dimanfaatkan untuk memasukkan dan meletakkan barang bawaan di balik jok paling belakang serta bisa juga mempermudah dalam melipat atau melepas jok baris terakhir.

Mesin DFSK Gelora

Di atas kertas, DFSK Gelora tipe mini bus dan blind van menggendong mesin sama. DFSK mengandalkan mesin bensin model DK15-06 VVT berkapasitas 1.499 cc. Mesin standar Euro4 ini mampu mengeluarkan tenaga sekuat 113 Hp dan torsi puncak 148 Nm. tenaga dikirim ke roda melalui transmisi manual lima percepatan.

Guna mendukung performa dari mesin, kedua mobil baru DFSK ini dibekali dengan kapasitas tangki bahan bakar sebesar 55 liter.

Fitur Utama DFSK Gelora

Di samping punya kapasitas tempat duduk dan ruang penyimpanan barang luas, DFSK Gelora tipe mini bus dan blind van juga sudah dibekali sejumlah fitur utama guna mendukung kinerjanya. Adapun fitur yang dimiliki seperti rem depan cakram dan belakang drum, hydraulic dual circuit braking system, suspensi macpherson independent/non independent suspension composed op plate spings.

DFSK Gelora EV

Tak cuma versi mesin bensin, rupanya PT Sokonindo Automobile sebagai produsen merek mobil DFSK punya satu pilihan tipe lagi yaitu Gelora EV. Secara penampilan dan bentuk hampir mirip dengan Gelora versi mesin bensin, perbedaan mencoloknya hanya dari segi sumber tenaga.

DFSK Gelora EV merupakan mobil listrik dengan sumber utama pengeraknya berasal dari baterai. Bisa dikatakan DFSK Gelora EV lebih premium dibanding saudara dekatnya. Hal tersebut dapat dengan jelas terlihat dari interior, di mana head unit-nya sudah mengadopsi layar sentuh, kemudian dimensi jok lebih besar, dan kapasitas penumpang tidak terlalu banyak.

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Misteri Mobil Baru DFSK Sedikit Demi Sedikit Terkuak

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts