HomeBeritaBesok, Kia dan Mazda Siap Luncurkan Mobil Baru di Indonesia

Besok, Kia dan Mazda Siap Luncurkan Mobil Baru di Indonesia

Luncurkan Mobil baru
Kia luncurkan mobil baru yaitu Sonet (Foto: Kia)

Jakarta – Jelang tutup 2020, ada dua pabrikan otomotif di Indonesia yang siap luncurkan mobil baru. Pertama ada PT Kreta Indo Artha (KIA), akan meluncurkan model terbaru yaitu Kia Sonet. Kedua, PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) yang sudah dipastikan mendataangkan Mazda3 100Th Anniversary Edition.

Peluncuran kedua mobil baru tersebut dilakukan secara digital pada waktu yang bersamaan, 11 November 2020 pukul 11:00 WIB.

Kia Sonet

Kabar Kia Sonet yang akan dipasarkan di Indonesia sudah tercium sejak Agustus lalu. Bermula dari spyshot Sonet yang sedang melakukan tes jalan di jalan raya.

Tak lama setelah itu, pihak KIA membenarkan bahwa mobil tersebut adalah Kia Sonet. Bahkan pihaknya tidak malu-malu menyebutkan jika SUV mungil itu dipastikan hadir di Indonesia.

Kia luncurkan mobil baru
Mobil baru Kia diluncurkan 11 November 2020 (Foto: Instagram/@kia_indonesia)

“Saat ini prinsipal lagi melakukan tes jalan Sonet di Indonesia. Kalau sudah menjalankan tes di Indonesia sudah pasti akan masuk. Persentasenya 90 persen pasti masuk, 10 persen lagi tinggal tunggu hasil dari mereka yang melakukan pengetesan mobil,” ungkap Marketing and Development Division Head PT KIA, Ario Soerjo, belum lama ini.

Mengetahui Sonet menjalani tes di Indonesia, dirinya merasa bahwa ada perhatian khusus yang diberikan oleh prinsipal terhadap pasar otomotif di dalam negeri.

“Kami bangga artinya Kia di sini dianggap dan mereka kerjakan di sini suatu positif dan mudah-mudahan kedepannya dapat mendukung dan lebih bagus lagi untuk Kia,” katanya.

Peluncuran Kia Sonet pada 11 November diketahui dari akun Instagram resmi Kia.

“Get Ready To Live Extra Show with Kia Sonet. Jangan sampe kelewatan keseruannya,” demikian tulis akun @kia_indonesia.

Kia Sonet
Kia luncurkan mobil baru Sonet (Foto: Kia)

Sejauh ini belum diketahui detail spesifikasi dari mobil yang diproduksi di India itu. Begitu juga terkait harga jualnya, namun sebagai gambaran bisa dilihat dari Harga Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) yang telah tercantum di laman resmi Samsat Pajak Kendaraan Bermotor DKI Jakarta.

Berdasarkan laman tersebut diketahui PT KIA mendaftarkan membawa dua varian Sonet; Sonet 1.5 MT dengan NJKB Rp174 juta dan Sonet 1.5 AT Rp181 juta.

“Harga di bawah Seltos, ya maunya begitu kalau di atas Seltos kami susah jualannya. Sudah banyak yang berspekulasi soal harga jual,” pungkas Ario.

Mazda3 100Th Anniversary Edition

Beda dengan Kia Sonet, EMI akan meluncurkan model yang sudah dipasarkan sebelumnya di Indonesia yaitu Mazda3. Hanya saja ada sentuhan khusus di mobil ini dalam rangka merayakan ulang tahun Mazda ke-100.

All New Mazda3 (Carmudi/Fransiscus Rosano)
All New Mazda3 (Carmudi/Fransiscus Rosano)

Belum diketahui pasti fitur atau aksesori apa saja yang ditambahkan ke Mazda3 100Th Anniversary Edition. Namun yang pasti akan membuat tampilannya berbeda dari varian biasa.

“PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) bersama ini mengundang rekan media untuk mengikuti acara ‘Virtual Press Launch All New Mazda3 100Th Anniversary Edition’,” demikian petikan dari isi undangan yang masuk ke redaksi Carmudi.

Lantaran mobil baru ini meluncur besok, maka harga jualnya masih dirahasiakan.

Sebagai gambaran saat ini PT EMI memasarkan Mazda3 versi hatchback dengan harga Rp508,8 juta. Sedangkan Mazda3 versi sedan Rp549,9 juta (OTR Jakarta).

Dari harga tersebut bisa memberikan bayangan bahwa Mazda3 100Th Anniversary Edition akan dijual dengan harga sedikit lebih mahal dari versi biasa.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga: Segera Meluncur di Indonesia, Kia Sonet Mulai Menggoda

Previous post
Mobil Kecil Harga Rp30 Jutaan, Simak Kelebihan Proton Savvy  
new kawasaki ninja 250
Next post
Sejarah, Review Spesifikasi, dan Harga Ninja 250 Terbaru 2020