Sumber informasi

Biaya dan Syarat Ganti Plat Mobil, Beres Tanpa Calo

Biaya dan Syarat Ganti Plat Mobil

Setiap lima tahun sekali pemilik mobil harus menjalani proses ganti plat. (Foto: Wuling.id)

Jakarta – Informasi biaya dan syarat ganti plat mobil akan dibutuhkan oleh Carmudian yang hendak membayar pajak lima tahunan karena prosedurnya sedikit berbeda dengan pembayaran pajak satu tahun sekali.

Adapun pelunasan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) sudah menjadi kewajiban pemilik mobil. Pelunasannya dilakukan di kantor Satuan Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) sesuai daerah masing-masing.

Untuk pembayaran PKB satu tahun sekali, mungkin Carmudian sudah cukup akrab dengan syarat dan alurnya karena lebih sering menjalani. Terlebih lagi kini sudah banyak fasilitas yang memudahkan pembayarannya, mulai dari Samsat Online sampai Samsat Keliling.

Sayangnya, ketika menginjak tahun kelima maka prosesnya sedikit berbeda. Di sini Carmudian mesti melewati tahap cek fisik kendaraan, penggantian STNK, dan tentunya penggantian plat nomor atau istilah resminya Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB).

Kenapa plat nomor harus diganti? Padahal nomor Polisi-nya tetap sama.

Disadari atau tidak plat nomor juga memiliki masa berlaku berupa kombinasi angka yang menandakan bulan dan tahun. Misal, kombinasi angka “03.21” itu berarti masa jatuh tempo ada di bulan Maret 2021.

Masa jatuh tempo ini berbarengan dengan masa akhir berlakunya Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK). Jadi sekalian deh, di tahun kelima semuanya diganti baru. Begitu seterusnya setiap lima tahun.

Sampai di sini semoga Carmudian tidak merasa kebingungan dan buru-buru menghubungi biro jasa untuk membantu pengurusannya, karena dengan menjalani prosesnya sendiri akan lebih hemat.

Memang, dibutuhkan kesabaran dan alokasi waktu yang cukup banyak untuk menjalani proses ini. Seberapa banyak? Amannya coba luangkan waktu satu hari penuh.

Tapi kalau beruntung, pengurusan malah bisa selesai hanya dalam waktu dua sampai tiga jam.

Tempat Ganti Plat Mobil

Setelah menentukan waktu luang, saatnya Carmudi mengetahui di mana lokasi Samsat yang melayani proses pelunasan pajak lima tahunan atau ganti plat.

Berbeda dengan pengurusan PKB satu tahun sekali, proses ini hanya bisa dilakukan di Samsat Induk daerah di mana mobil terdaftar. Jadi jangan sampai Carmudian buang-buang waktu mengunjungi Samsat Keliling karena tidak akan melayani proses ini.

Kalau mobil Carmudian berada jauh di luar kota, jangan langsung putus asa. Karena di bagian selanjutnya dari artikel ini akan dibahas solusinya.

Ilustrasi STNK

Ilustrasi STNK (Foto: Wuling.id)

Biaya dan Syarat Ganti Plat Mobil

Tentunya ada sejumlah persyaratan yang perlu disiapkan oleh Carmudian sebelum berangkat ke kantor Samsat. Syarat ganti plat mobil ini sebenarnya tak jauh berbeda dengan pembayaran pajak satu tahun sekali.

Syarat Ganti Plat Mobil

  • KTP asli dan fotokopi pemilik mobil
  • STNK asli dan fotokopi
  • BPKP asli dan fotokopi

Perlu diingat, yang dimaksud “KTP pemilik mobil” berarti identitas yang tertera di dalamnya sama dengan yang ada di STNK. Jadi kalau Carmudian memiliki mobil tangan kedua dan belum balik nama maka usahakan untuk meminjam KTP pemilik sebelumnya.

Faktanya, momen pelunasan pajak lima tahunan ini biasa dimanfaatkan pemilik mobil tangan kedua untuk sekalian melakukan balik nama. Tapi hal ini akan dibahas pada topik terpisah, ya.

Masalah lain yang biasa ditemui terkait administrasi, ada kalanya pemilik mobil tidak memegang BPKB asli mobilnya. Ada beberapa sebab, mulai dari cicilan leasing yang belum lunas atau BPKB sedang digadaikan karena kebutuhan ekonomi.

Untuk kasus-kasus seperti ini solusinya adalah mendatangi leasing atau perusahaan pembiayaan yang memegang BPKB asli mobil. Kemudian jelaskan bahwa Carmudian membutuhkannya untuk keperluan ganti plat.

