MobilSumber informasi

Biar Pas di Garasi, Berapa Dimensi Toyota Avanza?

dimensi toyota avanza

Penggunaan aplikasi Sistem Parkir Otomatis

Jakarta – Dimensi Toyota Avanza memang tidak terlalu besar buat ukuran mobil. Sayangnya, banyak pemilik ternyata kurang paham dengan dimensi mobilnya.

Alhasil, garasinya tidak bisa memuat mobil yang sudah dibeli. Padahal salah satu hal yang wajib diperhatikan sebelum membeli mobil adalah dimensinya.

Kenapa kami membahas dimensi Toyota Avanza? Karena mobil ini merupakan mobil terlaris yang ada di Indonesia sejak tahun 2003 silam.

Pemiliknya bisa dibilang sudah jutaan orang di Indonesia. Tidak salah salah kalau kami membahas dimensi Toyota Avanza sebagai perbandingan pengukuran garasi.

Karena Avanza ini jadi salah satu mobil yang juga sering dipakai mock up di desain 3 dimensi. Makanya biar garasinya pas, memakai dimensi dari Toyota Avanza.

Tips Mengukur Garasi Rumah

Sebelum membahas dimensi Toyota Avanza, kenali dulu cara mengukur garasi rumah. Karena membuat garasi sebaiknya dibutuhkan perhitungan yang matang.

dimensi toyota avanza

Penerapan Sistem Parkir Otomatis

Karena banyak orang memiliki rumah tanpa memperhitungkan garasi yang matang. Padahal garasi sebenarnya juga butuh pengukuran yang detail.

Sesuaikan Lahan

Ada baiknya memikirkan garasi ini dilakukan saat sedang membangun rumah. Kenapa? Karena garasi sejatinya membutuhkan lahan yang agak luas agar mobil bisa benar-benar masuk.

Maka dari itu, sangat penting menentukan panjang dan lebar dari garasi. Karena kalau rumah sudah dibangun, akan lebih sulit membuat garasi karena harus banyak mengubah tembok.

Menjebol tembok yang sudah ada akan jauh memakan biaya yang sangat besar. Bahkan bisa juga mengubah konstruksi bangunan yang sudah ada demi membuat garasi.

Makanya penting banget memikirkan garasi di awal pembangunan rumah. Kalau sudah terlanjur bagaimana? Ya siapkan dana lebih buat mengubah layout rumah Carmudian.

Pikirkan Jarak Tembok dengan Pagar

Terkadang banyak pemilik rumah lalai membuat garasi. Mereka asal membuat garasi ala kadarnya. Efeknya, jarak pagar dengan tembok jadi terlalu dekat saat mobil parkir.

Penting sekali buat mengukur jarak antara tembok dengan pagar. Karena buat memudahkan parkir mobil saat mau masuk ke dalam rumah juga nih.

Pernah melihat mobil yang moncongnya sedikit keluar dan pagarnya tidak bisa tertutup rapat? Biasanya ini karena luas garasinya tidak dipikirkan dengan baik saat membangun rumah.

Atau bisa juga membeli mobil yang lebih panjang dari garasi rumah. Makanya, perhatikan banget luas tanah untuk garasi biar enggak menyulitkan diri sendiri ya.

Karena mobil yang bisa terparkir dan pagarnya tertutup rapat bisa lebih aman dan enak dilihat. Dibanding mobil yang sedikit keluar dan pagarnya tidak tertutup rapat. Bisa berpotensi kemalingan juga nih Carmudian!

Usahakan Tidak Menghalangi Pintu Utama

Penting banget buat memikirkan posisi parkir. Usahakan posisikan vertikal atau sejajar dengan arah pagar. Karena kalau posisinya horizontal, akan menutupi pintu utama rumah.

Dan hal ini bisa mempengaruhi estetika rumah. Kalau akan ada tamu, mungkin mobil yang posisinya horizontal bisa dipindah terlebih dahulu.

Dimensi Toyota Avanza

Biar lumayan akurat, kita pakai perbandingan dimensi Toyota Avanza ya. Karena dimensi mobil ini bisa dibilang lumayan oke buat dijadikan patokan ukuran garasi rumah.

Harga Avanza 2021

Ragam pilihan warna Toyota Avanza. (Foto:TAM)

Sejak tahun 2003 silam, Avanza sampai tahun 2021 ini hanya lahir dalam 2 generasi. Artinya, dimensinya enggak berbeda jauh dari segala aspek.

