Tips dan Trik

Berkendara Aman Saat Musim Hujan Ala Suzuki

Jakarta — Berkendara saat musim hujan membutuhkan tingkat kewaspadaan yang lebih tinggi. Di samping itu pemilik mobil pun perlu memastikan sejumlah hal terkait komponen kendaraan dan cara mengemudinya agar aman selama perjalanan.

Berkendara Aman Saat Musim Hujan Ala Suzuki

(Foto: Pexel)

“Memerhatikan fungsi komponen kendaraan serta menyesuaikan teknik mengemudi dapat dilakukan untuk menghindari kejadian tak terduga,” kata Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Rabu (29/12/2021).

Terkait komponen kendaraan, Hariadi menyarankan pemilik mobil untuk melakukan pengecekan mandiri di rumah atau bisa membawa mobilnya ke bengkel resmi. Secara keseluruhan, Suzuki menyampaikan enam poin untuk diperhatikan oleh pemilik mobil dalam menghadapi musim hujan.

Perhatikan Kondisi Wiper

Peran wiper menjadi sangat krusial pada saat musim hujan. Untuk memastikan kondisinya, lakukanlah pemeriksaan terhadap elastisitas karetnya.

Tak kalah penting, pemilik mobil juga disarankan menjaga kejernihan kaca mobil dengan cara membersihkannya untuk mencegah timbulnya jamur.

Memastikan Sistem Kontrol Kendali Kendaraan

Sistem kontrol kendali kendaraan di antaranya, sistem kemudi, rem, kopling, dan pedal gas. Untuk memastikan kondisinya, pemilik kendaraan dapat menyerahkan pengecekannya ke bengkel resmi.

Ilustrasi bengkel resmi Suzuki

(Foto: Suzuki)

Memastikan Fungsi Lampu-Lampu

Bukan hanya berguna membantu pengendara melihat jalanan dengan lebih baik, lampu kendaraan juga berfungsi agar pengguna jalan lain dapat mendeteksi keberadaan kendaraan kita dengan lebih jelas.

Lampu-lampu kendaraan terdiri dari lampu senja, lampu dekat, lampu jauh, lampu kabut, lampu rem, lampu mundur, dan lampu hazard.

Menghindari Genangan Air Tak Terprediksi

Pengendara dianjurkan untuk menghindari genangan air yang tingkat kedalamannya tak dapat diprediksi. Sikap ini merupakan langkah antisipasi kerusakan parah yang dapat terjadi seandainya mobil sampai terendam air.

Kurangi Kecepatan Saat Hujan

Penting bagi pemilik mobil untuk menjaga kecepatan lajunya jika berkendara saat musim hujan. Ingatlah akan bahaya dari aquaplaning yang bisa membuat mobil hilang kendali.

Jaga Jarak Antar Kendaraan

Kunci berkendara aman saat musim hujan yang berikutnya ialah selalu menjaga jarak dengan kendaraan lain. Tujuannya untuk memberikan ruang yang cukup jika sewaktu-waktu harus melakukan pengereman mendadak.

Penulis: Mada Prastya
Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts