Home » Berita » Biar Makin Nyaman, Perlengkapan Ini Perlu Ada Buat Perjalanan Mudik Lebaran

Biar Makin Nyaman, Perlengkapan Ini Perlu Ada Buat Perjalanan Mudik Lebaran

ganjil genap
Kondisi tol Cikampek saat mudim mudik lebaran. Foto/Reportase.

Jakarta – Masyarakat Indonesia yang beragama Muslim sebentar lagi akan merayakan hari raya Idul Fitri. Biasanya menyambut hari besar itu, masyarakat akan melakukan mudik ke kampung halaman.

Perjalanan mudik Lebaran dengan kendaraan pribadi perlu persiapan yang matang. Mulai dari kondisi kendaraan sampai perlengkapan yang dibutuhkan selama perjalanan.

Carmudian yang berangkat mudik pasti akan membawa serta anggota keluarga. Pasti sudah terbayang bakal banyak barang bawaan di mobil.

Agar tahun ini mudik Anda terasa nyaman, ada baiknya menyiapkan perlengkapan pendukung yang membuat perjalanan makin nyaman. Simak daftar perlengkapan yang wajib ada saat mudik dengan mobil yang dirangkum dari berbagai sumber:

Car Back Seat Organizer

Car back seat organizer. Foto/ Hobigoods.

Organizer atau kantong khusus ini sangat berguna untuk menyimpan barang-barang yang berukuran kecil. Perlengkapan ini dipasang menggantung di bagian belakang headrest kursi depan.

Seat organizer ini terdiri dari beberapa kantung kecil sehingga lebih memudahkan dalam penyimpanan kebutuhan selama mudik. Mulai dari tisu, botol minum, atau permen.

Biasanya, di belakang jok mobil memang sudah tersedia tempat penyimpanan, namun hanya berupa sebuah kantung berukuran besar. Bisa dipastikan itu tidak akan cukup untuk menampung barang-barang kamu sekeluarga.

Car Organizer

Car organizer untuk penyimpanan barang selama perjalanan mudik lebaran. Foto/Tokopedia.

Bentuknya mirip dengan back seat organizer, namun kantung ini posisinya dipasang di kursi paling belakang, yang menyatu dengan bagasi. Sangat cocok untuk menaruh barang-barang yang besar yang memakan banyak ruang di dalam mobilmu.

Car Dining Tray

Car Dining Tray (Foto: Rediff.com)

Carmudian yang doyan ngemil sepanjang perjalanan sepertinya butuh memasang dining tray di bagian belakang sandaran kursi baris pertama. Ini memudahkan apabila kita yang kebingungan untuk menaruh makanan di dalam mobil.

Barang ini sangat berguna untuk menaruh makanan agar tidak berceceran dan tumpah di dalam mobil. Untuk kamu yang mudik bersama anak-anak, car dining tray pasti memudahkan si kecil mengambil jajanan kesukaan mereka.

Charger Mobil

USB Car Charger . Foto/Bukalapak.

Sudah jelas jika charger menjadi kebutuhan utama masyarakat modern sekarang ini. Terlebih jika smartphone yang kamu gunakan memiliki fitur-fitur canggih serta layar beresolusi tinggi.

Pemakaian ponsel yang nyaris tiada henti untuk main game selama perjalanan tentu akan menghabiskan lebih banyak daya baterai. Maka dari itu, charger atau colokan listrik di dalam mobil menjadi hal yang wajib ada saat mudik menggunakan mobil.

Alat Navigasi

Navigasi
Alat navigasi di smartphone. Foto/Ilustrasi.

Jaman sekarang, sistem navigasi sangat memudahkan saat perjalanan. Kamu bisa mencari jalan alternatif kala macet, atau bahkan hanya untuk mencari pusat jajanan untuk membeli oleh-oleh.

Kebutuhan navigasi sekarang sudah terdapat pada smartphone atau head unit bawaan beberapa mobil tertentu. Sistem navigasi begitu penting saat mudik Lebaran. Aplikasi yang tersedia bahkan menyediakan informasi daerah mana saja yang macet dan menyediakan rute yang paling efisien.

Phone Holder/Storage

Phone Storage. Foto/ Tokopedia.

Aksesoris yang satu ini akan sangat memudahkan Anda untuk menyimpan telepon selularmu. Phone storage membuatmu tidak perlu menaruhnya di saku atau tas lagi. Sebenarnya, tidak hanya handphone, Anda juga bisa meletakkan benda-benda penting lainnya di phone storage.

Untuk pengemudi yang selalu memanfaatkan sistem navigasi pada ponsel, sebaiknya memasang phone holder. Dengan demikian, tangan bisa tetap di setir tanpa harus sesekali memegang ponsel ketika mengemudi.

Kotak P3K

Kotak P3K di Mobil (Foto: Elevenia)

Perlengkapan yang terakhir ini jangan sampai terlupakan saat pergi mudik lebaran. Obat-obatan menjadi hal terpenting yang harus ada dalam mobil.

Bagi Carmudian yang bepergian dengan anak kecil atau balita, perlu membawa persediaan obat-obatan seperti minyak kayu putih, obat pusing atau mabuk, lotion nyamuk hingga termometer hal yang wajib kamu bawa sebagai langkah antisipasi terhadap hal-hal yang tidak terduga.(dol)

Ganti Oli
Previous post
NPT Wajib Pelumas TelahTerbukti Lindungi Konsumen dan Industri
Bengkel Fuso
Next post
Musim Lebaran Mitsubishi Fuso Berikan Diskon Servis dan Banyak Hadiah