Sumber informasi

Biaya Mutasi Kendaraan Lewat Biro Jasa, Berapa Kisarannya?

rincian-biaya-pada-stnk

Keterangan rincian biaya yang tertera di STNK. (Foto: Samsat Online)

Jakarta – Banyak yang bertanya, berapa biaya mutasi kendaraan lewat biro jasa?

Biasanya mereka yang menanyakan hal ini lantaran malas untuk mengurus surat sendiri. Mereka lebih memilih biro jasa untuk mengurus kendaraan karena tak punya waktu.

Biasanya untuk mengurus Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) cukup merepotkan. Selain itu, proses dan antreannya juga lama dan panjang.

Makanya, banyak orang lebih mempercayakan kepada biro jasa untuk mengurus STNK atau BPKB. Sebenarnya, pengurusan surat ini lebih enak diurus sendiri, lho.

Mereka yang terbiasa mengurus surat kendaraan tentu tahu tentang biaya mutasi kendaraan lewat biro jasa yang akan lebih besar dibanding mengurus sendiri.

Biaya Mutasi Kendaraan Lewat Biro Jasa

Telat Bayar Pajak dan STNK (Foto: Instagram/ @divisihumaspolri)

Seperti diketahui, biro jasa merupakan perpanjangan tangan kita untuk mengurus surat kendaraan. Jadi, konsumen hanya cukup menitipkan berkas dan biro jasa lah yang akan mengurus segalanya hingga beres.

Makanya, biro jasa akan menentukan ongkos, dan tentunya akan berbeda-beda antara biro jasa satu dengan lainnya.

Tetapi, biasanya mereka sudah memiliki kisaran biaya untuk pengurusan kendaraan. Misalnya untuk pembayaran pajak, perpanjangan plat nomor, mutasi, atau balik nama.

Kelebihan Memakai Biro Jasa

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari menggunakan biro jasa, salah satunya adalah kepraktisan.

Pemilik mobil tidak perlu repot mengantre, menunggu, dan bolak-balik membawa berkas yang dibutuhkan. Mereka cukup duduk manis di rumah saja.

Selain itu, biro jasa juga sudah memiliki afiliasi dengan pihak kepolisian di Samsat setempat. Jadi, pengurusan berkas bisa lebih cepat dan mudah lewat biro jasa.

Biaya Mutasi Kendaraan Lewat Biro Jasa

Bayar pajak mobil atau motor bisa dilakukan online. (Foto: Carmudi)

Keuntungan lain jika diurus biro jasa biasanya lebih cepat selesai dibanding mengurus sendiri.

Misalnya, untuk cabut berkas keperluan mutasi. Jika mengurus sendiri membutuhkan waktu sebulan untuk bisa mendapatkan berkas tersebut.

Jika memakai biro jasa, waktu yang dibutuhkan bisa hanya 1-2 minggu saja. Itupun berkasnya sudah diantarkan kepada konsumen di rumah.

Jika mengurus sendiri, maka konsumen harus melakukan esek-esek, memasukkan berkas lalu menunggu sampai sebulan ke depan. Setelah satu bulan, pemohon bisa mengambil berkas mutasi tersebut.

Ribet dan lama kan?

Kekurangan Memakai Biro Jasa

Walaupun banyak keuntungannya, tapi tetap saja ada kekurangannya, kok. Kekurangan memakai biro jasa yang pertama dan paling jelas adalah harganya yang lebih mahal.

Buat mereka yang punya uang lebih tentu enggak bakal jadi masalah. Tapi buat mereka yang uangnya pas-pasan, lebih baik mengurus sendiri di waktu luang.

Biaya yang dipatok biro jasa untuk keperluan mutasi berbeda-beda, tergantung tujuan. Misalnya ingin mutasi dari plat B (Jakarta) menuju D (Bandung) atau dari plat B menuju L (Surabaya).

Biaya Mutasi Kendaraan Lewat Biro Jasa

Bayar denda pajak mobil

Semakin jauh kota yang ingin dituju, bakalan semakin besar juga biaya mutasinya. Sebaliknya, semakin dekat mutasi tujuan biasanya harganya juga akan terjangkau.

Kekurangan lain memanfaatkan biro jasa adalah kita tidak tahu mengenai prosedur. Ada orang yang mengurus sendiri bukan karena tidak punya uang. Tetapi mereka lebih ingin mengetahui prosedurnya secara mandiri.

Karena dengan mengerjakan sendiri mereka mendapatkan ilmu dan informasi sebagai pengalaman. Nantinya mereka bisa merasa lebih puas jika bisa mengerjakan sendiri tanpa memakai biro jasa.

Syarat Mutasi Surat Kendaraan

Jika ingin melakukan mutasi atau cabut berkas ke luar kota, ada syarat yang harus diikuti. Biasanya ada 2 macam, yakni beda kota 1 propinsi dan mutasi lain propinsi.