Generasi Toyota Avanza pertama punya dimensi panjang 4.120 mm, lebar 1.630 mm dan tinggi 1.695 mm. Generasi ini bertahan sampai tahun 2019 lalu, yang artinya dimensinya bertahan selama 16 tahun.

Lama juga ya? Pantesan enak juga kalau menjadikan patokan garasi pada mobil ini. Karena selama belasan tahun ukurannya ya segitu-gitu aja nih.

Lalu, gimana soal dimensi di generasi barunya? Pada generasi kedua ini ukurannya sedikit membesar. Ingat ya, sedikit membesar.

Di generasi kedua panjangnya 4.140 mm, lebar 1.660 mm dan tingginya tetap sama di 1.695 mm. Artinya, panjang dan lebarnya bertambah sedikit banget.

Buat gambaran pengukuran garasi sih cocok banget kalau pakai dimensi Toyota Avanza ini. 4.140 mm ini jika dikalkulasikan ke meter menjadi 4,1 meter panjangnya.

Sedangkan lebarnya menjadi 1,6 meter dan tingginya 1,6 meter. Kalau sudah tahu, tinggal membuat pengukuran garasi yang ada di rumah aja nih.

Ukuran Garasi yang Ideal

Kalau sudah tahu dimensi dari mobil, tinggal mengukur garasi. Berapa sih ukuran garasi yang ideal? Ini sebenarnya hal yang cukup sensitif.

Ilustrasi parkir mobil di rumah (Foto: mrcarports)

Karena tidak semua orang memiliki bajet lebih untuk membeli tanah dan membangun rumah. Tapi, kita juga mesti tahu ukuran garasi yang ideal untuk mobil.

Sebenarnya ukuran garasi yang ideal untuk sebuah rumah minimalis adalah dengan panjang 5 meter dan lebar 2 meter. Biasanya ukuran segini sudah cukup untuk Carmudian memarkirkan kendaraan.

Karena mayoritas mobil di Indonesia punya panjang 4 meter hingga 4,8 meteran. Sedangkan lebarnya dari 1,2 meter sampai 1,8 meteran. Makanya dimensi garasi 5×2 meter dianggap cukup ideal.

Dari segi jarak, masih menyisakan ruang antara bumper depan dengan pagar. Selain itu, sisi samping juga masih leluasa untuk masuk dan keluar dari mobil di garasi.

Belum lagi jalur sepeda motor di samping mobil yang biasa digunakan buat parkir. Makanya idealnya rumah memiliki garasi di ukuran seperti di atas.

Tapi bagaimana yang ukuran tanahnya terbatas? Hal ini bisa dikonsultasikan dengan arsitek saat mau membangun rumah. Usahakan minta garasi dengan panjang dan lebar seperti yang sudah dijelaskan.

Tapi saya belum punya uang buat beli mobil? Rasanya enggak perlu garasi deh. Jangan berpikiran seperti ini, Carmudian.

Garasi Mobil

Punya mobil sekarang juga harus punya garasinya. Grafis/Ilustrasi.

Usahakan berpikiran jika suatu saat Carmudian akan memiliki mobil. Jika ada rezeki dan sudah bisa membeli mobil, kamu sendiri yang bakalan bingung karena enggak punya garasi di rumah.

Persiapan Garasi

Ada baiknya mempersiapkan garasinya lebih dulu walaupun belum ada dana untuk membeli mobil. Yang penting, kita sudah siap garasi untuk tidak menyusahkan orang lain.

Parkir di garasi yang proper dengan atap tertutup juga membuat mobil lebih awet. Karena tidak terkena panas matahari dan hujan secara langsung.

Mobil yang sering kena panas dan hujan biasanya bakal cepat lusuh. Mulai dari cat mobil, kondisi ban, karet-karet cepat getas dan interior yang pecah-pecah akibat terjemur.

Salah satu indikasi mobil sering terjemur adalah kaca lampu yang menguning, fog lamp kuning, cat lusuh dan dashboard yang menguning. Enggak percaya? Silakan buktikan sendiri.

Itu dia pentingnya memiliki garasi di rumah. Kalau bingung, patokannya dari dimensi Toyota Avanza aja ya, karena ukurannya paling pas buat dijadikan patokan.

Penulis: Rizen

Editor: Lesmana

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts