Produk

Biaya Pasang Kamera Parkir dan Dashcam, Ternyata Enggak Mahal

Biaya pasang kamera parkir dan dashcam rupanya tidak terlalu mahal jika dibanding manfaat yang bisa didapat. Bahkan, khusus kamera parkir Carmudian sudah bisa memilikinya dengan bujet Rp300 ribuan.

Biaya Pasang Kamera Parkir dan Dashcam

Ilustrasi kamera parkir (Foto: Cars Equipment)

Kamera parkir bukan lagi barang baru di dunia otomotif. Tak sedikit mobil keluaran terkini yang hadir dengan fitur tersebut sebagai standar. Tapi fitur kamera parkir atau sebagian orang menyebutnya kamera mundur bukanlah sebuah perangkat wajib.

Mayoritas pabrikan di Indonesia menghadirkannya sebagai salah satu fitur tambahan pada varian atas suatu model.

Hal ini sedikit berbeda dengan di sejumlah negara, contohnya Amerika Serikat (AS). Sejak Mei 2018 pemerintah AS mengharuskan mobil baru yang meluncur dilengkapi dengan fitur tersebut.

Diketahui, butuh sepuluh tahun bagi pemangku kepentingan di Negeri Paman Sam untuk menggodok peraturan semacam ini.

Selanjutnya mereka tengah memperjuangkan fitur keselamatan lain, seperti lane departure warning atau blind spot monitor untuk ikut masuk daftar perangkat wajib.

Akankah Indonesia juga memiliki peraturan semacam itu? Sambil menunggunya, kita juga bisa memasang kamera parkir atau dashcam atas inisiatif sendiri.

Barang-barang yang dibutuhkan pun kini bisa didapat dengan mudah lewat bantuan situs web jual beli online atau datang langsung ke toko aksesori mobil.

Biaya Pasang Kamera Parkir dan Dashcam Mobil

Seperti kebanyakan komponen mobil lainnya, kamera parkir dan dashcam juga memiliki banyak jenis di pasaran. Prinsip “ada harga ada rupa” juga tetap berlaku. Hal ini menjadikan biaya pasang kamera parkir dan dashcam cukup variatif.

Lebih jelasnya bisa Carmudian simak pada penjelasan berikut termasuk untuk fungsi atau manfaat komponen-komponen tersebut.

Manfaat Kamera Parkir

Manfaat kamera parkir memang sangat terasa oleh pengguna mobil. Secara umum kamera parkir berfungsi menampilkan visual ke arah belakang kendaraan. Visual tersebut muncul di layar head unit saat kendaraan akan berjalan mundur (gigi R).

Syarat penting kamera parkir yang bagus adalah memiliki sudut pandang luas. Dengan begitu pengemudi juga bisa mendapat pandangan yang leluasa ke arah belakang kendaraannya.

Karenanya wajar jika tampilan kamera parkir terlihat sedikit cembung, mirip hasil rekaman dari sebuah action cam.

Fitur kamera parkir akan lebih krusial lagi pada kendaraan-kendaraan dengan bodi besar dan panjang.

Biaya Pasang Kamera Parkir

Setidaknya ada dua komponen utama dalam pemasangan kamera parkir. Pertama adalah kamera itu sendiri yang nantinya ditempatkan di bodi belakang mobil. Kedua adalah layar untuk menampilkan visualnya.

Idealnya visual tersebut ditampilkan di layar head unit yang sudah mengusung model digital.

Itu artinya mereka yang masih menggunakan head unit 1 DIN mesti melakukan upgrade komponen ini terlebih dahulu. Untuk itu akan dibutuhkan biaya tambahan, katakanlah mulai dari Rp600 ribuan sampai Rp1 jutaan.

Paket Kamera Parkir Murah

Salah satu contoh paket kamera parkir yang dijual di situs web jual beli online. (Foto: Tokopedia)

Tapi kalau menengok ke pasar aksesori mobil rupanya juga ada yang menawarkan paket kamera beserta layarnya.

Layar tersebut nantinya ditaruh di atas dasbor menggunakan bracket khusus. Jadi dengan begitu pemilik mobil tak perlu mengganti head unit lamanya jika yang digunakan masih model 1 DIN.

Dari pantauan di sejumlah situs web jual beli online, paket semacam ini ditawarkan dengan harga relatif terjangkau, yakni mulai Rp270 ribu sampai Rp300 ribuan.

Harga tersebut bisa dibilang sangat terjangkau jika melihat isi paket yang didapat.

Terlihat layar yang digunakan menggunakan model TFT display dengan ukuran 5 inci. Tampilan dari layar tersebut juga memiliki garis pemandu untuk menambah kemudahan pengendara mengarahkannya mobil di posisi mundur.

Di dalam paket pembeliannya juga sudah termasuk kabel kamera sepanjang 6 meter, kabel konektor layar 80 cm, dan termasuk bracket layarnya.