Berdasarkan pengalaman penulis, leasing akan dengan senang hati memberi surat keterangan dan fotokopi BPKB sebagai syarat pengganti. Dengan catatan cicilan yang menjadi kewajiban Carmudian terbayar dengan lancar.

Kemudian yang membedakan proses ganti plat dengan pelunasan pajak tahunan ialah Carmudian mesti membawa mobil yang akan dibayar pajaknya ke kantor Samsat.

Karena di sana akan dilakukan cek fisik terhadap kendaraan. Utamanya penggesekan nomor rangka dan nomor mesin ke formulir yang sudah disediakan.

Masalah akan muncul jika mobil berada jauh di luar kota. Katakanlah mobil berada di kota A dan mesti ganti plat di kota B yang jaraknya hingga ratusan kilometer atau bahkan beda pulau.

Banyak yang belum tahu, sebenarnya Carmudian bisa meminta bantuan Samsat kota A untuk melakukan cek fisik.

Setelah selesai dan berkas diterima, Carmudian bisa mengirimkannya ke kota B untuk dilanjutkan proses pembayaran pajak lima tahunannya. Jadi tak perlu capek-capek membawa mobilnya ke kota asal.

Proses ini dikenal dengan istilah bantuan cek fisik.

Biaya Ganti Plat Mobil

Hal penting yang tak boleh luput dari persiapan adalah biaya. Untuk diketahui, biaya pelunasan pajak lima tahunan yang disertai ganti plat dan STNK jelas akan lebih mahal dibanding pajak yang harus dibayar setiap tahun.

Pertama, Carmudian mesti membayar tagihan yang tertera di bagian belakang STNK. Selain itu, ada juga biaya untuk penggantian plat nomor dan STNK baru. Ditambah lagi dengan biaya cek fisik kendaraan.

Adapun rincian biayanya adalah sebagai berikut:

  • Biaya penerbitan STNK: Rp200.000 (mobil), Rp100.000 (motor)
  • Biaya TNKB baru: Rp100.000 (mobil), Rp60.000 (motor)
  • Biaya cek fisik: Rp50.000 (mobil), Rp25.000 (motor)
Ilustrasi Petugas Samsat

Ilustrasi Petugas Samsat (Foto: Bapenda Jabar)

Prosedur Ganti Plat Nomor Mobil

Soal biaya dan syarat ganti plat mobil sudah dibahas. Lantas, apa yang mesti dilakukan setelah sampai di kantor Samsat?

Jangan buru-buru masuk ke dalam karena Carmudian perlu menuju loket cek fisik terlebih dahulu. Menurut pengalaman, lokasi loket cek fisik seringnya ditemui di dekat area parkir.

Untuk alur pengurusannya kurang lebih seperti dijelaskan di bawah ini:

Menuju Loket Cek Fisik

Pada tahap ini Carmudian akan diberi formulir cek fisik kendaraan. Formulir dilengkapi semacam sticker yang akan digunakan untuk menggesek nomor mesin dan nomor rangka.

Menjalani Cek Fisik Mobil

Tak perlu repot-repot melakukan penggesekkan sendiri karena akan ada petugas yang membantu. Petugas tersebut pun sudah hafal lokasi nomor mesin dan rangka.

Untuk nomor rangka lokasinya berbeda-beda setiap mobil. Tapi kalau Carmudian penasaran, bisa cek bagian bawah jok depan atau bagian depan dari firewall.

Begitu juga dengan nomor mesin. Contohnya untuk Toyota Avanza, nomor rangkanya ada di sisi kanan mesin dekat alternator.

Loket Pendaftaran

Selesai cek fisik, Carmudian akan diminta membawa berkas ke loket pendaftaran. Tak perlu bingung melihat deretan loket Samsat yang umumnya lebih dari satu.

Karena biasanya ada petugas yang memandu begitu Carmudian masuk ke dalam kantor. Menurut pantauan, beberapa Samsat pun kini punya semacam pusat informasi seperti di mall.

Setelah berkas diserahkan, kita tinggal menunggu panggilan untuk melakukan pembayaran di kasir.

Bayar

Selain melakukan pembayaran sesuai jumlah yang diminta, Carmudian juga akan menerima STNK yang baru. Sedikit tips, periksa kecocokan nama pemilik yang tertera sebelum beranjak dari loket. Baik untuk bagian depan dan belakang STNK.

Mengambil Plat Nomor Baru

Langkah terakhir adalah mengambil plat nomor baru. Jika semua sudah diterima maka Carmudian bisa pulang. Selesai!

 

Penulis: Mada Prastya

Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts