Reviews Sepeda motor

Bermodal Mesin Gede, Kawasaki KLX 250 Siap Menjelajah Pelosok Indonesia

Kawasaki KLX 250

Jakarta – Kawasaki KLX sudah sejak lama menjadi favorit para biker garuk tanah. Motor trail ini terkenal dengan kemampuannya menerjang berbagai medan baik on road atau off road. Bagi biker petualang, kehadian Kawasaki KLX 250 memuaskan dahaga menjelajah pelosok dengan jalur terjal.

Kawasaki KLX 250 telah hadir sejak 2009 dan model yang sekarang ialah generasi kedua. Berbekal mesin seperempat liter, tentunya KLX 250 punya tenaga besar dan memberikan kesan fun to drive saat berkendara. Motor dual purpose ini memiliki power, akselarasi, balance, riding position yang nyaman, bobot kendaraan yang ringan.

Kekuatan Kawasaki KLX 250 berada di rangka jenis diamond yang terbuat dari bahan baja ringan yang kuat dan lentur. Untuk memaksimalkan performa di jalan terjal, bagian suspensi KLX 250 ini juga mampu diatur ulang hingga 16 setelan yang bisa mengakomodir kebutuhan Carmudian.

Pada Mei 2019 lalu, PT Kawasaki Motor Indonesia selaku agen pemegang merek meluncurkan KLX 230, atau versi peralihan antara KLX 150 atau KLX 250. Hadirnya KLX230 ini menurut Head and Sales Promotion PT KMI, Michael C. Tanadi tidak mengganggu segmen KLX 250.

Sejauh ini, Kawasaki masih menjadi pilihan utama bagi penggemar motor trail. Padahal, di segmen 250 cc ini ada juga Yamaha WR250 dan CRF250 namun pamor keduanya masih kalah dari motor garuk tanah ‘geng hijau’.

Desain Ramping Seperti Motor Trail 150 cc

Desain KLX 250 mirip dengan versi 150

Pada umumnya, ukuran motor trail bermesin 150 cc dan 250 cc berbeda. Untuk trail seperempat liter dimensinya lebih besar karena mengakomodir mesin berkapasitas besarnya. Namun, dari segi penampilannya, KLX 250 mirip-mirip dengan KLX 150, apalagi jika dilihat dari desain cover bodinya, serta bentuk knalpotnya itu.

Dari segi desain memang ramping dan mirip dengan saudaranya, namun postur KLX 250 jelas lebih tinggi. Seringkali orang yang mempunyai tinggi yang kurang dari 170cm bakal kewalahan memakai motor kawasaki KLX 250 karena ground clearance ke tanah yang sangat jauh, sehingga sulit untuk menapak.

Kawasaki KLX 250 memiliki dimensi panjang 2.200 mm, lebar 820 mm, dan tinggi 1.190 mm dengan jarak antar sumbu roda 1.430 mm. Sementara itu jarak terendah ke tanah 285 mm membuatnya mudah melahap jalan terjal dan bebatuan atau lumpur. Persoalannya hanyalah pada tinggi tempat duduk berkisar 889 mm, ini sedikit menyulitkan bikers Indonesia yang tingginya kurang dari 170 cm menapak di tanah.

Bagi Carmudian yang belum terbiasa atau belum pernah mengendarai motor trail, kemungkinan akan merasakan capek dan pegal. Ini karena Kawasaki KLX 250s hanya menyajikan jok tipis dan posisi stang panjang serta tinggi.

Untuk selap-selip diantara pohon-pohon dan celah bukit pastinya bukan masalah berarti. Melahap tanjakan terjal juga akan sangat mudah karena dibekali mesin dengan tenaga 24 hp. Bagi Carmudian yang ingin naik kelas dari 150 cc, Kawasaki KLX 250 ini patut masuk ke dalam daftar buruan.

Mesin Gahar ala Kawasaki KLX 250

Kawasaki KLX250 pakai mesin Ninja 250SL

KLX 250 dibekali mesin yang serupa dengan Ninja 250SL satu silinder, dengan ukuran silinder 72 X 61.2 mm. Perbedaan dari mesin tadi ialah pada output tenaga, dimana KLX 250 hanya 24,14 ps pada 9.000 rpm sedangkan Ninja 250SL mencapai 28 ps pada 9.700 rpm.

Torsi KLX 250 juga masih kalah yaitu sebesar 21 Nm/7.000 rpm sementara Ninja 250SL sebesar 22.6 Nm pada 8.200 rpm. KLX 250 memang kalah tenaga dan torsi, tapi bisa dilihat bila karakter outputnya berada di putaran menengah. Ini membuat performa motor enteng saat akselerasi hingga putaran menengah.

Spesifikasi dari Kawasaki KLX 250 ini memang diciptakan untuk kendaraan dual purpose yang nyaman untuk harian. suspensi telescopic form berdiameter cukup besar dengan monoshock belakang model unitrack yang cukup tinggi membuat bantingannya tetap empuk tapi tidak limbung.

Dengan postur dan kenyamanan untuk harian, cukup banyak penggunanya yang memodifikasi sebagai supermoto. Padahal, Kawasaki juga sudah menyediakan varian supermotor pada model D-Tracker X dengan mesin 250 cc. Kawasaki KLX 250 dijual hanya dalam satu tipe dengan harga Rp. 63.700.000 untuk wilayah Jakarta.

Harga motor Kawasaki memang dikenal sedikit mahal jika dibandingkan dengan motor buatan produsen lain. Namun, kualitas dan performa KLX 250 dinilai cukup sepadan dengan harga yang lebih dari Rp 60 juta.

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: tutus.subronto@icarasia.com

Related Posts