Dari segi harga paket ini memang cukup menggoda, tapi ada kekurangannya. Yakni tampilan dasbor secara keseluruhan menjadi terkesan terlalu ramai dengan adanya tambahan layar.

Belum lagi jika pemasangan kabel tidak dilakukan dengan apik bisa menimbulkan kesan berantakan.

Kamera Parkir Pioneer

(Foto: Pioneer)

Paket semcam ini bukanlah pilihan satu-satunya di pasaran. Mereka yang lebih suka barang bermerek mungkin akan mencari produk dari brand yang sudah punya nama. Contohnya adalah kamera parkir mundur Pioneer seri ND-BC02.

Kamera ini dijual seharga Rp500 ribuan tanpa tambahan layar. Salah satu keunggulannya adalah telah memenuhi standar waterproof IP67.

Manfaat Dashcam

Istilah dashcam sendiri merupakan singkatan dari dashboard camera. Walaupun pada kenyataan posisinya tak selalu berada dasbor, tapi terkadang juga menempel di kaca depan atau di balik kaca spion tengah.

Kamera ini menangkap visual ke arah depan kendaraan secara terus menerus selama difungsikan.

Ilustrasi dashcam mobil

Ilustrasi dashcam mobil (Foto: Toyota)

Mungkin sebagian dari Carmudian bertanya-tanya, untuk apa ada sebuah kamera yang merekam situasi jalan secara terus menerus? Melihat sejarah, dashcam banyak digunakan oleh pihak kepolisian atau pemilik mobil sebagai bukti seandainya terjadi insiden kecelakaan di jalan raya.

Kemudian juga ada kalangan yang berpikir mengapa tidak memanfaatkan kamera ponsel atau action cam untuk difungsikan sebagai dashcam. Hal tersebut mungkin saja dilakukan, tapi ada beberapa hal yang perlu dicatat.

Pertama, terkait alasan keselamatan. Ukuran action cam atau ponsel masih relatif lebih besar dibanding dashcam. Karenanya ketika mobil sedang melakukan manuver ekstrem ada kemungkinan kedua jenis barang itu terlepas mounting-nya dan terlempar ke sana kemari.

Kedua, action cam atau kamera ponsel tidak bisa mulai dan mengakhiri sesi perekam secara otomatis. Sebaliknya, mayoritas dashcam bisa melakukan keduanya ketika mesin mobil mulai dihidupkan dan dimatikan.

Ketiga, terlalu berisiko menggunakan action cam atau kamera ponsel untuk melakukan perekaman dalam jangka waktu lama secara terus menerus. Kendalanya antara lain kapasitas kartu memori mencapai batas maksimum atau suhu panas yang bisa membuat perangkat rusak.

Untuk diketahui, dashcam umumnya memiliki kemampuan menghapus rekaman lama untuk menyediakan ruang di kartu memori guna dipakai menyimpan rekaman terbaru. Sistem semacam ini dikenal dengan istilah loop recording.

Biaya Pasang Dashcam Mobil

Harga dashcam cenderung lebih mahal dibanding kamera parkir. Salah satu produk yang cukup populer di pasaran adalah Xiaomi DDPAI Mini Dash. Produk ini dipasarkan dengan harga sekitar Rp650 ribu.

Produk ini memiliki kemampuan loop recording seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Adapun hasil rekaman tersaji dalam ukuran full HD alias 1.080 piksel.

Dashcam Xiaomi

Dashcam Xiaomi (Foto: Xiaomi)

Menariknya lagi kamera ini sudah memiliki fitur WiFi untuk menghubungkannya ke ponsel pemilik mobil. Dengan begitu aktivitas melihat hasil rekaman bisa lebih praktis.

Produk lainnya yang juga bisa Carmudian temui di bursa aftermarket adalah Lenovo V7 Dual Camera. Produk ini memiliki keunikan tersendiri karena wujudnya sekaligus berbentuk spion tengah.

Tapi bukan lagi menggunakan cermin biasa, melainkan sudah dalam bentuk digital dan mendukung teknologi touch screen.

Tak cukup sampai di situ, keunggulan produk ini juga memiliki dua buah kamera. Kamera pertama merekam ke arah depan dengan hasil full HD. Kamera kedua mengarah ke belakang (kamera parkir) dengan hasil HD (720 piksel).

Dashcam Lenovo

Dashcam Lenovo (Foto: Lenovo)

Punya fitur lebih banyak otomatis produk ini dibanderol dengan harga lebih tinggi, yakni mencapai Rp1,2 jutaan.

Carmudian tinggal pilih produk yang sesuai dengan bujet karena mayoritas barang yang tersedia di pasaran bersifat universal alias bisa dipasang di mobil apa saja.

Baca Juga:

Penulis: Mada Prastya

Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts