Home » Berita » Ampun Sultan! Ini Biaya Modifikasi 3 Mobil Suzuki di GIIAS 2019

Ampun Sultan! Ini Biaya Modifikasi 3 Mobil Suzuki di GIIAS 2019

Modifikasi mobil Suzuki Carry di GIIAS 2019. (Foto: Carmudi/Rizen)

Tangerang SelatanPT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di ajang GIIAS 2019 ini juga memamerkan mobil modifikasi serta biaya pengerjaanya. Ada tiga mobil yang dimodifikasi oleh Suzuki secara resmi. Mulai dari Suzuki Carry, Suzuki Jimny dan Suzuki Ertiga yang dibuat dengan konsep luxury dan elegan. Ketiga mobil ini menjadi salah satu daya tarik utama di booth Suzuki.

Untuk model Jimny, konsep modifikasi yang diusung merupakan Jimny Tough Concept. Konsep extreme off-road dianggap menjadi konsep yang paling tepat diantara konsep yang ada. Pasalnya sebuah SUV memang harus kental dengan aura off-road seperti peruntukannya, terlebih lagi dengan kendaraan berpenggerak 4×4.

Sedangkan untuk Carry, yang merupakan kendaraan niaga juga turut terkena sentuhan modifikasi. Konsep yang diambil untuk Carry ini dinamakan Carry Fluzh Concept. Mobil yang sejatinya memakai bak untuk mengangkut barang ini sengaja ditiadakan di bagian bak. Bagian bak dihilangkan dan diratakan agar dapat ditanamkan Air Suspension atau suspensi udara.

Untuk model terakhir ada Suzuki Ertiga dengan konsep Ertiga Luxury Concept. Ubahan yang terjadi pada mobil ini lebih mengacu kepada bagian eksterior. Bumper depan, Side Moulding, Side Skirt, pelek dan Spoiler belakang diganti. Sementara itu di bagian dalam, pelapis jok kulitnya dibungkus ulang dengan desain yang lebih elegan. Bagian interiornya masih mengacu kepada warna interior yang senada.

Penasaran dengan modifikasi mobil yang dilakukan oleh Suzuki. Kira-kira berapa harga yang harus dikeluarkan untuk mengubah tampilan standar ketiga mobil ini?

Tampilan gril depan Suzuki Ertiga modifikasi. (Foto: Carmudi/Rizen)

Biaya Modifikasi Mobil Suzuki Bikin Hati Bergetar

Yulius Purwanto, Head of 4W Product Development and Accessories PT SIS pun membeberkan masing-masing harga dari setiap modifikasi yang dilakukan. Jika ditotal, maka biaya modifikasi akan setara dengan sebuah unit Jimny baru dari diler.

“Yang pertama dulu ya, Suzuki Carry itu menghabiskan dana sekitar Rp130-180 jutaan. Karena ada banyak yang kami develop mulai dari pemasangan suspensi udara, kamera spion samping dan menghilangkan bak di bagian belakang. Selain itu, banyak juga bagian bodi-bodi yang kami buat ulang. Ini merupakan harga kisaran, jadi ini kan mobil prototipe,” buka Yulius.

Sedangkan untuk model Jimny, biaya modifikasinya bisa dibilang di bawah biaya modifikasi Suzuki Carry.

“Karena peruntukannya untuk ekstrem, maka kita buat modifikasinya juga cukup ekstrem. Mulai dari ban, pelek, cat anti gores, sampai bumper custom yang dilengkapi dengan winch. Bumper plug and play dari ARB buatan Australia,” sambung Yulius.

Suzuki Jimny di GIIAS 2019
Modifikasi Suzuki Jimny di GIIAS 2019. (Foto: Carmudi)

Lebih lanjut ia menjelaskan jika biaya yang dikeluarkan untuk modifikasi mobil Suzuki Jimny berkisar Rp 140-150 jutaan. Selain karena konsep, Jimny ini juga termasuk barang baru. Parts yang dibutuhkan juga sementara harus didatangkan dari luar negeri.

“Jimny ini, kan, part nya ada. Kalau bisa ambil angka total itu biaya kisarannya mencapai Rp140 jutaan, belum termasuk jasa pemasangan,” katanya.

Alasan Suzuki Modifikasi Jimny

Salah satu alasan mengapa Suzuki Jimny ini mendapat modifikasi adalah karena part modifikasinya sudah banyak.

“Karena Jimny ini memakai part yang sudah banyak di mana-mana. Di negara-negara lain juga sudah ada, tapi di Indonesia baru masuk. Kami mendapatkan part-part ini juga bukan part modifikasi. Tapi ini merupakan part yang sudah dibuat untuk Jimny dan bersifat plug and play,” jelas Yulius.

Ide modifikasi Jimny ini merupakan ide yang datang dari orang Indonesia sendiri atau tim riset Suzuki Indonesia.

“Kita melihat mana, sih, yang paling enak untuk dibuat. Karena ada, nih, modifikasi yang kita rasa terlalu ekstrem, nah, ini saya rasa tidak terlalu. Jimny kalau dibikin ceper itu rasanya agak aneh aja, karena ini, kan, mobil off-road. Tapi mungkin nanti bisa juga nanti ke arah sana,” tutup Yulius.

Ketiga modifikasi yang dilakukan oleh Suzuki ini menjadi beberapa mobil yang kerap dikerubungi pengunjung GIIAS 2019. Tak heran jika ketiga mobil ini selalu dipadati oleh para pengunjung GIIAS 2019 di booth Suzuki. (dms)

Previous post
Tiga Mobil Modifikasi Suzuki Menyedot Perhatian, Carry Pakai Airsus?
Next post
KTB Luncurkan Coolant Radiator Khusus Truk Fuso, Cegah Overheat Sejak Awal