Home ┬╗ Berita ┬╗ Besok Nissan Luncurkan Mobil Baru Berwajah Datsun

Besok Nissan Luncurkan Mobil Baru Berwajah Datsun

Nissan Magnite
Nissan Magnite (Foto: Indianautosblog)

Tokyo – Kendati tengah dirundung berbagai masalah tidak menyurutkan langkah Nisan untuk menghadirkan produk terbaru. Pabrikan asal Jepang itu berencana mendatangkan 11 mobil baru demi mengejar kembali kejayaannya setelah sempat terpuruk sejak kasus Carlos Ghosn dan dilanda penjualan mobil yang semakin menurun.

Dari 11 mobil baru, satu di antaranya sudah diungkap. Mobil baru itu disebut-sebut mempunyai nama panggilan Magnite. Mobil yang mengusung konsep ‘B-SUV’ ini akan meluncur untuk pertama kalinya di dunia pada 16 Juli 2020. Gambar penampakan Magnite sudah disebar oleh Nissan. Namun tidak memperlihatkan seluruh tubuh dari mobil, hanya bagian tertentu saja yang diperlihatkan selebihnya tertutup rapih oleh kain hitam.

Dari gambar yang tersebar, dapat dilihat tampak depan Nissan Magnite memiliki desain gril berbentuk heksagonal dengan kisi-kisi menyerupai sarang mirip seperti gaya khas Datsun. Desain ini tampak berbeda dari mobil baru Nissan lainnya yang mengadopsi V-motion.

Di samping gril terdapat lampu depan kemungkinan besar mengadopsi LED. Bila diperhatikan mirip sorotan mata yang tajam. Lalu tepat dibawahnya terdapat lampu tambahan berbentuk huruf ‘L’ di kanan dan kiri bumper.

Bumper depan terlihat sangat menonjol dengan lipatan-lipatan sehingga membuatnya tampil sporty. Ditambahkan pula skid plate dibawah bumper supaya lebih mencirikan mobil penumpang jenis SUV. Menghadirkan kesan tangguh, Nissan mengaplikasikan desain velg baru lima palang dengan two tone.

Sejauh ini belum ada laporan resmi terkait mesin. Beredar rumor bahwa Nissan Magnite akan menawarkan dua pilihan mesin. Pilihan pertama mesin berkapasitas 1.0 liter bertenaga 72 hp dan torsi puncak 96 Nm.

Pilihan kedua mesin 1.0 liter dengan tambahan perangkan turbocharged. Mesin ini diklaim mampu mengeluarkan tenaga 95 hp. Demikian seperti dilansir dari Indianautosblog, Rabu (15/7/2020).

Nissan Magnite (Foto: Indianautosblog)

Menggunakan Platfom Renault Triber

Memanfaatkan aliansi, Nissan merancang Magnite dengan menggunakan platform CMF-A +. Platform yang sama sudah digunakan lebih dahulu pada model Renault seperti Kwid, Triber dan Kiger SUV yang sebentar lagi akan datang.

Kemungkinan peluncuran awal Nissan Magnite dilakukan di India, dan mulai menghiasi diler paling lambah awal 2021. Diperkirakan harga Nissan Magnite di India sekira INR 5,00-5,50 lakh atau Rp97 juta hingga Rp107 juta. Nissan Magnite baru akan bersaing dengan Maruti Vitara Brezza, Hyundai Venue, Mahindra XUV 300 dan Tata Nexon.

Penulis: Santo

Editing: Lesmana

Previous post
Polisi Gelar Operasi Patuh Mulai 23 Juli, Pelanggar Akan Ditilang
Bengkel cat di kawasan Cibubur dan Depok, Safira Motor.
Next post
Cat Bodi Mobil Pinggir Jalan dengan Bengkel Resmi, Mana yang Lebih Baik?