Jika proses mutasi melibatkan dua daerah, SAMSAT dan berbeda provinsi, maka diperlukan prosedur cabut berkas yang melibatkan Polda setempat.

Berikut ini kelengkapan yang dibutuhkan saat akan cabut berkas STNK di kota asal:

  • BPKB asli dan fotokopi
  • STNK asli dan fotokopi
  • Kuitansi bukti pembayaran unit kendaraan yang dibeli dan sudah ditandatangani oleh penjual dan bermaterai Rp6.000 asli dan fotokopi
  • Kuitansi kosong yang sudah ditandatangani penjual.
  • KTP asli atas nama pemilik baru dan fotokopi
  • Faktur/Form A asli dan fotokopi

Jika berkas tersebut sudah disiapkan, maka langkah yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan esek-esek. Esek-esek ini merupakan syarat wajib untuk melakukan mutasi kendaraan.

nomor rangka mobil

VIN number pada mobil. (Foto: Blogspot)

Pada regulasi terbaru saat ini, kendaraan wajib dihadirkan tanpa alasan apapun. Jadi, sebisa mungkin kendaraan yang akan dimutasi wajib didatangkan di Samsat setempat.

Setelah di esek-esek, kendaraan akan difoto beserta dengan pemilik kendaraan dan nantinya foto tersebut akan dicetak jadi satu dengan formulir permohonan mutasi.

Ini merupakan regulasi terbaru yang sedang diterapkan di berbagai Samsat. Ini sangat berlaku bagi mereka yang ingin mengurus mutasi sendiri ya.

Pembayaran Berkas Mutasi

Jika sudah melakukan esek-esek, maka pemohon wajib membayar administrasi. Untuk sepeda motor biasanya Rp150 ribu dan mobil Rp250 ribu.

Setelah pembayaran dilakukan, maka berkas tersebut diberikan kepada loket yang sudah ditentukan. Sejak diberikan, pemohon bisa menunggu sampai 1 bulan lamanya.

Entah apa yang membuat lama, tapi pihak kepolisian akan memberi tahu jika prosesnya akan memakan waktu 30 hari. Lama banget ya?

pemblokiran dokumen

syarat pemblokiran dokumen

Setelah 30 hari, pemohon bisa mengambil berkas yang sudah dilegalisir oleh petugas. Setelah berkas diterima, pemohon bisa langsung mendatangi Samsat tujuan untuk mutasi.

Biaya Mutasi Kendaraan Lewat Biro Jasa

Terus, kalau memakai biro jasa berapa biaya mutasi kendaraan lewat biro jasa? Biasanya untuk mutasi satu propinsi memakan biaya kisaran Rp1 juta sampai Rp1,5 juta.

Biaya ini merupakan biaya pengurusan mutasi diluar pajak kendaraan. Sedangkan untuk mutasi lain propinsi, biayanya jauh lebih besar.

Karena pihak biro jasa harus melakukan cabut berkas terlebih dahulu baru proses mutasi di propinsi tujuan. Kisaran biayanya cukup mahal, tergantung daerah yang dituju.

Misalnya dari Jakarta ke Bandung, ongkos biro jasanya saja bisa berkisar Rp2 jutaan sampai Rp3 jutaan tergantung dari biro jasanya.

Makanya biaya mutasi kendaraan lewat biro jasa tergantung dari tempat mutasi tujuan. Jika masih 1 propinsi harganya masih lebih terjangkau.

Sedangkan untuk perpanjangan pajak biayanya bisa lebih murah. Misalnya untuk motor Rp150 ribuan sampai Rp300 ribuan. Lalu untuk mobil berkisar Rp400 ribuan sampai Rp500 ribuan.

Tips Memilih Biro Jasa

Sebelum menentukan pilihan biro jasa, ada baiknya kita berbicara terlebih dahulu. Atau mencari biro jasa yang sudah pernah digunakan oleh kerabat sebelumnya.

Banyak juga biro jasa yang terkadang memanfaatkan orang lain alias nakal. Untuk itu sangat penting untuk memilih biro jasa yang sudah terpercaya.

Contoh Dokumen Mobil

Contoh Dokumen Mobil

Selain itu, berbeda biro jasa berbeda juga tarif yang ditentukan. Carilah biro jasa yang bisa memberikan hasil maksimal dengan tarif murah.

Misalnya bisa menjanjikan 3 hari sampai 1 minggu berkas sudah bisa diantar ke rumah. Atau menawarkan dengan harga murah namun tetap dengan durasi pengerjaan yang wajar.

Jangan lupa, melakukan tawar menawar. Walaupun cara ini jarang dilakukan, tapi tetap saja usaha tawar menawar jadi salah satu cara mendapatkan harga murah.

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Baca Juga: Ingin Balik Nama Tapi STNK Hilang? Begini Cara Mengurusnya

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts